Bunda, Sudah Punya 7 Mainan Edukasi Anak 4 Tahun yang Terbaik?

Advertisements

Usia balita merupakan masa masa golden age, dimana orang tua bisa mengenalkan anak anak pada pelajaran sederhana sebelum si buah hati mengenyam pendidikan di sekolah. Pada tahapan usia ini, anak anak sudah mampu menyerap hal hal yang bernilai edukasi melalui cara yang menyenangkan atau lewat permainan. Apa saja jenis mainan edukasi anak 4 tahun yang wajib bunda miliki? Simak keenam permainan berikut ini!

7 Mainan Edukasi Terbaik Untuk Usia Balita

1. Kotak Pasir dan Malam (clay)

Sandbox (kotak pasir) dan clay (malam) adalah contoh permainan edukatif sederhana untuk anak anak di usia balita. Jenis permainan eksperimen ini dapat melatih kreatifitas anak usia dini, dengan cara membuat beraneka ragam bentuk sesuai imajinasinya. Mainan sandbox dan clay ini biasanya juga dilengkapi beraneka contoh gambar bentuk binatang, dengan urutan langkah pembuatan yang mudah ditiru anak anak.

Mainan Edukatif Anak 3 tahun Pasir Kinetik
Mainan Edukatif Anak 3 tahun Pasir Kinetik

Beli mainan Pasir Kinetik disini

pesan sekarang via whatsapp

Untuk lebih jelas mengenai manfaat mainan pasir kinetik silahkan kunjungi artikel sebelumnya : Rekomendasi Mainan Edukatif Anak 3 tahun Terbaik : Pasir Kinetik

2. Mainan Peran Profesi

Hampir semua anak usia balita menyukai bermain peran, misalnya berperan sebagai pilot, dokter, kasir, polisi, pemadam kebakaran, dan lain sebagainya. Anda bisa memilihkan seperangkat mainan edukasi anak 4 tahun berupa tas dokter atau doctor playset backpack, yang berisi tiruan perlengakapan dokter mulai dari stetoskop hingga obat-obatan mini. Beli mainan peran dokter disini

Advertisements
Mainan Edukasi Anak 4 tahun Paket Dokter
Mainan Edukasi Anak 4 tahun Paket Dokter

Beli mainan Paket Dokter disini

pesan sekarang via whatsapp

3. Mainan Blok Susun

Jenis permainan untuk melatih kemampuan berpikir anak usia balita, adalah mainan konstruksi misalnya balok balok atau bricks yang bisa dirancang menjadi beragam bentuk. Selain melatih daya pikir dan konsentrasi si buah hati, permainan edukatif ini juga melatih kemamuan motorik halus, serta koordinasi tangan dan mata. Kenalkan anak anak pada jenis mainan ini sejak usia batita, sehingga ia akan lebih siap bermain konstruksi yang lebih detail di usia 4 hingga 5 tahun.

Mainan Edukasi Blok Susun
Mainan Edukasi Blok Susun

Beli mainan Block Susun disini

pesan sekarang via whatsapp

Untuk lebih jelas mengenai manfaat mainan blok susun silahkan kunjungi artikel sebelumnya : Mainan Edukatif Anak 2 tahun : Balok Susun (Building Blocks)

4. Perlengkapan Olah Raga

Anak anak usia balita sudah seharusnya dikenalkan pada konsep olahraga, serta beragam perlengkapannya misalnya sepakbola, bulutangkis, basket, berenang, dan lain lainnya. Mulailah dengan memilihkan sejumlah mainan tiruan perlengkapan olahraga, untuk membuat anak familiar dengan beragam jenis olahraga. Anda bisa membelikan raket bulutangkis, skateboard mini, bola basket, helm dan pelindung lutut, dan lain sebagainya.

5. Buku Bacaan Pop Up

Siapa bilang buku bacaan bukan mainan? Mengenalkan kebiasaan membaca pada balita bisa dimulai dengan jenis mainan edukasi anak 4 tahun berupa pop up book. Pop up book adalah buku anak yang memiliki gambar dan bentuk 3 dimensi, yang berupa dongeng, kamus kosakata sehari hari, atau pengenalan benda benda di sekitar. Kosakata si buah hati otomatis akan bertambah dengan kebiasaan membaca pop up book, sehingga akan lebih siap menerima pelajaran di sekolah. 

Advertisements

6. Board Game

Permainan edukatif berikutnya adalah board game, yang ternyata memiliki segudang manfaat untuk anak anak dan orang tua. Kini ada banyak ragam board game yang bisa anda pilih di Tokopedia, untuk melatih ketangkasan berpikir, mengenalkan peraturan sederhana, sekaligus mempererat hubungan buah hati dengan orang tua. Anda bahkan bisa membuat mainan board game sendiri, dengan menyesuaikan minat dan lingkungan sekitar yang lebih familiar dan menarik bagi anak.

7. Aneka Bentuk Puzzle

Jenis mainan edukasi anak 4 tahun selanjutnya adalah beraneka puzzle atau mainan bongkar pasang. Sebaiknya anda sudah mengenalkan permainan ini sejak usia batita, dengan model puzzle termudah yang memiliki kepingan besar besar. Dengan begitu anak anak sudah mengetahui konsep kombinasi ruang secara sederhana, sebelum bermain puzzle yang dengan kepingan lebih kecil dan lebih banyak. Anda bisa memilihkan beraneka puzzle, tidak hanya terbatas pada yang disukai anak saja.

Beli mainan Puzzle disini

pesan sekarang via whatsapp

Untuk lebih jelas mengenai manfaat mainan puzzle silahkan kunjungi artikel sebelumnya : Mainan Anak Edukatif Kayu Puzzle Hewan dan Huruf untuk Anak Cerdas

Memilih permainan edukatif yang tepat sesuai usia perkembangan buah hati, memang tidak bisa dibilang mudah atau susah. Orang tua disarankan untuk mengenalkan beragam bentuk permainan anak sejak dini, untuk melatih motorik, kreatifitas, serta kemampuan anak berimajinasi dan melakukan eksperimen sederhana. Mainan mainan ini tidak perlu berharga fantastis, asalkan bernilai edukasi dan kualitasnya cukup bagus dan aman untuk anak anak.

Temukan juga mainan anak edukasi terbaik lainnya pada posting kami berikut ini:

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.