Mainan Edukatif Anak 2 tahun : Balok Susun (Building Blocks)

Dari sekian banyak permainan populer bagi anak, anda bisa memilih balok susun sebagai pilihan. Dari mainan edukatif anak 2 tahun ini, si kecil dapat mempelajari beberapa hal sekaligus. Mulai dari warna, bentuk, hingga memperkuat fungsi keseimbangan bisa dilakukan dalam satu mainan. Sebagai permainan paket komplit, anda bisa melihat tumbuh kembang si kecil menjadi lebih baik. Sebelum membelinya, berikut manfaat bermain balok susun yang dapat dimainkan oleh anak laki-laki maupun anak perempuan:

Mainan Edukatif Anak 2 tahun Balok Susun

Manfaat Bermain Block Bagi Si Kecil

1. Melatih Jiwa Sosial

Sebagai makhluk sosial, manusia perlu berkomunikasi dengan sesamanya. Untuk mengasah kemampuan tersebut, bisa dimulai sejak dini. Biasakan anak untuk melakukan interaksi dengan orang lain, melewati permainan yang disukainya. Ketika si kecil bermain dengan teman sebayanya, ajaklah untuk saling berbagi dan melakukan kerjasama. Dengan begitu, pertengkaran dapat diantisipasi dengan baik.

Selagi si kecil bermain dengan balok susun, para orang tua bisa mendampinginya. Selama proses permainan berlangsung, anda bisa mengajarkan berbagai hal menggunakan blok susun tersebut. Selain menyenangkan, memori tersebut akan terus dikenang oleh si kecil. Momen ini dianggap sangat efektif untuk mengajarkan anak, sekaligus meningkatkan komunikasi antara anak dan orang tua.

2. Belajar Mengenal Warna

Advertising
Advertising

Permainan ini jika sering dimainkan, ikut andil dalam memperkuat kemampuan inovasi perkembangan si kecil. Bentuk inovasi yang dilakukan, yaitu memberikan warna lebih banyak dengan berbagai bidang yang unik. Blok susun, bisa menjadi mainan edukasi anak 2 tahun yang  memperkenalkan berbagai warna yang mereka senangi. Pilihlah warna cerah dan bervariasi, agar lebih banyak warna yang bisa dikenal oleh si kecil.

Selagi memainkan blok susun, anda bisa menyebutkan warna pada blok yang diambilnya. Ajaklah untuk mengulangi kata yang anda ucapkan, agar anak lebih cepat menghafal warna tersebut. Setiap kali si kecil mengambil blok, tanyakan kembali warnnya. Apabila si kecil sulit mengucapkannya, anda bisa membantunya dengan memberikan petunjuk. Lakukan secara teratur, agar si kecil semakin mudah menghafalkannya.

Agar permainan semakin seru, anda juga bisa memberikan tantangan kepada si kecil. Berikan instruksi, untuk mengambil blok dengan warna tertentu. Ketika si kecil berhasil mengambilnya dengan benar, silahkan berikan penghargaan kecil seperti mengatakan pintar, ataupun menciumnya. Apabila si kecil salah mengambil warna, silahkan beri pengertian mengenai warna yang diambilnya tersebut.

3. Melatih emosi diri

Usianya yang masih belia, membuatnya kesulitan untuk mengontrol diri atas dirinya sendiri. Jangankan untuk mengontrol emosi, terkadang mereka masih kesulitan memahami apa yang mereka inginkan. Untuk mengasah emosi diri, anda bisa mengajarinya menggunakan mainan anak edukatif 2 tahun. Cara ini dianggap sebagai cara alternatif, untuk melatih kesabaran pada si kecil. Sebab permainan ini membutuhkan ketellitian dan kesabaran, agar bisa menyusunnya dengan baik.

Berilah tantangan kecil, untuk menyusun block hingga menjadi bentuk yang diinginkan. Dengan adanya tantangan, si kecil akan berusaha sebaik mungkin untuk bisa melakukannya. Apabila si kecil masih kebingungan, anda bisa mencontohkannya terlebih dahulu. Kemudian robohkan, dan ajak si kecil untuk membangunnya kembali. Jangan lupa untuk memberikan motivasi, untuk lebih bersabar saat membangun ulang susunan baloknya.

4. Kembangkan Imajinasi Anak

Ingin mengasah imajinasi anak  lebih baik ? Gunakan saja permainan susunan balok. Sebab permainan ini membutuhkan imajinasi dan kreatifitas tinggi, untuk membentuk merangkai balok hingga menjadi bentuk yang diinginkan. Biarkan si kecil mengasah kemampuan imajinasinya, dengan membentuk bangunan dari susunan blok tersebut.

Apabila si kecil merasa kesulitan, anda bisa memberikan contoh untuk bisa ditirukan. Pastikan untuk memberikan contoh dari yang termudah, hingga yang sedikit rumit. Setelah itu, biarkan si kecil memberikan inovasinya sendiri. Dengan referensi yang cukup, secara otomatis imajinasi anak akan berkembang dengan sendirinya. Ketika imajinasi terasah, si kecil mampu menciptakan ide dengan sendirinya.

5. Mempelajari Berbagai Konsep

Mainan edukatif anak 2 tahun ini, memiliki bentuk yang cukup beragam, dengan berbagai macam warna yag dihardirkan. Karena bentuknya berbeda, si kecil harus mempelajari konsep permainan cerdas untuk anak 2 tahun keatas ini terlebih dahulu. Konsep dasar yang harus dipelajarinya meliputi warna, ukuran, bentuk, dan keseimbangan. Sebab tidak semua balok tersebut dapat dibangun secara asal, lantaran permukaannya yang berbeda.

Dari berbagai jenis permaiann anak yang disuguhkan, anda bisa memilih balok susun sebagai permaianan alternatif. Dengan harga terjangkau, anda bisa menyenangkan si kecil dengan memberinya mainan baru. Sebab permainan ini hanya dibandrol mulai dari Rp. 135 ribuan, anda sudah mendapatkan berbagai manfaat di dalamnya. Segera beli sekarang, untuk menunjang tumbuh kembang si kecil agar lebih optimal.

Mainan Edukatif Anak 2 tahun Balok Susun Lainnya

Selain manfaat yang sangat banyak diatas,  Mainan Edukasi Blok Susun secara khusus membantu dalam perkembangan emosional, sosial, fisik dan kognitif juga. Mainan ini mempromosikan rasa membuat perbandingan, keterampilan motorik halus, mengikuti urutan, meningkatkan penalaran logis, mendukung pemikiran yang berbeda dan banyak lagi.

  • MANFAAT KOGNITIF: Blok bangunan membantu dalam pengembangan kosakata, meningkatkan Matematika; dan membantu mengajar anak-anak tentang gravitasi dan keseimbangan. Dengan bermain dengan mainan balok pembangun, anak-anak dapat belajar menggambarkan bentuk, warna, posisi, dan ukuran. Dengan meningkatnya kompleksitas, anak-anak juga meningkatkan tingkat konsentrasi dan pemikiran kognitif mereka.
  • MANFAAT FISIK: Mempromosikan koordinasi tangan-mata pada usia dini sangat penting dan dapat dicapai dengan bermain dengan balok penyusun. Mainan balok bangunan berhubungan langsung dengan keterampilan motorik.
  • MANFAAT EMOSIONAL: Dengan bertambahnya anak-anak, bermain menjadi bagian yang sangat penting dalam hidup mereka. Bermain dapat membawa spektrum emosi pada anak-anak ketika mereka mengembangkan pemahaman. Dengan mainan blok bangunan, anak-anak dapat merasa bahagia, berenergi, terinspirasi, termotivasi, gembira dan banyak lagi.
  • MANFAAT PENDIDIKAN: Mengembangkan keterampilan penting untuk kehidupan dan sekolah, membangun mainan blok dapat membantu memungkinkan anak-anak untuk mempelajari konsep sains, penalaran spasial, konsep matematika, keterampilan bahasa, kerjasama, tanggung jawab, keterampilan membaca dan menulis.

Jadi setelah Ayah Bunda mengetahui banyak sekali manfaat dari mainan anak balok susun langsung segera pesan mainan bermanfaat ini melalui Whatsap dibawah ini.

Pranala Dalam:

Pranala luar:

https://wiseelk.com.au/2017/12/26/benefits-playing-building-block-toys-parenting-done-right/