Cerita Dongeng Buat Anak dari Skandinavia : Palu Petir Thor

Ada ribuan cerita dongeng buat anak yang telah kami posting. Namun memang hanya sedikit yang berasal dari Skandinavia. Kali ada salah satu cerita rakyat Skandinavia yang sangat terkenal, bahkan tokoh dalam dongeng ini yaitu dewa thor dijadikan salah satu hero pada film marvel.

Yuk sekarang kita simak bagaimana cerita Thor asli dari cerita rakyat Skandinavia.

Cerita Dongeng Buat Anak dari Skandinavia : Palu Petir Thor Si Dewa Guntur

Ada seorang dewa guntur yang perkasa dan berambut merah. Ia sangat disegani oleh rakyatnya. Dia adalah Dewa Thor yang memiliki palu ajaib. Jika Thor melemparkan palu itu, maka petir akan menggelegar di atas awan.

Thor selalu meletakkan palu ajaibnya di dekat ranjang tidurnya. Suatu pagi, Thor hendak mengambil palunya. Namun, ternyata palu ajaibnya hilang. Thor pun menjadi sangat marah.

Advertising
Advertising

Thor berteriak dan mengamuk. Dewa-dewa lain yang mendengar hilangnya palu ajaib Thor langsung melakukan pertemuan. Mereka kemudian mengutus Dewa Loki untuk meminjam jubah ajaib Dewi Freya.

Setelah mendapat jubah ajaib tersebut, Loki pergi ke sebuah pegunungan es. Loki hendak menemui para raksasa.

“Apa yang kau lakukan di sini?” tanya Thrym, salah satu raksasa begitu melihat Loki.

“Kedatanganku ke sini untuk mencari palu ajaib milik Thor. Apa kau melihatnya?” Loki balik bertanya.

“Hahaha! Palu itu sudah kusembunyikan di dalam bumi, sehingga tak satu pun orang bisa menemukannya. Tetapi, ada satu cara,” jawab Thrym sembari tertawa terbahakbahak.

“Apa itu?” tanya Loki.

“Aku akan mengembalikan palu itu jika Freya bersedia menikah denganku,” jawab Thrym.

Loki pun segera menyampaikan berita ini kepada Thor dan Freya.

“Aku tak akan pernah mau menikah dengan Thrym. Dia raksasa yang jahat!” jawab Freya dengan sengit.

Tiba-tiba, Dewi Heimdall memiliki ide yang bagus. Dia berkata, “Aku punya usul. Bagaimana jika Thor didandani layaknya seorang perempuan yang cantik? Dia juga harus memakai gaun putih dan menutup wajahnya dengan cadar. Dia bisa mendatangi Thrym dan berpura-pura menjadi Freya.”

Tetapi, Thor menolaknya mentahmentah. Penolakan itu justru membuat semua dewa bersemangat untuk mendukung ide Dewa Heimdell. Akhirnya, dengan terpaksa, Thor menyetujuinya. Dengan menyamar sebagai Freya, Thor pergi bersama Loki ke negeri rakasasa.

Thrym yang melihat kedatangan mereka, merasa sangat senang. Ia pun mengajak Thor untuk makan malam bersama. Ya, dia mengira Thor adalah Freya.

Awalnya Thrym merasa heran, karena wanita yang dia cintai makan dan minum dalam jumlah yang banyak. Tetapi, Loki yang pintar langsung berbicara.

“Freya sangat senang karena akan menikah denganmu. sampai-sampai dia tidak bisa tidur semalaman. Dia pun tidak makan beberapa hari,” ujarnya untuk meyakinkan Thrym. Mendengar hal itu. Thrym makin bahagia.

Keesokan harinya, Thrym melangsungkan pernikahan dengan sangat meriah. Lalu Thrym memerintahkan prajuritnya untuk mengambil palu milik Thor. Dia meletakkan palu itu di pangkuan mempelai wanita.

Tiba-tiba, Thor beranjak dan melemparkan cadarnya, “Hahaha! Ini aku, Thor! Dan ini adalah palu ajaibku!” seru Thor sambil memegang palunya.

Cerita Dongeng Buat Anak dari Skandinavia

Alangkah terkejutnya Thrym. Ia bahkan tidak bisa berkata apa-apa. Dalam sekejap, Thor langsung pergi meninggalkan aula bersama dengan Loki yang setia. Mereka pun menemui dewa-dewa yang lain untuk menunjukkan bahwa palu Thor telah kernbali.

Pesan moral dari Cerita Dongeng Buat Anak dari Skandinavia ini adalah mengambil barang yang bukan milik kita itu tidak baik. Ayo, jadilah anak hebat yang selalu berbuat kebaikan.

Baca juga dongeng untuk anak lainnya pada posting kami berikut ini: