Kumpulan Cerita Rakyat India dengan Pesan Moral

Kumpulan cerita rakyat India yang pernah kami posting di blog ini sudah cukup banyak. Tentu saja semuanya mengandung hikmah yang bisa dipetik. Dua cerita rakyat pendek ini memang bukan kumpulan cerita legenda paling populer, namun cukup seru juga untuk diketahui.

Kumpulan Cerita Rakyat India : Keberuntungan Rokepo

Rokepoo dan ibunya sangat miskin. Mereka tidak memiliki harta sedikit pun. Untuk makan sehari-hari, mereka harus giat bekerja. Biasanya saat berbaring di bawah pohon atau duduk di tepi sungai, Rokepoo akan membayangkan dirinya menjadi kaya.

Suatu sore saat sedang berbaring di bawah pohon, Rokepoo mendengar pembicaraan beberapa orang pedagang. Mereka mengatakan bahwa mereka bisa menghasilkan banyak uang dari penjualan tanduk.

Rokepoo sangat senang mendengar hal itu. Ia teringat pada tanduk usang yang dimiliki ibunya. Rokepoo pun bergegas pulang dan langsung menjual tanduk tersebut. Olala, ternyata harga tanduk tersebut sangat mahal. Dalam sekejap, Rokepoo menjadi orang kaya.

Akan tetapi, kekayaan itu tidak berlangsung lama. Semua harta Rokepoo telah habis untuk membayar utang-utangnya. Rokepoo pun bersedih.

Saat sedang duduk di tepi sungai, tiba-tiba Rokepoo melihat seekor ular yang tertimpa batu. Merasa kasihan, Rokepoo pun menolong ular tersebut. Alangkah terkejutnya Rokepoo saat melihat ular tersebut berubah menjadi seorang perempuan yang sangat cantik.

"Terima kasih banyak, kau telah menyelamatkanku. Terimalah ini. Ini akan berguna untukmu," kata perempuan cantik tersebut sambil memberikan sebuah batu permata.

"Bukankah ini batu permata? Aku menolongmu dengan ikhlas. Aku tidak mau menerima ini. Maafkan aku," ujar Rokepoo, lalu pergi berlalu.

Mata Rokepoo terbelalak saat ia sampai di rumah. Bagaimana tidak? Rumahnya sudah berubah menjadi sebuah istana yang sangat megah, dipenuhi dengan batu permata. Saat ia masuk ke dalam rumah, ia melihat wanita cantik yang tadi ia tolong.

Setelah beberapa lama, akhirnya Rokepoo menikah dengan wanita tersebut. Ia pun hidup bahagia dengan ibu dan istrinya.

Pesan moral dari Kumpulan Cerita Rakyat India : Keberuntungan Rokepo adalah jika membantu teman, bantulah dengan ikhlas tanpa mengharap pamrih.

Dongeng Anak dari India : Lelaki Tua dan Istrinya

Suatu ketika, hiduplah seorang lelaki tua yang bodoh. Ia sudah menikah, namun belum mempunyai anak. Padahal, usia lelaki itu sudah hampir lima puluh tahun.

kumpulan cerita rakyat India

kumpulan cerita rakyat India

Lelaki tua itu tiba-tiba ingin memiliki seorang istri lagi yang muda dan cantik jelita. Tentu saja, istri lelaki tua itu tidak setuju dengan keinginan suaminya. Tapi, lelaki tua itu pandai berkilah. Dengan berat hati, istri lelaki tua menyetujui keinginan suaminya.

Beberapa lama kemudian, lelaki tua itu berhasil mewujudkan keinginannya. Ia menikah dengan wanita muda yang sangat cantik. Ia pun merasa sangat senang.

Namun. apa yang terjadi? Olala, kedua istri itu malah terus bertengkar.

"Dasar perempuan tua yang menjengkelkan." seru istri muda kepada istri tua.

"Aku tidak menjengkelkan. Tapi, kaulah yang sangat ceroboh," balas si istri tua.

Kedua istri lelaki tua tersebut bertengkar hampir setiap waktu. Mereka tidak pernah akur. Mereka pun selalu mengeluh kepada si lelaki tua. Si istri muda selalu mengeluhkan tentang istri tua. Begitu juga dengan si istri tua, ia mengeluhkan tentang kecerobohan si istri muda,

"Aduh, apa yang harus aku lakukan sekarang? Aku kira aku akan bahagia ketika aku memiliki istri yang cantik. Tapi, malah menjadi semakin runyam." pikir lelaki tua tersebut

Lelaki tua hampir putus asa. Ia tidak betah berada di rumah, karena ia harus mendengarkan pertengkaran kedua istrinya. Akhirnya, ia memutuskan untuk menghabiskan hidupnya seorang diri di sebuah hutan yang jauh dari pemukiman. Olala, rupanya di sana ia merasa tenang.

Saat lelaki tua menikmati hidupnya seorang diri, kedua istri si lelaki tua justru merasa sedih. Mereka menyesali perbuatan mereka, yang telah membuat lelaki tua pergi dari rumah.

Pesan moral dari Dongeng Anak dari India : Lelaki Tua dan Istrinya adalah pertengkaran hanya akan membuat hidup tak nyaman. Bersahabat jauh lebih menyenangkan.

Baca juga Cerita Dongeng Anak Sebelum Tidur dari India dan follow kami di facebook https://www.facebook.com/dongengceritarakyat/

 

Video anak islami
author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.