Kumpulan Cerita Rakyat Nusantara Terbaik dengan Pesan Moral

Kumpulan cerita rakyat nusantara terbaik yang ada di blog ini semuanya mengandung hikmah yang dapat diambil pelajaran. Selain kumpulan cerita rakyat Indonesia kami juga memiliki ribuan macam macam cerita rakyat dari  seluruh penjuru dunia. Aktifkan notifikasi blog dongengceritarakyat.com agar anda selalu mendapatkan notifikasi dongeng atau cerita rakyat terbaru.

Kumpulan Cerita Rakyat Nusantara : Hadiah dari Pemuda Miskin

Pada zaman dahulu, hiduplah seorang pemuda yang miskin. Namun, karena ia pemuda yang sangat jujur, ia pun disukai banyak orang. Tak hanya itu, ia juga sangat rajin bekerja untuk mencukupi kebutuhan hidupnya. Tak pernah sekalipun ia merasa lelah.

Hingga pada suatu hari, si pemuda mendapat tawaran bekerja di kedai minum teh.

"Apakah kau mau bekerja di tempatku? Aku sedang membutuhkan seseorang untuk membantuku di kedaiku," ujar pemilik kedai.

"Benarkah? Tentu saja aku mau," sahut si pemuda, kegirangan.

"Terima kasih," kata pemilik kedai.

"Justru akulah yang harus berterima kasih, karena kau sudah membantuku," kata pemuda.

Si pemuda pun bekerja di kedai minum teh tersebut dengan penuh semangat. Ia sangat bersyukur, karena sekarang ia memiliki pekerjaan tetap. Tentunya, hal itu akan sangat membantunya untuk mencukupi kebutuhan hidupnya.

Namun, lama-kelamaan, si pemuda merasa tidak enak hati terhadap pemilik kedai. Ia tidak ingin terus merepotkan pemilik kedai. Ia pun memutuskan untuk pergi merantau ke kota.

"Mengapa kau pergi? Aku tidak merasa direpotkan olehmu. Aku justru senang karena kau telah membantuku," ujar si pemilik kedai, berharap si pemuda tidak pergi.

"Terima kasih untuk semua bantuanmu. Tapi, maafkan aku. Aku harus pergi," kata si pemuda. Ia lalu memberikan sebuah patung burung merak kepada pemilik kedai sebagai hadiah.

Dengan penuh haru, mereka berdua akhirnya berpisah. Namun pada suatu malam, pemilik kedai bermimpi bertemu dengan si pemuda.

"Tepukkan tanganmu sebanyak tiga kali di depan patung burung merak, dan lihatlah apa yang terjadi. Jangan lupa, kau juga harus memperlakukannya dengan baik." kata si pemuda dalam mimpinya.

Keesokan harinya, pemilik kedai melakukan pesan si pemuda dalam mimpinya. Ajaib! Tiba-tiba, patung burung merak itu hidup. Pemilik kedai pun terkejut, sekaligus merasa senang. Apalagi, burung merak itu ternyata sangat pandai menari. Kedai miliknya pun semakin banyak pengunjung. Ya! Banyak yang tertarik ingin melihat burung merak penari.

"Terima kasih untuk hadiah yang indah ini," kata pemilik kedai dalam hatinya.

Pesan moral yang dapat diambil dari Kumpulan Cerita Rakyat Nusantara : Hadiah dari Pemuda Miskin adalah orang jujur akan selalu diterima, di mana pun ia berada.

Cerita Rakyat Nusantara Singkat : Raja Singa Dan Seekor Domba

Hari ini, Raja Singa akan berkeliling hutan. Ia ingin melihat keadaan rakyatnya, apakah mereka aman atau tidak.

Tiba-tiba, Raja Singa mendengar suara rintihan. Ternyata itu adalah suara si Domba yang kakinya sedang sakit. Olala, Domba tertimpa sebuah pohon. Dengan sekuat tenaga, Raja singa pun menolong si Domba. Ia mengangkat batang pohon tersebut.

"Terima kasih baginda, engkau telah menolongku," ujar Domba.

Kumpulan Cerita Rakyat Nusantara Terbaik
Kumpulan Cerita Rakyat Nusantara Terbaik

Raja Singa tersenyum. Tapi, keadaan si Domba sangat memprihatinkan. Raja Singa pun bergegas membawa si Domba ke istananya. Betapa senangnya si Domba, karena baru kali ini ia menginjakkan kakinya di istana.

"Anggap raja seperti rumahmu sendiri. Aku akan memanggil dokter Kucing untuk mengobati lukamu," kata Raja Singa dengan bijak.

"Baik, baginda," ucap Domba dengan penuh hormat.

Tak lama kemudian, datanglah dokter Kucing lengkap dengan peralatannya. Ia pun segera mengobati luka di kaki si Domba. Seketika, Domba mengerang kesakitan saat kakinya ditetesi beberapa obat. Namun, beberapa menit kemudian, ia sudah merasa jauh lebih baik.

"Terima kasih, dokter Kucing. Kau memang dokter yang handal." kata Domba.

"Tentu," jawab dokter Kucing.

Tak terasa, sudah satu bulan si Domba tinggal di istana Raja Singa. Ia menjadi semakin gemuk karena Raja Singa memberinya makan rumput hijau yang subur.

"Aku sedang membutuhkan bantuan. Apakah kau bersedia membantuku?" tanya Raja Singa tiba-tiba kepada si Domba.

"Dengan senang hati aku akan membantu engkau, baginda. Engkau telah menolongku dan memberiku makan setiap hari. Apa pun yang kau mau, akan aku turuti," jawab Domba dengan rasa hormat.

"Aku menginginkan daging domba, sudah lama sekali aku tidak memakannya," kata Raja Singa.

Mendengar perkataan Raja Singa, Domba langsung berlari secepat mungkin. Ia sangat kecewa dan sakit hati kepada Raja Singa. Rupanya, selama ini Raja Singa menolongnya karena telah berniat jahat terhadap dirinya. Raja Singa pun marah karena si Domba berhasil lolos.

Hikmah yang dapat dipetik dari cerita rakyat nusantara singkat Singa dan Domba adalah niat jahat tak akan membawa kebahagiaan. Jadi, selalu bersikap baik kepada siapa pun, ya.

Temukan juga cerita rakyat terbaik kami pada posting:

Ikuti juga kami di facebook https://www.facebook.com/dongengceritarakyat/

 

Video anak islami
author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.