Yuk Intip 6 Mainan Edukatif Anak Muslim untuk Bekal Usia Sekolahnya!

Pendidikan dini merupakan bekal anak anak sebelum memasuki usia sekolah, yang harus dimulai dari rumah dengan memberikan anak anak pengalaman belajar yang menyenangkan. Sebagai orang tua, anda disarankan untuk memilih aneka jenis permainan yang bernilai edukasi untuk mempersiapkan mental anak anak sebelum usia sekolah. Salah satunya dengan memilih mainan edukatif anak muslim, yang memberi segudang manfaat.

Anak anak usia dini yang sudah dibekali pendidikan dasar paling sederhana di rumah, terbukti bisa lebih siap dan mudah mengikuti pelajaran di sekolah. Kemampuan berpikir kreatif, tanggap, dan berkonsentrasi bisa dilatih sejak dini melalui sejumlah permainan edukatif. Apa saja jenis permainan yang memiliki nilai edukasi itu? Daripada penasaran, yuk simak ulasannya berikut ini!

6 Mainan Edukatif Muslim untuk Anak Anak Usia Dini

1. Mainan Huruf dan Angka

Persiapan pendidikan dasar di sekolah bisa dilakukan sejak anak berusia 2 hingga 3 tahun, dengan mengenalkan macam macam huruf dan angka. Anda bisa memilihkan mainan huruf dan angka yang memiliki warna warna yang menarik, dan mengajarinya melakukan hitungan sederhana misalnya mengurutkan angka dari yang terkecil atau menghitung dengan jari meski belum mampu menuliskannya.

2. Mainan Huruf Hijaiyah

Advertising
Advertising

Salah satu contoh mainan edukatif anak muslim sederhana, adalah mainan huruf Hijaiyah yang berwarna warni. Permainan ini biasanya tersedia dalam bentuk puzzle, papan magnet, atau ebook muslim dengan audio yang sekaligus menngajari anak cara membaca huruf Hijaiyah. Jenis permainan ini membantu orang tua untuk membekali buah hatinya dengan pendidikan dasar yang menyenangkan.

3. Ebook Anak Muslim 3 Bahasa

Kebanyakan orang tua modern menginginkan anak anaknya jago berbahasa asing, dengan memilihkan sekolah bilingual yang paling bagus. Namun tidak semua orang tua menyadari bahwa ketrampilan anak berbahasa harus disiapkan sejak dini dari rumah. Salah satu caranya adalah memfasilitasi anak dengan mainan ipad atau ebook muslim 3 bahasa, yang umumnya terdiri dari bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan bahasa Arab.

Mainan Edukatif Anak Muslim Ebook 3 Bahasa

Permainan ini mengenalkan anak anak pada sejumlah kosakata sederhana dalam ketiga bahasa tersebut. Di platform belanja Tokopedia, anda bisa menemukan beraneka ebook anak muslim 3 bahasa dengan harga yang sangat terjangkau. Satu ebook edukatif dengan 3 bahasa ini dibandrol dengan harga Rp 75 ribu.

Beli Ebook Anak Muslim 3 Bahasa DISINI

4. Meja Belajar dan Papan Tulis

Sebelum membawa anak ke bangku sekolah, orang tua sebaiknya mengenalkan gambaran lingkungan kegiatan di sekolah pada anak anak sejak dini. Permainan berupa meja belajar mini dan papan tulis magnet atau whiteboard ini, merupakan pilihan mainan edukatif anak muslim yang tepat untuk anak anak menjelang usia sekolah. Mainan ini biasanya dilengkapi dengan spidol warna, penghapus, serta sepaket angka dan huruf untuk belajar.

5. Permainan Kartu dan Boardgame Sederhana

Untuk membekali anak anak TK atau pre school dengan ketrampilan berpikir dan jiwa kompetitif, orang tua boleh mengenalkan permainan kartu dan boardgame misalnya ular tangga. Selain melatih konsentrasinya, permainan ini juga mengajarkan anak tentang konsep giliran, urutan, matematika sederhana, serta memperkaya kosakatanya. Anak anak sekaligus juga belajar cara bekerjasama dalam tim dan cara menghargai lawan bermainnya.

6. Menyusun Aneka Puzzle

Mainan puzzle sederhana berupa huruf Hijaiyah dengan warna warni yang menarik, adalah pilihan mainan edukatif anak muslim yang tepat. Selain mengenalkan huruf Hijaiyah yang jumlahnya cukup banyak, orang tua sekaligus melatih kemampuan logika anak dalam menyusun kombinasi puzzle. Kecerdasan anak usia dini dalam berpikir logis bisa dilatih dengan memberikan bermacam macam puzzle, misalnya puzzle bentuk binatang, kendaraan, gambar karakter kartun, dan lain lain.

Permainan edukasi yang anda pilih sebaiknya disesuaikan dengan usia anak anak, dan kemampuannya dalam memahami konsep peraturan sederhana. Perlu diketahui bahwa setiap anak memiliki perkembangan kecerdasan dan daya tangkap yang berbeda-beda, jadi sebaiknya orang tua tidak mudah membandingkan kemampuan buah hati dengan anak lainnya. Anda dapat membeli berbagai mainan anak edukati di blog ini.

Temukan mainan anak edukatif terbaik lainnya yaitu: