Yuk Cari Tahu Cara Memilih Mainan Anak Balok Kayu Disini!

Mainan anak anak tidak hanya terbuat dari bahan plastik, namun juga terbuat dari kayu yang tentu saja lebih tahan lama. Belakangan banyak ragam mainan kayu yang cocok untuk anak anak mulai dari usia batita hingga sekolah dasar, contohnya alat musik, puzzle set, balok susun, dan lain sebagainya. Namun apakah semua mainan berbahan kayu ini aman untuk anak anak? Yuk simak cara memilih mainan anak balok kayu yang baik disini!

Cara Memilih Mainan Balok dari Kayu yang Aman untuk Balita

1. Sesuaikan dengan usia anak anak

Perlu diketahui bahwa tidak semua mainan kayu cocok untuk semua umur, terutama bayi di bawah usia satu tahun. Bayi yang sedang berlatih menggenggam dan suka memasukkan mainan ke mulutnya, sebaiknya diberi mainan kayu yang ukurannya tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar, ringan, serta kualitas lapisan catnya aman. Sedangkan anak anak di atas usia satu tahun sudah bisa diberi mainan kayu yang lebih kompleks, misalnya puzzle set, balok kayu, atau mainan bergerak.

2. Ikuti kebutuhan anak sesuai perkembangan usianya

Kebanyakan orang tua hanya memfasilitasi anak dengan mainan sebanyak-banyaknya, tanpa mengetahui jenis mainan yang dibutuhkan si kecil sesuai dengan tahapan perkembangan usianya. Memilih mainan yang tepat akan membantu tumbuh kembang buah hati, sekaligus mengasah ketrampilan dan kecerdasannya. Contohnya mainan balok kayu untuk mengenalkan warna, bentuk, dan melatih kemampuan balita dalam membuat konstruksi sederhana sesuai imajinasinya.

3. Pilih mainan kayu sebagai media belajar

Advertising
Advertising

Pendidikan paling dasar dimulai dari rumah, melalui permainan edukatif yang harus dikenalkan orang tua sejak anak anak masih di usia dini. Misalnya mengenalkan nama nama binatang dengan flashcard kayu, mengingat warna dan angka dengan balok kayu, belajar membaca jam dengan mainan jam kayu, atau menyusun dan menjaga keseimbangan kosntruksi dengan balok susun dari kayu, meronce kayu geometri, dan lain sebagainya.

Mainan Anak Balok Kayu

4. Mainan multiplayer atau yang bisa dimainkan bersama-sama

Untuk melatih kemampuan bersosialisasi dan bekerjasama, orang tua bisa memilihkan satu set mainan kayu yang bisa dimainkan bersama teman sebaya atau anggota keluarga. Misalnya model mainan masak-masakan, perlengkapan olahraga, atau puzzle yang jumlah kepingannya cukup banyak. Mainan mainan ini bisa dimainkan oleh lebih dari satu orang, sehingga anak anak sekaligus memahami konsep giliran, kerjasama, dan menghargai.

Manfaatkan momen mempererat ikatan (bonding) antara orang tua dan buah hati, melalui mainan edukasi anak balok kayu dengan membuat beraneka ragam konstruksi sederhana yang familiar bagi anak anak. Contohnya merancang jembatan balok kayu, membuat gedung gedung tinggi, atau mobil mobilan dengan balok balok kayu mainan yang beroda. Dampingi anak anak bereksperimen dengan imajinasinya sendiri, sambil sesekali melakukan tanya jawab tentang mainannya.

Mainan Anak Edukatif Balok Kayu

5. Pilih mainan kayu yang bahannya awet

Pertimbangan berikutnya dalam memilih mainan berbahan kayu adalah memeriksa kualitas material kayu mainan yang digunakan. Pastikan lapisan cat balok kayu aman bagi anak anak, dan tidak mudah mengelupas. Meski harus merogoh kocek sedikit lebih dalam, sebaiknya pilih mainan kayu yang teksturnya halus, dan tidak ada serat serat kayu yang bisa membahayakan jari jari anak anak contohnya mainan balok kayu di di blog ini.

6. Mainan kayu yang bervariasi

Yang tidak kalah penting adalah memilih mainan kayu yang bervariasi, sehingga orang tua bisa melatih beragam ketrampilan dan kecerdasan anak anak. Misalnya mainan puzzle kayu untuk berhitung, bongkar pasang atau mainan anak edukatif balok kayu untuk melatih koordinasi tangan dan mata, serta mainan kayu bergerak untuk buah hati yang sedang belajar berjalan. Koleksi beraneka jenis mainan kayu yang tahan lama ini, akan menghemat anggaran mainan untuk anak anak anda berikutnya.

Fasilitas mainan yang bervariasi tentunya akan membantu perkembangan kecerdasan dan motorik anak anak sejak dini. Dibandingkan memberi fasilitas gadget , sebaiknya orang tua lebih memilih mainan mainan kayu misalnya balok susun, puzzle, atau geometri, sebagai media bermain dan belajar yang menyenangkan dan bermanfaat. Mainan mainan edukatif berbahan kayu ini bisa dibeli secara online di blog ini.

Beli Mainan Anak Edukatif Balok Kayu Disini

Lihat mainan edukasi anak terbaik yang kami miliki lainnya yaitu: