16 Mainan Edukasi Anak Untuk Membangun Kecerdasan dan Kreatifitas

Memiliki anak pada usia balita, tentu saja menjadi momen yang menyenangkan bagi orang tua. Pasalnya, terdapat beberapa bentuk mainan edukasi anak yang nantinya akan memberikan manfaat yang baik untuk tumbuh kembang anak anda. Untuk itu, kali ini akan diulas beberapa mainan yang berfungsi untuk mengedukasi dan melatih perkembangan saraf motorik pada si kecil. Berikut simak ulasannya.

Sekilas Mengenai Permaian Edukasi Yang Perlu Untuk Anda Ketahui

1. Manfaat Bermain Mainan Edukatif Untuk Anak Anda

Manfaat pertama yang bisa anda dapatkan untuk anak anda yang sering bermain permainan edukasi adalah dapat mengenalkan bentuk dan warna. Dengan memiliki permainan anak yang edukatif, maka secara tidak langsung anak pun akan bisa mengenal berbagai macam variasi dan ragam bentuk dan warna. Hal ini dikarenakan permainan yang memiliki edukasi tersebut memiliki berbagai bentuk mulai dari kotak, persegi empat, bulat dan juga berbagai warna seperti merah, hijau dah sebagainya.

Manfaat selanjutnya yang bisa anak anda dapatkan karena bermain permainan untuk mengedukasi adalah mampu untuk melatih kemampuan motorik. Hal ini dikarenakan jenis permainan tersebut akan membuat anak menjadi mengerti. Seperti jika si kecil memasukkan benda yang kecil pada sebuah benda yang besar maka benda kecil tersebut dapat masuk dengan mudah. Tapi sebaliknya benda yang lebih besar tidak dapat masuk ke benda kecil.

Hal inilah yang dimaksud pemahaman konsep yang mendasar. Selain itu, mainan tersebut juga dapat melatih bahasa dan wawasan si kecil. Serta dengan bermain permainan yang bersifat edukatif akan mampu untuk melatih konsentrasi. Karena pada dasarnya mainan yang bersifat edukasi untuk anak memang dirancang untuk menggali kemampuan si kecil, salah satunya adalah kemampuan untuk melatih konsentrasi.

2. Cara Memilih Permainan Anak Yang Perlu Anda Perhatikan

Terdapat beberapa poin penting yang perlu anda lakukan untuk memilih permainan yang tepat untuk anak. Poin pertama adalah bagi anak anda yang telah mampu untuk melakukan kegiatan sendiri, maka anda bisa memberikan mainan sejenis block brick. Permainan tersebut tentunya akan mampu untuk mengembangkan kreativitas dan imajinasi anak tersebut. Dengan begitu, si kecil pun nantinya akan mampu untuk membuat berbagai bentuk benda dan juga bangunan.

Dengan memilih produk mainan yang melatih kreativitas di dalam dirinya, tentu saja akan berpengaruh kepada pola pikirnya. Untuk itu, anda bisa memilih produk yang simpel dan sederhana untuk dimainkan oleh si kecil. Hal ini nantinya akan bergantung terhadap bagaimana anak tersebut memainkan dan permainan yang membutuhkan kreativitas tersebut akan dapat dimainkan sesuka hati oleh anak sehingga si kecil pun akan lebih senang untuk memainkannya.

Selain itu, pada masa perkembangan si kecil anda juga bisa memilih jenis mainan seperti huruf dan angka. Dimana hal tersebut akan berfungsi untuk meningkatkan kemampuan anak anda untuk berekspresi. Pada usia sekitar 3 hingga 4 tahun, maka si kecil juga akan mulai tertarik dengan huruf dan angka. Oleh sebab itu, permainan ini akan sangat cocok sekali untuk anda pilih dan dapat anda jadikan untuk metode pembelajaran kepada anak yang menyenangkan.

Permainan ini pun nantinya juga akan membantu anda dalam melatih anak untuk belajar angka dan huruf. Sehingga nantinya anda hanya perlu membiarkan anak anda bermain menggunakan mainan edukasi. Anak pun akan semakin mempunyai pembendaharaan kata yang banyak dan kemampuan kata-katanya pun akan semakin meningkat.

