2 Alasan Penitipan Anak Harus Punya Mainan Edukasi Anak 5 Tahun

Baby day care atau tempat penitipan anak anak mulai dari usia bayi hingga balita, kini semakin populer tidak hanya di kota kota besar tetapi juga di kota kecil. Jasa penitipan anak yang menyerupai sekolah usia dini ini, menjadi pilihan favorit para bunda bekerja yang harus meninggalkan buah hati setiap pagi hingga sore hari. Oleh karena itu tempat penitipan anak harus memiliki fasilitas yang lengkap, salah satunya mainan edukasi anak 5 tahun.

Day care yang menjadi pilihan orang tua kebanyakan adalah yang mempunyai tenaga pengasuh dan fasilitas yang baik untuk anak anak. Contohnya jasa penitipan anak yang memiliki koleksi mainan edukatif, dan sekaligus variasi kegiatan yang mendidik. Kenapa day care harus menyediakan fasilitas edukatif tersebut? Yuk simak alasannya berikut ini!

Menciptakan Rasa Nyaman dan Betah

Lingkungan day care yang homey (suasananya seperti di rumah sendiri) dijamin membuat anak anak merasa betah dan nyaman, meski dititpkan selama seharian . Untuk menciptakan suasana homey ini, sebaiknya jasa penitipan anak mempunyai fasilitas yang cukup lengkap, misalnya tempat bermain yang luas dan aman, koleksi mainan edukatif yang menarik, tempat tidur siang yang nyaman, serta tenaga pengasuh yang telaten, sabar, ramah dan juga menyenangkan.

Advertising
Advertising

Tidak semua anak memiliki kepribadian mudah beradaptasi dengan lingkungan di luar rumahnya, sehingga tenaga pengasuh jasa day care sebaiknya mampu membuat anak anak balita ini terbuka. Terutama pada hari hari pertama mereka berada di day care, anak anak harus merasa nyaman dengan lingkungan dan teman teman barunya. Dengan beragam karakter anak seumuran yang dititipkan, fasilitas day care yang lengkap dan homey akan membantu balita merasa betah.

Jasa penitipan anak juga semestinya menyusun jadwal kegiatan harian, untuk melatih anak anak usia dini agar terbiasa dengan rutinitas sehari hari mulai dari kapan waktu bermain, belajar, makan, istirahat, dan sebagainya melalui media mainan jam kayu atau mainan edukatif anak 5 tahun. Pendidikan dasar ini akan membantu orang tua dalam melatih kedisiplinan anak, dan sekaligus mengenalkan kebiasaan positif sebagai bekalnya di tahapan usia sekolah kelak. 

Tempat Belajar Usia Dini Sebelum Mengenal Sekolah

Usia 7 tahun adalah syarat minimal umur untuk memasuki sekolah dasar, sehingga orang tua sebaiknya mendaftarkan buah hati ke taman kanak kanak ketika usianya telah mencapai 5 tahun. Oleh karena itu orang tua disarankan menyiapkan dan membekali si kecil dengan pendidikan dasar untuk anak anak balita, melalui sekolah usia dini atau day care yang memiliki fasilitas lengkap contohnya beraneka mainan kreatif untuk anak balita.  

Beberapa contoh mainan edukasi anak 5 tahun yang harus dimiliki jasa day care diantaranya adalah bermacam macam mainan peran, puzzle set, balok susun atau bricks konstruksi, mainan edukasi jam kayu, dan beragam mainan lainnya. Sebagai tempat belajar usia dini yang menyenangkan, day care sebaiknya mempunyai koleksi mainan edukatif yang menarik untuk merangsang kreativitas, ketrampilan, serta kecerdasan otak anak balita.

Pengetahun dasar untuk membekali anak usia dini ke sekolah taman kanak kanak, harus mampu menjadi poin penting yang perlu disiapkan oleh jasa penitipan anak masa kini. Misalnya dengan mengenalkan warna, mengetahui aneka buah buahan, mengenal binatang dan habitatnya, menyebutkan benda benda di sekitarnya, atau mengucapkan doa doa sehari hari untuk day care khusus muslim.

Tidak hanya menyediakan variasi mainan edukasi anak 5 tahun, tetapi pengasuh day care diharapkan bisa membimbing anak anak untuk merawat dan menggunakan aneka jenis mainan dengan baik. Mulai dari mengajarkan kebiasaan untuk bergiliran bermain, memahami aturan mainan tertentu misalnya cara meronce, menyusun balok, hingga merapikan dan meletakkan mainan ke lemari atau rak mainan seperti semula.

Itulah alasan utama mengapa jasa day care harus mampu menyediakan fasilitas edukatif yang lengkap, untuk anak anak usia dini dan balita. Orang tua yang disibukkan dengan pekerjaan hingga sore hari, tidak perlu khawatir akan perkembangan anak anaknya yang dititipkan di jasa day care. Jika anda sedang mempertimbangkan usaha day care, pilihlah beragam mainan edukatif di blog ini dengan harga yang cukup terjangkau.

Salah satu mainan anak edukatif usia tahun adalah Jam kayu seperti dibawah ini:

Mainan Edukasi Anak 5 Tahun

Manfaat jam kayu

  • Mengenalkan anak pada jam
  • Mengenalkan anak pada angka
  • Memperhalus gerakan tangan
  • Memperkuat konsentrasi
  • Melatih menyelesaikan masalah (problem solving)

Beli Mainan Edukasi Jam Kayu Disini

Temukan mainan edukatif untuk putra-putri anda: