Cerita Dongeng Anak Sebelum Tidur dari India

1427 views

Cerita dongeng anak sebelum tidur yang kami terbitkan dihari libur ini adalah dua cerita rakyat India yang cukup populer. Kami akan terus mencari dongeng anak pendek terbaik dari seluruh dunia untuk adik-adiksemua yang ada di seluruh Indonesia.

Cerita Dongeng Anak Sebelum Tidur : Jayamala India

Di sebuah desa, hiduplah sepasang suami istri bernama Jayanath dan Jayamala. Mereka hidup serba kekurangan. Namun, mereka berdua menyayangi satu sama lain, sehingga mereka pun hidup bahagia.

Suatu hari, seorang lelaki yang kaya raya di desa mereka meninggal. Jayanath pun datang melayat. Tiba-tiba, istri dari lelaki tersebut datang kepada Jayanath sambil menangis tersedu-sedu.

"Jayanath, tolonglah putriku. Aku tidak tahu bagaimana nasibnya sekarang setelah ayahnya meninggal. Tapi, yang pasti, ia akan hidup sebatang Kara jika aku meninggal nanti. Tolong, menikahlah dengan putriku. Aku tahu kau orang yang baik," pinta wanita itu dengan terisak-isak.

"Maaf, aku tidak mungkin menikah lagi. Kau tahu bahwa aku sudah menikah dengan Jayamala. Kau juga pernah bertemu dengannya," tolak Jayanath dengan tegas.

Merasa tidak nyaman, Jayanath pun pulang ke rumah. Ia sengaja tidak menceritakan hal itu kepada istrinya. Ia takut Jayamala akan sakit hati.

Keesokan harinya, ketika pergi ke pasar untuk menjual kayu bakar, Jayanath kembali bertemu dengan wanita kemarin. Rupanya, wanita itu belum menyerah. Ia bahkan menawarkan semua harta kekayaannya untuk Jayanath jika ia bersedia menikah dengan putrinya.

Tiba-tiba, Jayanath merasa tergiur. Ia sudah bosan harus terus hidup menderita. Maka, beberapa hari kemudian, Jayanath pun menikah dengan putri kaya raya tersebut.

Betapa sakitnya hati Jayamala ketika mengetahui suaminya menikah lagi. Ia sungguh tidak menyangka jika suaminya akan tega berbuat demikian. Selama ini, Jayamala berpikir bahwa Jayanath sangat mencintainya. Namun sekarang. ia justru menikah dengan wanita lain. Jayanath bahkan meninggalkan Jayamala untuk tinggal di rumah barunya yang megah.

Jayamala lalu pergi ke hutan sambil rnenangis. Tanpa ia sadari, ada raja gajah yang melihatnya. Olala, raja gajah merasa kasihan dengan Jayamala. Ia pun mengangkat Jayamala menjadi ratu di hutan tersebut. Sejak saat itu, Jayamala hidup bahagia sebagai ratu di hutan.

Pesan moral dari Cerita Dongeng Anak Sebelum Tidur adalahjangan pernah menyakiti orang-orang yang menyayangi kita. Sayangilah merekaseperti mereka menyayangi kita.                             

Cerita Dongeng Rakyat : Harimau kena tipu

Pada suatu sore, terlihat seorang lelaki tua sedang berjalan menuju desa tetangga. Ia berjalan dengan pelan. Di tangannya, tampak sebuah tongkat yang digunakan untuk menopang dirinya. Tiba-tiba, ia mendengar suara binatang sedang mengerang dan merintih.

Lelaki tua itu kemudian berhenti. Ia merasa takut, namun juga sangat penasaran. Ia pun memberanikan diri untuk mendekati suara tersebut. Rupanya, ada seekor harimau yang terkurung di dalam sebuah kandang.

dongeng anak sebelum tidur
Cerita dongeng anak sebelum tidur dari India

"Tuan yang baik, kumohon keluarkan aku dari kandang ini. Aku sangat menderita di dalam sini," kata Harimau.

"Tapi jika aku mengeluarkanmu, kau pasti akan menerkamku," tebak lelaki tua itu.

"Tidak mungkin aku akan melakukan hal itu kepadamu, tuan. Aku tahu, kau pasti orang yang baik. Jadi, tolonglah aku," pinta Harimau.

"Aku tidak percaya dengan perkataanmu. Bagaimana mungkin kau akan sebaik itu?" ucap lelaki tua.

Harimau itu pun menangis tersedu-sedu. Ah, dia terlihat sangat kesakitan. Karena merasa tak tega, akhirnya si lelaki tua mengeluarkan Harimau dari kurungan. Saat Harimau sudah keluar, tiba-tiba...

Hap! Olala, harimau itu malah menerkam lelaki tua tersebut.

"Tolong! Tolong!" seru lelaki tua itu.

Tiba-tiba, datanglah seekor serigala. Ia menanyakan apa yang terjadi. Lelaki tua pun mencerimkan semuanya. Serigala itu mulai berpikir, bagaimana cara menolong lelaki tua tersebut.

"Bolehkah aku bertanya kepadamu, Harimau?" tanya Serigala.

"Silakan," balas Harimau.

"Tubuhmu itu kan besar. Lantas, bagaimana caranya kau bisa masuk ke dalam kandang ini? Aku ingin tahu caranya," kata Serigala.

Tanpa merasa curiga, Harimau langsung melompat ke dalam kandang. Serigala pun bergegas menghampiri kandang dan menguncinya. "Semoga harimu menyenangkan," ucap Serigala kepada Harimau seraya berjalan pergi bersama si lelaki tua dengan gembira.

Pesan moral dari Cerita Dongeng Anak Sebelum Tidur adalahjadilah anak yang pintar, agar tak mudah dibodohi orang lain.

Baca juga cerita pendekanak tk pada posting kami kumpulan dongeng singkat

Ikuti juga kami di facebook https://www.facebook.com/dongengceritarakyat/

Video anak islami
author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.