Anda pun juga bisa memilihkan jenis permainan yang dapat meningkatkan kemampuanya untuk berkomunikasi. Bagi anak yang telah menginjak usia 4 tahun, kemampuan untuk berkomunikasi sangatlah penting. Hal ini tentu saja dikarenakan agar anak bisa belajar berkomunikasi secara berkelompok. Untuk itu, anda bisa memilihkan mainan berupa kartu atau board games yang akan melatih skill dan kemampuannya untuk berkomunikasi terhadap banyak orang.

Selain itu, untuk anak yang telah menginjak usia 5 hingga 6 tahun maka anda pun juga bisa memilih permainan yang dapat melatih logika ataupun mengenal ruang. Untuk itu, pada saat anak menginjak usia tersebut, anda bisa mengenalkannya kepada permainan edukasi seperti puzzle agar anak nantinya mampu untuk belajar memilih bentuk yang tepat untuk mengisi ruang kosong pada area tertentu.

Tak hanya itu saja, permainan yang mengasah otak ini akan membuat anak semakin mudah berpikir dan bisa menyelesaikan permasalahan berdasarkan logika yang tepat. Melalui puzzle, anak akan diajarkan untuk melatih kombinasi dan berbagi bentuk yang berbeda. Sehingga kedepannya anak pun akan mampu untuk mengenali ruang dan akan meningkatkan kemampuan si kecil untuk berpikir logis nantinya.

Poin yang penting dalam memilihkan mainan edukasi anak adalah anda bisa memilihnya berdasarkan target usianya. Setiap permainan pastinya mempunyai target usia yang ditujukan agar anak dapat memainkan permainan tersebut. Untuk itu, fungsi dari adanya target usia tersebut adalah untuk memainkan permainan tersebut maka anak pun nantinya bisa memainkan permainan dengan aman.

Sehingga dengan adanya target usia dalam pemilihan permainan akan membuat anak nantinya akan membuat anak akan lebih aman untuk memainkan permainan tersebut. untuk itulah, pentingnya memilih permainan berdasarkan target usianya, sehingga si kecil pun nantinya dapat bermain dengan permainan yang memang khusus untuk usianya.

3. 16 Rekomendasi Permainan Edukasi Yang Cocok Untuk Anak

a. Puzzle Kayu Balok

Permainan edukasi pertama yang cocok untuk anak anda adalah Puzzle Kayu Balok. Permainan satu ini dapat menjadi salah satu pilihan mainan yang bisa anda berikan dikarenakan mampu memberikan stimulasi yang berguna untuk perkembangan anak. Selain itu, puzzle kayu balok juga berfungsi untuk melatih anak dalam segi ketelitian dan juga melatih kesabaran si kecil.

Hal ini terlihat pada kepingan puzzle dalam permainan satu ini. Dimana nantinya anak akan dilatih untuk mempunyai kemampuan dalam mencocokan keping puzzle yang satu dengan yang lain. Selain itu, puzzle merupakan salah satu permainan sederhana  yang berguna untuk mengajarkan anak tentang kerja sama yang tentu saja dapat mengasah kemampuan si kecil.

Mainan Edukatif Anak Puzzle Kayu Balok Murah
Mainan Edukatif Anak Puzzle Kayu Balok Murah

Beli puzzle balok kayu di disini https://dongengceritarakyat.com/mainan-edukatif-anak-puzzle-kayu-balok/

b. Baby Musical Play Gym

Mainan selanjutnya yang cocok untuk bayi anda adalah baby musical play gym. Permainan ini memiliki salah satu fitur yang berfungsi untuk mengasah indera pendengaran pada si kecil. Sehingga dengan adanya fitur musik di dalam mainan edukasi anak ini akan membuat bayi akan memiliki pendengaran yang baik karena sejak kecil telah dilatih untuk mencari sumber suara melalui adanya permaiann satu ini.

