Dongeng Cerita Gambar Anak dari Amerika Utara Dengan Hikmah

Banyak sekali dongeng cerita gambar anak dari Amerika Utara. Namun baru sebagian kecil yang sudah kami posting. Kami masih mencari dongeng bergambar terbaik dengan pesan moral dari negara tersebut. Pada hari ini salah satu cerita anak bergambar dari Amerika Utara kami sajikan untuk kalian. Selamat membaca.

Dongeng Cerita Gambar Anak : Boneka Ajaib

Wasis adalah anak terakhir. Dia tinggal bersama ibu, ayah, dan enam saudara laki-lakinya. Wasis adalah anak yang pandai berburu. Sayangnya, saudara-saudaranya tidak menyukai Wasis.

Suatu ketika, sang ibu tahu bahwa Wasis berencana pergi dari rumah. Ibu pun menjadi sedih, Sebelum Wasis pergi, ibunya memberikan sebuah jaket yang terbuat dari sutra. Mereka lalu saling berpelukan. Wasis kemudian pamit dan meminta doa kepada ibunya.

Wasis tidak tahu bahwa Dewa Agung Glooskap sedang melindunginya. Glooskap akan menguji Wasis, dengan menyamar menjadi kakek tua.

Advertising
Advertising

Si kakek tua menjatuhkan sebuah kotak kayu di jalan setapak. Wasis yang melihat kotak kayu itu, segera mengambilnya, lalu berlari mengejar si kakek tua.

“Kek, ini kotak kecilmu terjatuh!” teriak Wasis.

“Terima kasih, Nak,” ucap si kakek tua.

“Kakek, bolehkah aku bertanya kepadamu? Jalan setapak ini akan mengantarkanku ke mana?” tanya Wasis dengan sopan.

“Nak, jalan setapak ini akan mengantarkanmu menuju sebuah desa. Tetapi, jalannya tidak begitu baik,” jawab si kakek tua.

“Terima kasih, Kek. Aku akan melanjutkan perjalanan ini,” ujar Wasis sambil tersenyum.

Wasis hendak melangkah, namun si kakek menahannya. Olala, si kakek memberikan kotak kayunya. Ia pun berpesan kepada Wasis agar menjaga kotak kayu itu dengan baik.

Dalam hati, Wasis bertanya-tanya, “Apakah kakek itu seorang penyihir?”

Karena penasaran. Wasis segera membuka kotak itu. Terlihat sebuah boneka di dalamnya. Padahal Wasis tidak suka dengan boneka.

“Hai, aku akan memberikan apa pun yang kau mau,” ujar boneka kecil itu tiba-tiba. Tentu Wasis sontak terkejut begitu melihat boneka tersebut bisa berbicara.

Dongeng Cerita Gambar Anak

Saat Wasis sampai di sebuah desa, orang-orang menyambutnya dengan ramah. Lambat laun, ia mulai dekat dengan anak kepala suku yang bernama Seboosis.

Ketika kepala suku pulang dari perburuannya, dia tidak senang melihat putrinya sangat ramah kepada Wasis, si pemuda asing.

Wasis yang jatuh cinta kepada Seboosis, memberanikan diri untuk menghadap kepala suku.

“Mohon maaf, bolehkah aku menikah dengan putrimu? Aku jatuh cinta dengannya sejak pertama kali bertemu,” tanya Wasis dengan penuh harap.

“Engkau boleh menikahi putriku, dengan syarat yaitu kau harus bisa memindahkan gunung yang telah menghalangiku saat aku berburu,” jawab si kepala suku sambil tersenyum. Dia yakin bahwa Wasis tidak mungkin bisa memenuhi syarat itu.

Kepala suku tidak tahu bahwa Wasis mempunyai boneka ajaib. Wasis pun memerintahkan boneka kecil miliknya, “Pindahkan gunung itu untukku.”

Keesokan harinya, kepala suku terkejut. Gunung itu telah lenyap dan jalur berburunya membentang luas. Dia mengira bahwa ini semua adalah sebuah sihir.

Namun, kepala suku tak menyerah. Ia lantas memerintahkan Wasis untuk melawan semua prajurit yang sedang perang. Untuk pergi ke sana, Wasis harus melewati sebuah danau dengan menggunakan sebuah kapal kecil.

Tanpa berkata apa pun, Wasis langsung pergi meninggalkan kepala suku itu. Seboosis yang mendengar pembicaraan ayahnya dengan Wasis, seketika menangis.

Setiap hari, seluruh penduduk menyaksikan peperangan itu. Hingga pada suatu malam, suasana terasa sangat sepi. Tak ada kapal kecil yang kembali ke desa mereka. Mereka mengira bahwa Wasis telah meninggal di medan perang.

Tak lama kemudian, kepala suku menggelar pesta pernikahan putrinya dengan seorang raja. Tiba-tiba, Wasis muncul dari belakang. Kepala suku kembali terkejut. Kini, ia tidak bisa berbuat apa-apa lagi. Akhirnya, Wasis pun menikah dengan Seboosis.

Pesan moral dari Dongeng Cerita Gambar Anak : Boneka Ajaib adalah jadilah anak yang jujur. Kejujuran akan membawa pada kebaikan.

Baca juga cerita rakyat bergambar terbaik kami lainnya yaitu: