Contoh Dongeng Si Kancil – Fabel Anak Terpopuler

Kakak memiliki banyak sekali contoh dongeng si kancil terbaik dari seluruh nusantara. Sebagian cerita dongeng si kancil itu sudah kakak posting di blog ini, sedangkan sebagian lagi akan kakak posting di masa yang akan datang. Kancil yang memiliki banyak akal memang selalu menarik untuk diikuti. Oleh karenanya dongeng fabel kakak kali ini jangan sampai kalian lewatkan.

Contoh Dongeng Si Kancil : Kisah Kelinci dan Tupai

Suatu hari, seekor Tupai bersahabat baik dengan Kelinci. Mereka selalu mencari makan bersama-sama. Jika Kelinci tidak dapat mengambil makanan di atas pohon. Maka, Tupailah yang akan mengambilnya. Sebaliknya, jika Tupai ingin mengambil kacang. Maka, Kelincilah yang akan mengambilkannya di dalam tanah. Musim hujan pun akan datang, setiap binatang di dalam hutan mulai mempersiapkan makanan dan keperluan untuk menghadapi datangnya musim hujan. Selain itu, para penduduk hutan pun sibuk membuat tempat tinggal.

Contoh Dongeng Si Kancil – Fabel Anak Terpopuler

Contoh Dongeng Si Kancil – Fabel Anak Terpopuler

Namun, kedua sahabat itu belum membuat rumah untuk mereka tinggali bersama. Sebenarnya, Tupai selalu mengajak Kelinci untuk membuat rumah. Namun, Kelinci selalu saja menolak dengan berbagai alasan. Karena tidak mempunyai tempat tinggal, pada saat hujan datang mereka sering kehujanan.

Suatu hari, Tupai berniat untuk mengajak Kelinci untuk mencari makanan bersama. Namun, yang akan diajak masih tidur. Akhirnya, Tupai pun membangunkan sahabatnya. Namun, ia sangat terkejut karena badan Kelinci sangat panas. Kelinci jatuh sakit karna setiap hari harus kehujanan. Tupai sangat kebingungan bagaimana caranya untuk menolong sahabatnya itu.

‘’ Hei Tupai! Apa yang sedang kau lakukan? Mengapa kau terlihat sangat kebingungan?’’ Tanya Kancil.

‘’ Kancil, syukurlah kau datang. Aku tidak tahu harus bagaimana. Sahabatku demam tinggi, bisakah kau menolongnya?’’ ujar Tupai sedih.

Akhirnya, Kancil pun langsung mengangkat Kelinci dan langsung membawa ke rumahnya. Sampai dirumah Kancil, Kelinci langsung diberikan obat. Panas Kelinci pun mulai turun. Tidak lama kemudian, Kelinci terbangun dan sangat kebingungan.

‘’ Hei teman, kau berada dirumahku.’’ Ujar Kancil.

‘’ Benar sahabatku, Kancil sudah berbaik hati mau menolong kita dan membawamu ke rumahnya pada saat demam.’’ Tambah Tupai.

‘’ Benarkah? Terimakasih banyak Kancil’’ ujar Kelinci.

‘’ Sama-sama, kita adalah teman. Sebagai teman, sudah seharusnya aku membantumu. Aku sudah mendengar cerita dari Tupai. Kau demam karena setiap hari kehujanan. Jika kau mempunyai rumah. Tentu saja kau tidak akan sakit kehujanan seperti ini. Lihatlah rumahku, nyaman sekali, bahkan pada saat hujan turun, aku pun tidak merasakan kehujanan’’ Ujar Kancil menjelaskan.

Mendengar yang dikatakan Kancil, Kelinci pun sangat menyesal karena sikap malasnya selama ini. Ia pun langsung meminta maaf kepada sahabatnya. Keesokan harinya, Kelinci dan Tupai pun mulai bersiap untuk membuat rumah mereka. Kancil pun membantu membuatkan rumah kecil untuk dari kayu. Meskipun kecil. Tapi cukup untuk mereka berdua.

Sejak saat itulah, ketika hujan turun. Mereka berdua tidak lagi kehujanan. Mereka sangat senang karena memiliki rumah yang nyaman untuk mereka berdua tinggali.

Pesan moral dari Contoh Dongeng Si Kancil : Kisah Kelinci dan Tupai adalah sangat senang rasanya jika kita memiliki sahabat. Saling membantu dan tolong menolong akan membuat hidup kita lebih mudah dan bahagia. Namun perlu diingat kita juga harus menjadi anak yang rajin. Anak rajin akan sukses dan bahagia dimasa yang akan datang.

Baca juga cerita rakyat si kancil terbaik lainnya pada posting kami berikut ini cerita dongeng kancil dan buaya

Video anak islami
author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.