Cerita Rakyat Ringkasan Dongeng Tom si Pemberani dari Italia

Advertisements

Cerita rakyat ringkasan fabel Tom si pemberani merupakan salah satu sinopsis cerita rakyat Italia yang cukup populer. Ringkasan cerita rakyat pendek ini secara turun temurun didongengkan disana. Penasaran dengan kisah lengkapnya. Yuk kita ikuti bersama-sama

Cerita Rakyat Ringkasan (Sinopsis) : Fabel Tom si Pemberani dari Italia

Tom dan Lili adalah sepasang kucing jantan dan betina. Mereka dipelihara oleh sebuah keluarga. Keluarga itu sangat menyayangi Tom dan Lili. Semua kebutuhan Tom dan Lili pun tercukupi. Bahkan, setiap seminggu sekali, Tom dan Lili dibawa ke salon khusus hewan untuk dimandikan.

Tom dan Lili pun membalas kasih sayang majikan mereka. Ya, mereka menakut-nakuti tikus di sana, sehingga rumah itu bebas dari tikus. Tidak ada lagi tikus yang mencuri keju.

Cerita Rakyat Ringkasan Dongeng Tom si Pemberani
Cerita Rakyat Ringkasan Dongeng Tom si Pemberani

Tapi, ternyata kemakmuran yang Tom dan Lili peroleh membuat kucing liar di sekitar rumah menjadi iri. Kucing-kucing liar itu selalu menjelek-jelekkan keduanya, terutama Tom.

"Aku yakin, Tom adalah kucing yang penakut. Dia pasti tidak memiliki keberanian seperti kita. Dia kan sudah terbiasa tidur nyaman dikasur yang empuk," ucap salah satu kucing liar.

Advertisements

"Bahkan, mungkin ia akan lari terbirit-birit ketika melihat tikus," sahut kucing liar lainnya.

"Apa kalian pernah melihatnya?" tanya kucing yang lain.

"Memang aku belum pernah melihatnya. Tapi aku yakin, Tom hanya kucing yang manja. Jika menghadapi bahaya, ia akan lari tunggang langgang. Hahaha!" ujar kucing liar pertama.

Tiba-tiba, muncul seekor anjing liar. Anjing liar itu menggonggong galak. Ketiga kucing liar itu pun lari kocar-kacir karena ketakutan.

Tom yang tak sengaja lewat, melihat apa yang dilakukan anjing liar itu. Melihat teman sesama kucingnya ketakutan, Tom segera mengadang anjing liar itu. Tom dan anjing liar itu pun berkelahi.

Beberapa kali anjing itu hampir memukul Tom, tapi pukulannya meleset. Saat ada kesempatan, Tom mencakar wajah anjing liar itu. Anjing liar itu pun menggonggong kesakitan, lalu lari terbirit-birit menjauh dari Tom.

Advertisements

Melihat kejadian itu, kucing-kucing liar sontak merasa bersalah dan malu. Ah, tidak seharusnya mereka membicarakan Tom, hanya karena mereka iri dengan kehidupan Tom.

Sekarang, mereka tahu jika Tom adalah kucing yang kuat dan pemberani. Ketiga kucing liar itu pun berterima kasih kepada Tom. Mereka tak tahu apa yang terjadi jika tadi Tom tak datang. Mereka juga meminta maaf, karena telah membicarakan Tom.

Sejak kejadian itu, tidak ada lagi anjing yang berani mendekat ke daerah rumah itu. Kucing-kucing liar hidup aman sekarang. Bahkan, kini mereka dan Tom berteman baik.

Pesan moral dari Cerita Rakyat Ringkasan Dongeng Tom si Pemberani dari Italia adalah jangan suka menjelek-jelekkan teman hanya karenakita iri, ya. Belum tentu kita lebih baik dari dia. Bahkan, mungkin suatu saat nanti dia akan menolong kita.

Jangan lupa untuk selalu ikuti kami di facebook yah https://www.facebook.com/dongengceritarakyat/

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.