Cerita Dongeng Pendek : Raja Dabschelim dan Bidpai

Cerita dongeng pendek mengenai Raja Dabschelim dan Bidpai baru pertama kami posting dalam kumpulan dongeng singkat di blog ini. Sebagian dongeng anak bergambar yang pernah kami posting memang merupakan cerita dongeng pendek fabel yaitu dongeng yang menceritakan hewan atau binatang sebagai tokoh dalam cerita.

Cerita Dongeng Pendek : Kisah Raja Dabschelim dan Bidpai

Sudah bertahun-cahun Bidpai hidup menderita. Itu bukan karena ia malas. Bidpai justru adalah pemuda yang cukup pandai. Ia juga sangat giat dan rajin bekerja. Bahkan beberapa tahun yang lalu, Bidpai hidup serba berkecukupan. Penderitaannya bermula setelah Raja Dabschelim menjadi raja. Tak hanya Bidpai yang menderita, tapi seluruh rakyat menderita.

Itu karena Raja Dabschelim tidak pernah memedulikan nasib kerajaannya. Setiap hari, ia menghabiskan waktunya hanya untuk mempelajari bintang-bintang. Ia bahkan sampai tidak tidur hanya untuk melihat bintang-bintang di langit.

Ya, semua perhatian raja hanya untuk bintang. Akibatnya, rakyat tidak terurus dengan baik. Perdagangan menjadi sangat buruk. Jalanan pun rusak. Bahkan, panen gagal setiap tahunnya.

Walaupun menderita, tapi tidak ada seorang pun yang berani menyampaikan keluh kesah mereka kepada raja. Mereka sangat takut, karena raja akan memenjarakan siapa pun yang tidak setuju dengan peraturannya.

"Aku tidak mau terus hidup menderita seperti ini. Aku harus melakukan sesuatu," ucap Bidpai.

Keesokan harinya, Bidpai menghadap Raja Dabschelim. Olala, belum sempat Bidpai berbicara, raja sudah menyuruh para prajurit untuk menangkap dan memenjarakan Bidpai. Bidpai pun merasa sangat sedih.

Sementara itu, rakyat yang mendengar hal tersebut menjadi semakin takut terhadap raja. Sebenarnya. mereka juga sangat ingin menentang raja. Tapi, mereka pun tidak mau nasib mereka berakhir di penjara seperti Bidpai.

Hingga suatu malam, raja tidak bisa tidur dengan nyenyak. Ia pun membuka jendela kamarnya untuk melihat bintang-bintang. Tak lama kemudian, raja merasa sudah agak tenang. Ia kembali melanjutkan tidurnya.

Olala, dalam tidurnya, raja bermimpi. Mimpi itu sangatlah aneh dan membuat raja menjadi semakin gelisah.

Keesokan harinya, raja memanggil beberapa tafsir mimpi ke istana. Namun, tidak ada satu pun yang bisa menafsirkan mimpi sang raja. Karena terus memikirkan mimpinya itu, raja pun jatuh sakit. Tiba-tiba, raja teringat dengan pemuda cerdas yang mampu mengartikan semua mimpi.

Raja pun membuat sayembara untuk menemukan pemuda tersebut. Alangkah terkejutnya raja ketika mengetahui pemuda yang selama ini ia cari adalah Bidpai. Bidpai pun dibebaskan dari penjara. Ia bahkan diangkat menjadi menteri di istana.

Cerita Dongeng Pendek Raja Dabschelim Bidpai

Cerita Dongeng Pendek Raja Dabschelim Bidpai

Setelah Bidpai menjadi menteri, ia menata kerajaan dengan baik. Ia pun membuat raja sadar akan perbuatannya. Akhirnya, rakyat kembali hidup bahagia.

Pesan moral dari Cerita Dongeng Pendek : Raja Dabschelim dan Bidpai adalah dalam hidup, pasti kita pernah melakukan kesalahan. Hanya orang yang berhati besarlah yang mau meminta maaf dan memaafkan.

Temukan dan baca juga dongeng anak bergambar terbaik dari kamiĀ  yaitu pada posting dongeng pendek sebelum tidur.

Follow kami di facebook yah https://www.facebook.com/dongengceritarakyat/

Video anak islami
author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.