Kumpulan Cerita Dongeng Kancil dan Binatang Aneh

Malam hari ini kembali kakak ceritakan dongeng yang kakak ambil dari kumpulan cerita dongeng kancil. Fabel kancil memang menjadi salah satu fabel yang paling disukai anak-anak. Kami yakin adik-adik juga suka dengan fabel anal kami kali ini.

Kumpulan Cerita Dongeng Kancil dan Binatang Aneh Terbaru

Suatu hari, seluruh penghuni merasa sangat ketakutan. Seekor binatang yang tiba-tiba datang dan berkeliaran di dalam hutan. Binatang tersebut belum pernah sekali pun mereka jumpai. Binatang yang pertama kali melihat binatang asing tersebut adalah Burung Gagak. Ia pun mengatakan bahwa binatang yang baru dilihatnya adalah binatang yang sangat besar, memiliki cakar yang tajam dan warnanya sangat gelap.

Tidak ada binatang yang berani keluar dari rumahnya. Hutan tersebut sangat sepi dan sunyi, sementara Burung Gagak bertugas untuk mengawasi keadaan hutan. Ia harus melaporkan keadaan hutan kepada para penduduk jika terjadi suatu. Selama dua hari, binatang tersebut hanya melakukan hal yang biasa di lakukan binatang lainnya. Menurut laporan dari Burung Gagak, ia hanya mencari makanan dan tidur. Selain itu, ia pun menangkap Ikan di sungai. Menurut para penduduk hutan, itu sangat aneh. Karena tidak ada binatang di dalam hutan yang memakan Ikan di sungai.

‘’ Teman-teman, sebaiknya kita semua keluar dan melihatnya. Jika lama-kelamaan seperti ini kita akan sengsara. Bukankah, ini adalah rumah kita?’’ ujar Kancil kepada para penduduk.

Sebelum para penduduk menjawab, Kancil langsung pergi menuju sungai. Sesampainya ia di sungai, ia pun menjumpai binatang yang di ceritakan oleh Burung Gagak. Tubuhnya sangat besar, berbulu coklat kehitaman, mempunyai moncong dan memiliki cakar yang tajam. Kancil pun sangat terkejut melihatnya dan jika adu kekuatan, Kancil pasti akan kalah. Namun, tubuh binatang asing itu dipenuhi oleh luka.

‘’ Hei teman, siapa kamu dan apa yang kamu lakukan di hutan ini?’’ Tanya Kancil ketakutan.

Kumpulan Cerita Dongeng Kancil dan Binatang Aneh

Kumpulan Cerita Dongeng Kancil dan Binatang Aneh

Binatang tersebut terkejut melihat kedatangan Kancil yang tiba-tiba. Ia sama sekali tidak menyangka ada binatang di dalam hutan yang akan menyapanya. Ia pun berdiri dan menatap kepada Kancil, sementara Kancil sudah bersiap-siap untuk lari jika bintang tersebut secara tiba-tiba menerkamnya. Namun, binatang tersebut hanya tersenyum.

‘’ Halo, namaku Beruang. Aku sama sekali tidak tahu jika di dalam hutan ini ada penghuninya. Sudah dua hari aku disini. Namun, tidak menemukan satu binatang pun.’’ Ujarnya menjelaskan.

‘’ Hutan ini sangat banyak penguhuni. Berbagai macam binatang di dalamnya. Namun, selama dua haru kami bersembunyi karena takut kapada mu.’’ Ujar Kancil.

‘’ Maafkan aku, aku tidak tahu jika kalian merasa ketakutan. Aku sedang tersesat. Aku baru saja selamat dari para pemburu. Aku melarikan diri dan menemukan hutan ini.’’ Ujar Beruang lirih.

Mendengar yang dikatakan Beruang, Kancil pun merasa sangat kasihan.

‘’ Rumahku sangat jauh dari sini. Bahkan, aku sama sekali tidak ingat jalan pulang.’’ Tambah Beruang.

‘’ Beruang, aku dan para penghuni hutan sudah berburuk sangka kepadamu. Jika kamu tidak mempunyai tempat tinggal, tinggallah dirumahku untuk sementara.’’ Ujar Kancil

Beruang sangat senang dan menerima tawarannya. Kancil pun memberitahu seluruh penghuni hutan tentang Beruang tersebut. Beberapa hari kemuadian, ia pun di ijinkan untuk tinggal di hutan dan para penduduk hutan pun membantu untuk membuatkan rumah.

Pesan moral dari Kumpulan Cerita Dongeng Kancil dan Binatang Aneh adalah jangan takut mencoba sesuatu yang baru. Jika tidak mencoba kita tidak akan mampu mengerjakan sesuatu yang baru dan lebih besar.

Video anak islami
author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.