Bunda Wajib Tahu, 5 Tips Memilih Mainan Edukatif Anak Usia 1-3 Tahun

Advertisements

Peranan orang tua sangat berpengaruh pada kreativitas anak terutama di masa masa usia emasnya. Orang tua disarankan mampu memilih jenis permainan yang dapat merangsang kreativitas anak anak sedini mungkin, bahkan sebelum anak mendapat pendidikan dari sekolah. Dengan memilih mainan edukatif anak usia 1 sampai 3 tahun yang tepat, orang tua dapat melatih daya pikir, imajinasi, dan kemampuan motorik anak anak dengan cara yang mudah.

Kini Bunda tidak perlu lagi bingung memilih jenis permainan untuk anak, karena ada begitu banyak ragam mainan edukasi yang baik untuk anak anak mulai dari usia batita. Namun sebaiknya Bunda juga mempertimbangkan beberapa hal ketika ingin membeli mainan untuk anak anak, agar tidak salah pilih dan menyesal. Berikut ini sederet tips yang wajib Bunda ketahui, tentang cara memilih mainan edukatif untuk batita.

Berekspresi dengan Permainan Alat Musik

Anak anak yang mengenal musik sejak dalam kandungan, memiliki kecerdasan otak yang berbeda dibandingkan dengan batita yang belum pernah dikenalkan musik sejak bayi. Musik merupakan salah satu stimulan untuk menumbuhkan daya imajinasi dan kreativitas anak, serta membantu anak anak agar bisa berekspresi dan menirukan gaya. Bunda bisa mengenalkan musik melalui mainan edukatif anak usia 1 3 tahun, misalnya keyboard mini atau DVD player portable mini.

Berimajinasi dengan Permainan Desain yang Kreatif

Jika Bunda ingin melatih kreatifitas anak dengan permainan yang sedikit menantang, Bunda bisa memilih jenis mainan merancang bentuk atau mendesain misalnya balok balok atau menyusun bentuk bentuk. Permainan ini akan merangsang kemampuan berpikir anak, mulai dari memilih warna, memasangkan bentuk, menyusun balok, hingga merancang bentuk baru. Kreatifitas ini bisa dilatih dengan mainan edukasi anak berupa laptop atau notebook mini seharga Rp 70 ribu.

Mengenalkan Aktivitas Harian melalui Mainan Edukatif

Salah satu cara mudah untuk melatih kreativitas anak anak usia batita, adalah dengan memberinya jenis permainan yang mirip dengan aktivitas sehari-hari. Anak kecil akan lebih senang dan mudah mengingat aktivitas yang sudah familiar dilihatnya setiap hari, contohnya melihat orang orang di sekitarnya menggunakan gadget atau laptop. Bunda bisa memilihkan mainan anak mini laptop, untuk membantunya belajar notebook layaknya orang dewasa.

Advertisements

Serupa dengan notebook atau laptop yang bunda miliki, mainan laptop seharga kurang dari Rp 100 ribu ini memiliki tampilan mirip dengan device aslinya. Mulai dari layar monitor, mouse, dan keyboard, namun ukurannya lebih kecil, lebih ringan, dan fungsinya berbeda. Selain notebook mini, bunda juga bisa mengenalkan aktivitas harian pada anak melalui mainan boneka binatang seolah anak anak merawat binatang peliharaan yang aslinya, memasak, mobil-mobilan, dan lain lain.

Belajar Memecahkan Masalah dan Berpikir Cepat

Mainan edukatif anak usia 1-3 tahun berikutnya adalah jenis permainan yang mampu melatih ketangkasan otak, untuk memecahkan masalah dengan cepat. Namun bukan berarti Bunda memilihkan permainan yang tidak sesuai dengan usia anak, atau yang terlalu sulit sehingga kurang menarik perhatian. Sebaiknya pilih mainan puzzle dengan gambar gambar yang dikenali anak anak, untuk melatih konsentrasi dan pemecahan masalah sederhana sebelum memasuki usia sekolah. 

Menumbuhkan Jiwa Kompetitif Anak sambil Bermain

Anak anak usia batita cenderung cukup kompetitif, terutama ketika bermain dengan anak anak seusianya. Bunda bisa melatih perkembangan otak anak dengan memilihkan permainan yang mampu menumbuhkan jiwa kompetitifnya, misalnya permainan olahraga yang membutuhkan kerjasama tim untuk berlomba-lomba mengumpulkan poin. Mainan edukatif anak usia 1-3 tahun yang kompetitif, juga membantu anak untuk menghargai orang lain dan menerima kekalahan.

Sebelum memilihkan permainan yang tepat, sebaiknya Bunda memahami karakter dan minat anak anak contohnya anak anak yang suka membaca, menggambar, atau melakukan kegiatan yang aktif. Karena jenis mainan edukasi yang Bunda pilihkan bisa menjadi media untuk mengembangkan ketrampilan dan bakat anak. Bunda bisa membeli beragam mainan edukasi yang bagus untuk anak anak disini, dengan harga yang cukup terjangkau.

pesan sekarang via whatsapp

Temukan mainan edukatif terbaik anak lainya pada posting kami berikut ini:

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.