Cerita Rakyat Fabel AESOP : Kisah Tikus Melawan Musang

Advertisements

Banyak sekali cerita rakyat dunia sudah kami postig di blog ini. Beberapa cerita rakyat dunia yang paling kami sukai merupakan karya dari AESOP.

Contoh nya adalah fabel yang akan kami ceritakan di malam hari ini. Yuk kita baca bersama.

Cerita Rakyat Fabel AESOP : Permusuhan Tikus dan Musang

Dahulu kala, bangsa tikus dan bangsa musang adalah musuh.

Mereka tak pernah akur. Hingga suatu hari, bangsa tikus berunding untuk merencanakan sesuatu.

"Kita harus membuat sebuah pasukan perang. Kita susun strategi untuk melawan musang. Aku akan memimpin kalian. Lalu, akan aku pilih beberapa tikus untuk menjadi panglima perang," seru ketua tikus.

Advertisements

Semua tikus yang hadir pada pertemuan itu setuju dengan usul ketua tikus. Ketua tikus lalu memilih beberapa tikus untuk menjadi panglima perang.

Para panglima itu kemudian membuat mahkota di kepala yang terbuat dari jerami.

Ketua tikus dan para panglima tikus yakin bisa mengalahkan musang. Mereka langsung mendatangi tempat para musang. Ya, mereka akan berperang dengan musang.

"Hai, pasukan musang! Kami tak takut dengan kalian! Sekarang lawanlah kami! Kami pasti akan mengalahkan kalian, para musang!" seru ketua tikus.

Mendengar hal itu, para musang amat senang. Beberapa dari mereka memang sedang kelaparan.

Ah, tikus-tikus itu sudah mengantarkan nyawa mereka sendiri kepada para musang.

Advertisements

Dalam sekejap, para musang menyerang para tikus.

Musang-musang itu pun langsung melahap tikus-tikus dengan pongah. Untunglah, banyak prajurit tikus yang berhasil melarikan diri.

Mereka masuk ke dalam lubang-lubang kecil di sekitar mereka.

Cerita Rakyat Fabel AESOP
Cerita Rakyat Fabel AESOP

Sementara itu, para panglima tikus menjadi santapan musang. Karena mahkota besar di kepala mereka, mereka kesulitan untuk masuk ke dalam lubang, dan membuat mereka dengan mudah disantap oleh para musang.

Pesan moral dari Cerita Rakyat Fabel AESOP : Tikus Melawan Musang-musang adalah jangan gunakan kekerasan untuk menyelesaikan masalah. Utamakan musyawarah dan diskusi untuk mencari solusi terbaik yang menguntungkan baik untuk kita maupun untuk orang lain. Selain itu jangan memaksakan kehendak kita kepada orang lain.

Baca juga kumpulan dongeng anak dari berbagai penjuru dunia seperti posting kami sebelumnya yaitu:

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.