Cerita Rakyat Yang Ringkas dari AESOP : Kisah Pembawa Gerobak

Advertisements

Kisah yang kami posting di hari ini adalah cerita rakyat yang ringkas karya AESOP. Cerita ini cukup sederhana dan mudah dimengerti isi pesan moralnya. Sangat cocok diceritakan untuk anak usia SD atau TK. Yuk kita baca bersama cerita rakyat pendek yang kami posting kali ini.

Cerita Rakyat Yang Ringkas Terbaru : Hercules dan Pembawa Gerobak

Seorang petani telah memanen semua padinya di sawah. Dia menaruh seluruh hasil panennya di atas gerobak. Tak lama kemudian, hujan deras datang membuat jalan menjadi licin dan berlumpur.

"Hujannya deras sekali. Semoga aku bisa melewati jalan berlumpur ini. Ayo kuda, kita pulang!" ucap Pak Tani sembari menaiki kudanya.

Pak Tani pun pergi meninggalkan sawah. Saat melewati jalan berlumpur, ia kesulitan mengendarai kudanya. Apalagi, muatannya pun Iumayan banyak. Saat itu, Pak Tani sendirian. Biasanya ia ditemani oleh cucunya.

Cerita Rakyat Yang Ringkas Pembawa Gerobak
Cerita Rakyat Yang Ringkas Pembawa Gerobak

Tiba-tiba, ban belakang gerobak terperosok ke dalam lumpur, sehingga perjalanan terhenti. Pak Tani mencoba untuk terlepas dari lumpur itu. Namun, tetap tidak bisa.

Advertisements

Pak Tani lalu turun dari gerobak kudanya. Dia melihat rodanya penuh dengan lumpur dan sangat dalam terperosoknya.

"Waduh... Bagaimana ini? Aku tak bisa pulang kalau seperti ini," ujarnya sembari melihat roda gerobak miliknya.

Seketika itu juga, Pak Tani meminta pertolongan kepada orang-orang sekitar. Dia ingat bahwa Herculeslah yang amat dekat.

"Tolong... Tolong aku, Hercules!" teriak Pak Tani.

Tetapi, Hercules belum muncul. Pak Tani kembali memanggil Hercules, "Hercules! Hercules! Bantu aku! Roda gerobak kudaku terperosok ke dalam lumpur!"

Tak lama kemudian, Hercules datang menemui Pak Tani. Dia heran melihat Pak Tani yang hanya duduk melihat roda gerobaknya yang terperosok, tanpa melakukan apa pun.

Advertisements

"Apa kau kira hanya dengan memandang roda gerobakmu itu, maka gerobakmu akan berjalan sendiri? Kau harus melakukan sebuah usaha," ucap Hercules.

Pak Tani hanya terdiam dan tertunduk malu mendengar perkataan Hercules.

"Coba kauletakkan tanganmu pada roda gerobak itu. Lalu, kau perintahkan kudamu untuk menariknya," perintah Hercules kepada Pak Tani.

"Baiklah, Hercules. Akan kucoba," jawab Pak Tani.

Pak Tani pun melakukan apa yang diperintahkan oleh Hercules. Beberapa saat kemudian, si kuda mampu menarik roda gerobak yang terperosok ke dalam lumpur. Alangkah senangnya Pak Tani. Ia pun berterima kasih kepada Hercules yang telah memberi tahu apa kesalahannya.

Pesan moral dari Cerita Rakyat Yang Ringkas Terbaru adalah berusahalan sekeras mungkin untuk mengatas berbagai masalah. Meminta bantuan orang lain sebenarnya tidak masalah selama kita juga telah melakukan usaha yang maksimal. Dan jangan lupa berdoalah kepada Tuhan agar kamu diberikan jalan keluar dari setiap masalah.

Baca juga dongeng rakyat pendek lainnya pada posting kami berikut ini:

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.