Mainan Edukasi Bayi Baby Musical Play Gym
Mainan Edukasi Bayi Baby Musical Play Gym

Selain itu, saat si kecil menginjak usia 3 bulan ke atas maka tentu saja si kecil akan memiliki indera penglihatan yang baik. Untuk itu, melalui adanya permainan ini maka anda sebagai orang tua tentu saja akan bisa mengasah kemampuan penglihatan yang dapat menunjang tumbuh dan kembang si kecil. Hal ini didukung pula dengan banyaknya desain warna yang menarik dan gambar yang bervariasi sehingga akan membuat anak mampu mengenali warna sejak usia dini.

Untuk membeli mainan ini Anda bisa klik link berikut ini Baby Musical Play Gym

c. Building Block 216 – Lego Compatible 

Ada satu lagi jenis permainan yakni balok susun yang bisa untuk anda jadikan pilihan untuk mainan yang edukatif bagi anak. Mainan yang pada umumya dimainkan untuk anak dengan usia 2 tahun ini dapat mengasah kemampuan dan tumbuh anak dari berbagai segi sekaligus. Mulai dari bentuk, warna hingga keseimbangan terdapat pada permainan satu ini. Untuk itu, balok susun merupakan salah satu pilihan terbaik untuk permainan yang bisa dimainkan oleh si kecil.

Manfaat dari permainan ini pun beragam, mulai dari untuk melatih emosi diri dimana anak kecil biasanya akan kesulitan untuk melatih emosi. Melalui permainan satu ini, maka si kecil pun nantinya akan mampu untuk mengontrol dan melatih emosinya sendiri. Dengan memainkan permainan ini dapat dianggap sebagai salah satu cara yang efektif untuk melatih kesabaran anak. Sehingga tantangan yang diberikan untuk si kecil tersebut akan dpaat dilalui anak dengan baik melalui permainan ini.

Untuk membeli mainan ini Anda bisa klik link berikut ini Mainan Edukatif Anak 2 tahun : Balok Susun (Building Blocks)

d. Uno Stacko

Selanjutnya, anda bisa membelikan permainan berupa uno stacko yang memiliki warna dan bentuk yang bisa menarik minat si kecil untuk melakukan permainan ini. Ada beragam manfaat yang bisa didapatkan oleh anak ketika memainkan permainan satu ini. Diantaranya adalah mendorong kemampuan anak dalam berpikir kognitif. Melaui Uno Stacko, maka anak pun akan memiliki kemampuan untuk mengingat dan rasa penasaran akan hal baru tersebut menjadi lebih tinggi.

Mainan Edukatif Anak 2 tahun Uno Stacko
Mainan Edukatif Anak 2 tahun Uno Stacko

Oleh sebab itu, anak pun akan dapat melatih kemampuannya tersebut melalui permainan satu ini. Selain itu, si kecil yang telah menginjak usia 5 tahun akan mampu untuk melatih kemampuan akan visual di dalam dirinya. Di umur 5 tahun tersebut, si kecil akan lebih tertarik dengan berbagai warna yang ada di sekitarnya. Untuk itu, permainan satu ini tentu saja akan membuat anak menjadi tertarik karena Uno Stacko menyediakan berbagai warna yang dapat menarik perhatiannya.

Untuk membeli mainan ini Anda bisa klik link berikut ini Mainan Edukatif Anak 5 tahun : Uno Stacko (Kesabaran + Kecerdasan)

e. Pasir Kinetik

Pasir kinetik ini merupakan salah satu jenis permainan yang cocok untuk si kecil mainkan karena mampu melatih perkembangan saraf motorik pada anak. Dengan mempunyai tekstur yang unik, tentu saja akan memberikan sensasi yang berbeda pada alat sensori anak. Dengan mempunyai tekstur seperti pasir pantai yang mudah dibentuk tersebut, maka hal ini tentu saja akan nyaman sekali untuk dimainkan si kecil.

Mainan Edukatif Anak 3 tahun Pasir Kinetik
Mainan Edukatif Anak 3 tahun Pasir Kinetik

Selain itu, pasir kinetik ini tidak lengket di tangan dan merupakan salah satu mainan edukatif anak yang cocok dengan usia 3 tahun. Dengan permainan ini, maka anak anda pun nantinya akan dituntut untuk memiliki kreatifitas karena tekstur pasir kinetik yang mudah dibentuk dengan tangan ini akan membuat anak bebas membentuk  benda yang mereka inginkan.

Untuk membeli mainan ini Anda bisa klik link berikut ini Rekomendasi Mainan Edukatif Anak 3 tahun Terbaik : Pasir Kinetik

f. Rainbow Tower Ring Menara

Satu lagi permainan yang cocok untuk si kecil adalah rainbow tower ring menara. Permainan satu ini adalah satu satu bentuk mainan yang mampu memberikan edukasi bagi anak yang telah menginjak usia sekitar 1 tahun. Rainbow tower ring menara ini merupakan bentuk permainan yang mampu untuk mengasah dan mengajarkan anak tentang kesesuaian bentuk dan beragam warna yang bisa dipelajari untuk si kecil.

Mainan Edukasi Kayu Rainbow Tower Ring Menara
Mainan Edukasi Kayu Rainbow Tower Ring Menara

Selain itu, mainan satu ini dapat berfungsi sebagai salah satu media untuk pembelajaran anak pada usia dini. Sehingga nantinya, anak pun akan mampu untuk mempelajari bentuk dan warna melalui adanya permainan satu ini.  Untuk itu, melalui permainan ini maka anda anda bisa mengajak anak untuk mengenali berbagai macam warna dengan metode yang tidak membosankan dan juga menyenangkan.

Untuk membeli mainan ini Anda bisa klik link berikut ini Mainan Edukasi Bayi 1 – 12 Bulan : Kayu Rainbow Tower Ring Menara

g. Puzzle Kayu Alphabet Huruf Aneka Gambar Binatang

Selain itu, terdapat pula satu permainan yang mengandung unsur edukasi yang sangat bagus untuk si kecil pelajari. Salah satu alternatif permainan yang cocok untuk pembelajaran si kecil adalah puzzle kayu yang berbentuk alphabet, huruf dan juga aneka gambar binatang yang menarik untuk si kecil. Puzzle sendiri merupakan permainan gambar yang berupa angka, huruf, hingga binatang yang nantinya akan dikeluarkan dan diacak.

Mainan Anak Edukatif Kayu Puzzle Hewan dan Alphabet
Mainan Anak Edukatif Kayu Puzzle Hewan dan Alphabet

Hal ini nantinya akan membuat anak menjadi mampu untuk memilih dan menentukan gambar mana yang sesuai dengan ukuran jenis puzzle tersebut. Setelah itu, barulah anak anda bisa memasang kembali puzzle tersebut dan menyesuaikannya. Hal ini tentu saja akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan berpikir si kecil sehingga mampu untuk memecahkan berbagai masalah, serta mampu meningkatkan kemampuan motorik anak.

Untuk membeli mainan ini Anda bisa klik link berikut ini Mainan Anak Edukatif Kayu Puzzle Hewan dan Huruf untuk Anak Cerdas

h. Mainan Balok Kayu – Buah Potong

Permainan yang memiliki bentuk buah-buahan ini tentu saja dapat berfungsi untuk mengenalkan berbagai buah-buahan dan juga warna untuk si kecil. Selain itu, melalui permainan ini maka akan membuat anak semakin tertarik untuk mempelajari beragam jenis buah-buahan tersebut. Selain itu, permainan ini adalah salah satu permainan yang populer di kalangan masyarakat.

Mainan Edukatif Balok Kayu SNI Motorik Anak Buah Potong
Mainan Edukatif Balok Kayu SNI Motorik Anak Buah Potong

Untuk membeli mainan ini Anda bisa klik link berikut ini Mainan Edukatif Balok Kayu SNI Motorik Anak – Buah Potong

i. Mini Laptop Anak

Permainan satu ini merupakan salah satu permainan yang dapat membantu si kecil dan berfungsi sebagai alat bantu untuk anak. Mini laptop anak menjadi permainan yang cocok untuk menemani keseharian anak. Dimana mempunyai desain dan motif berupa karakter kartun favorit anak yang nantinya akan membuat anak semakin tertarik unuk belajar.

mainan laptop atau notebook mini
mainan laptop atau notebook mini

Selain itu, berbagai fitur yang menarik pun tersedia di mini laptop khusus untuk anak ini. Diantaranya adalah mulai dari belajar huruf, belajar angka hingga belajar untuk mengeja angka. Terdiri dari dua bahasa yakni bahasa Indonesia dan Inggris, dimana nantinya akan membuat si kecil mampu belajar bahasa dengan baik.

Untuk membeli mainan ini Anda bisa klik link berikut ini Bunda Wajib Tahu, 5 Tips Memilih Mainan Edukatif Anak Usia 1-3 Tahun

j. E-Book Anak Muslim 3 Bahasa

e-Book khusus untuk anak yang berisi 3 bahasa ini akan membuat si kecil mampu untuk mempelajari 3 bahasa dengan baik, yakni Indonesia, Arabic dan English. Selain itu, ada terdapat beberapa fitur pembelajaran mulai huruf hijaiyah dan alfabet yang disertai bacaan dalam huruf Arab dan Inggris. Ada pula cara belajar mengenal angka, mengenal huruf hingga mempelajari tata cara wudhu dan sholat dengan benar sehingga akan sangat bermanfaat sekali untuk si kecil.

Mainan Edukatif Anak Muslim Ebook 3 Bahasa
Mainan Edukatif Anak Muslim Ebook 3 Bahasa

Untuk membeli mainan ini Anda bisa klik link berikut ini Yuk Intip 6 Mainan Edukatif Anak Muslim untuk Bekal Usia Sekolahnya!

k. Doctor Backpack Playset

Bagi si kecil yang menyukai permainan peran, maka tentu saja mainan satu ini cocok sekali untuk anak anda mainkan. Doctor Backpack Playset merupakan permainan yang berisi satu set mainan dokter-dokteran. Ada berbagai perlengkapan dokter yang tersedia lengkap disini, mulai dari stetoskop, alat suntik hingga obat-obatan. Dikemas dengan box yang cantik tentu saja mainan satu ini akan mampu untuk merangsang imajinasi anak saat bermain peran sebagai dokter cilik.

Untuk membeli mainan ini Anda bisa klik link berikut ini Bunda, Sudah Punya 7 Mainan Edukasi Anak 4 Tahun yang Terbaik?

l. Meronce Manik Kelereng Mutiara

Permainan satu ini berfungsi untuk melatih kreatifitas dari si kecil. Dengan meronce manik kelereng yang berwarna-wari tersebut, tentu saja akan membuat anak menjadi mempunyai jiwa kreatif yang tinggi sejak kecil. Hal ini tentu saja dpat mengasah kreatifitasnya dikarenakan anak bisa memadukan beragam warna manik-manik menjadi benda lucu yang menggemaskan seperti kalung ataupun gelang. Permainan ini pun juga mampu untuk melatih kesabaran dari si kecil.

MAINAN EDUKATIF ANAK MERONCE MANIK
MAINAN EDUKATIF ANAK MERONCE MANIK

Untuk membeli mainan ini Anda bisa klik link berikut ini 6 Mainan Anak Edukatif untuk Tingkatkan Kreatifitas

m. Mainan Balok Bangun MDF A 30 T

Selanjutnya, terdapat permainan balok yang merupakan salah satu mainan edukatif anak yang bisa anda pilih untuk si kecil. Mainan satu ini sangat cocok untuk anak yang menginjak usia 3 hingga 4 tahun. Balok bangun ini bermanfaat untuk membantu anak dalam menggabungkan bentuk yang berbeda dan membuat sebuah bangunan dari balok bangun kayu tersebut. Sehingga mainan ini sangat cocok untuk anak anda dalam mengenali berbagi macam bentuk bangun.

Untuk membeli mainan ini Anda bisa klik link berikut ini Yuk Cari Tahu Cara Memilih Mainan Anak Balok Kayu Disini!

n. Mainan Jam Kayu

Selain itu, terdapat pula permainan jam kayu yang bisa untuk si kecil mainkan. Permainan ini berfungsi bagi anak untuk mempelajari tentang anak dan waktu. Uniknya lagi, jarum tersebut dapat diputar dan mempunyai warna yang menarik. Sehingga akan membuat si kecil menjadi tertarik. Selain itu, jam kayu ini akan membuat anak anda menjadi mengetahui tentang waktu dan angka sehingga si kecil pun dapat mengenal tentang waktu sejak dini.

Untuk membeli mainan ini Anda bisa klik link berikut ini 2 Alasan Penitipan Anak Harus Punya Mainan Edukasi Anak 5 Tahun

o. Puzzle Knob Besar Huruf Hijaiyah

Untuk melatih anak dalam mempelajari huruf hijaiyah, maka tentu saja anda harus mempelajarinya dengan cara yang menyenangkan, salah satunya adalah melalui puzzle knob huruf hijaiyah. Dengan mengajarkan si kecil mengenal huruf hijaiyah sejak dini, maka tentu saja akan membuat anak menjadi dapat mengenal dan menghafalkan dengan lebih mudah.

mainan edukasi anak muslim Puzzle knob huruf Hijaiyah
mainan edukasi anak muslim Puzzle knob huruf Hijaiyah

Melalui metode puzzle knob huruf hijaiyah ini akan membuat anak mampu mempelajari huruf hijaiyah dengan cara yang mengasyikkan. Sehingga cara tersebut pun akan membuat anak mampu untuk belajar huruf hijaiyah dengan cepat dan cara yang menyenangkan. Untuk itu, anak pun akan lebih cepat untuk menghafalkan karena menggunakan metode yang sangat fun.

Untuk membeli mainan ini Anda bisa klik link berikut ini Yuk Simak 7 Cara Belajar Mengaji dengan Mainan Edukasi Anak Muslim!

p. Flash Card – Kartu Bayi

Permainan satu ini merupakan salah satu media bermain yang menggunakan satu set karrtu dengan berbagai macam ukuran. Selain itu, kartu ini pun memiliki beragam kosakata yang sangat bermanfaat sehingga akan membantu anak anda untuk bisa mempelajari gambar dan kosakatanya dengan mudah. Keberadaan permainan satu ini tentu saja dapat berfungsi sebagai metode yang unik dalam mempelajari sesuatu.

7 Manfaat Mainan Edukatif Anak Flashcard
7 Manfaat Mainan Edukatif Anak Flashcard

Permainan ini pun memiliki manfaat sebagai bentuk pengenalan terhadap benda benda yang ada di lingkungan anda. Kartu dengan gambar tersebut disesuaikan dengan usia anak anak yang akan mengenal berbagai macam benda dan memperkaya kosakata sejak usia dini. Selain itu, kartu ini pun juga bermanfaat untuk mengenal huruf dan angka melalui media yang menyenangkan.

Untuk membeli mainan ini Anda bisa klik link berikut ini Sudah Tahu 7 Manfaat Mainan Edukatif Anak Flashcard?

4. Tertarik Untuk Membeli Berbagai Permainan Edukasi ?

Kecerdasan dan kemampuan berpikir anak yang menginjak usia bayi hingga balita merupakan saat-saat dimana perkembangan anak terjadi lebih pesat. Hal itu tentu saja didukung dengan berbagai macam bentuk permainan edukasi yang akan membuat anak anda menjadi lebih mampu untuk mengembangkan kemampuannya tersebut. Untuk itu, sebagai orang tua, anda tentu saja haruslah pandai untuk memilah dan memilih permainan apa saja yang layak dimainkan untuk anak anak.

Bagi anda para orang tua yang tertarik untuk membeli berbagai bentuk permainan edukasi tersebut, saat ini kami menyediakan berbagai macam bentuk permainan yang akan membantu mengembangkan kemampuan motorik anak sejak dini. Untuk itu, anda pun juga perlu untuk memenuhi kebutuhan akan mainan edukatif anak agar kemampuan si kecil semakin berkembang.

pesan sekarang via whatsapp

Anda pun juga bisa mencoba untuk membeli berbagai permainan yang termasuk di dalam rekomendasi tersebut. Sehingga dengan mengetahui berbagai macam bentuk permainan yang akan melatih kemampuan dan mengajarkan anak anda mengenai suatu bentuk, warna dan huruf sejak dini akan membantu tumbuh kembang pada anak. Sehingga anak pun akan mendapatkan sistem pembelajaran yang menyenangkan sekaligus tidak membosankan.

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.