Yuk Simak 7 Cara Belajar Mengaji dengan Mainan Edukasi Anak Muslim!

Seiring perkembangan teknologi yang sangat pesat, metode belajar anak anak pun harus disesuaikan agar lebih efektif dan tidak ketinggalan jaman. Salah satunya cara belajar mengaji yang lebih menyenangkan, tidak hanya mengenalkan buku Iqra’ pada anak anak terutama yang masih berusia di bawah lima tahun. Ingin tahu cara belajar mengaji dengan mainan edukasi anak muslim? Simak sederet tipsnya berikut ini.

7 Cara Belajar Mengaji sambil Bermain dengan Mainan Edukatif

  • Kenalkan kebiasaan mengaji

Langkah awal mengenalkan kebiasaan mengaji adalah dengan memberi contoh nyata di rumah. Ajaklah buah hati anda memahami kewajiban beribadah setiap hari misalnya sholat berjamaah dan membaca Al Qur’an. Pada tahapan perkenalan ini hindari kata kata paksaan karena usianya masih sangat dini, sebaliknya gunakan kalimat ajakan yang menyenangkan agar anak mau mengikuti anda. Biarkan ia melakukan gerakan sholat sebisanya dan mendengarkan bacaan Qur’an anda.

  • Flashcard huruf Hijaiyah

Agar anak anak mengenal 26 huruf Hijaiyah sebelum mulai belajar mengaji, pasang poster huruf huruf ini di dinding kamarnya atau di ruang mushola agar mudah dilihat setiap waktu. Anak anak usia batita memiliki rentang konsentrasi yang sangat pendek, sehingga hindari memaksanya duduk menyebutkan huruf huruf Hijaiyah dari awal hingga akhir dalam satu waktu. Gunakan flashcard mainan edukasi anak muslim berwarna warni, sebagai media belajar yang santai dan tidak membosankan.

flash card anak hijaiyah
  • Puzzle knob huruf Hijaiyah

Selain menggunakan kartu atau flashcard, anda juga bisa membeli puzzle knob huruf Hijaiyah di blog ini. Dibandingkan dengan flashcard, puzzle knob tidak hanya mengenalkan huruf Hijaiyah tetapi juga membantu anak menghafal bentuk dan cara penulisannya. Model mainan edukatif ini sekaligus melatih kecerdasan spasial anak sejak usia dini. Tertarik?

mainan edukasi anak muslim Puzzle knob huruf Hijaiyah
Advertising
Advertising

Beli Puzzle knob huruf Hijaiyah Disini

  • Mendengar murottal

Metode belajar mengaji untuk anak usia dini berikutnya, adalah dengan kebiasaan mendengar murottal setiap hari. Terutama jika anak anak sudah familiar dengan gadget dan fiturnya, anda bisa mengunduh aplikasi murottal yang mudah digunakan. Kebiasaan ini akan membuat anak anak lebih akrab dengan ayat-ayat Al Qur’an, dan secara otomatis merekam bacaannya dalam memori sejak usia dini.

  • Papan tulis magnet mini

Cara selanjutnya adalah belajar mengaji dengan mainan papan tulis magnet, untuk mengenalkan cara menulis huruf Hijaiyah. Setelah anak anak bisa menyebutkan beberapa huruf Hijaiyah dan mengenali bentuknya dari mainan edukasi anak muslim puzzle knob, maka anda boleh mengajari anak cara menuliskan huruf huruf tersebut. Meski belum sempurna, metode ini dijamin mampu membuat anak anak menghafal huruf Hijaiyah dengan cepat dan mudah.

  • Belajar di TPA atau TPQ sebelum usia sekolah

Anak anak usia di 4 atau 5 tahun sebenarnya sudah bisa dibawa belajar mengaji ke TPA atau TPQ terdekat, yang memiliki tenaga pengajar yang telaten dan berpengalaman. Agar kegiatan belajar mengaji anak anak usia dini berlangsung lancar, sebaiknya pilih TPA atau TPQ yang menyediakan fasilitas belajar yang menyenangkan. Salah satunya adalah tempat belajar mengaji yang memiliki beragam kegiatan dan mainan edukatif.

  • Download aplikasi belajar mengaji yang kids friendly

Tidak semua aplikasi yang di smartphone berisi permainan online yang berdampak negatif. Jika anda bisa memilah dengan baik, manfaatkan aplikasi Al Qur’an untuk anak anak sebagai mainan edukasi anak muslim sekaligus media belajar mengaji. Biasanya aplikasi ini memiliki audio bacaan doa sehari hari, contoh gerakan sholat, dan permainan mencari atau memasangkan huruf Hijaiyah. Tentu saja orang tua disarankan untuk mendampingi buah hati saat menggunakan gadget.

Buku Iqra’ per jilid bisa mulai dikenalkan pada usia sekolah atau ketika anak anak sudah mampu belajar dengan rentang fokus yang lebih panjang. Karena pada umumnya anak anak usia balita mudah merasa bosan, dan lebih menyukai aktivitas belajar yang dikemas mirip dalam permainan. Poin yang paling penting dalam mengajari anak anak usia dini mengaji, adalah ketelatenan dan kesabaran ekstra agar mereka tidak merasa terpaksa.

Temukan mainan edukatif untuk anak anda pada posting kami sebelumnya yaitu: