Dongeng Si Kancil Bergambar : Kisah Burung Merak

392 views

Satu lagi dongeng si kancil bergambar yang akan kakak posting dimalam hari ini. Cerita dongeng binatang kancil kali ini sangat sederhana dan mudah dipahami. Namun tentu saja setiap dongeng yang ada di blog ini memiliki pesan morla yang baik.

Dongeng Si Kancil Bergambar : Kisah Burung Merak Dengan Bulu Indahnya

Suatu hari, di dalam hutan terdapat taman Burung. Disana, terdapat warna-warni dari berbagai Burung yang menghiasi taman tersebut. Suara kicauan Burung tersebut membuat suasana yang semarak. Karena itulah, banyak sekali binatang yang ingin datang untuk berkunjung ke taman Burung untuk bercengkrama dengan Burung-burung tersebut.  Salah satunya adalah Burung Merak, ia mempunyai bulu yang sangat indah. Hal itulah membuatnya menjadi sangat sombong. Ia selalu memamerkan bulunya.

Suatu hari, Kancil pun mengunjungi taman Burung tersebut. Tanpa sengaja, ia melihat Burung Merak sedang asik berjemur dan menggoyang-goyangkan bulu indahnya.

‘’ Merak, bulu mu sangat indah.’’ Ujar Kancil.

‘’ Benar sekali Kancil, tidak ada satu Burung pun yang memiliki keindahan buluku ini.’’ Jawab Merak dengan bangga.

‘’ Merak, sebaiknya sekarang kau tidak berjemur lagi. Bulumu yang sangat indah itu dapat berubah menjadi kusam.’’ Ujar Kancil.

‘’ Kau pasti sangat iri karena ingin mempunyai tubuh yang berwarna-warni sepertiku ini. Aku masih ingin berjemur.’’ Jawab Merak.

Dongeng Si Kancil Bergambar : Kisah Burung Merak

Dongeng Si Kancil Bergambar : Kisah Burung Merak

Kancil hanya terdiam dan meninggalkan Merak dan langsung menghampiri Burung-burung yang lainnya untuk bercengkrama. Beberapa hari setelah itu pun, Merak masih saja suka berjemur di bawah teriknya matahari. Ia sama sekali tidak menyadari bahwa bulu indahnya itu mulai kusam dan rontok. Ketika ia berjemur, lewatlah Kakatua dan menatap Merak.

‘’ Hei Kakatua! Mengapa kau menatapku seperti itu? Kau pasti sangat iri melihat keindahan buluku ini’’ ujar Burung Merak menyombongkan dirinya.

Namun, yang ditanya malah menggelengkan kepalanya.

‘’ Tidak Merak! Aku hanya terkejut melihat bulumu, bulumu sangat kusam dan tidak indah seperti biasanya.’’ Ujar Kakatua.

Mendengar Kakatua seperti itu, Merak sangat terkejut. Ia pun langsung menuju sungai dan melihat dirinya yang sangat kusam. Bahkan, bulunya pun mulai rontok. Merak sangat sedih karena hal tersebut. Ia pun sangat menyesal karena tidak mendengarkan nasihat dari Kancil.

Pesan moral dari dongeng si kancil bergambar adalah jangan menjadi orang yang sombong, sesungguhnya setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Selain itu dengarkan nasihat dan pendapat orang lain, karena bisa jadi pendapat orang lain benar dan bermanfaat bagi kita.

 

Video anak islami
author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.