Dongeng tentang Pentingnya Menjaga Kerpercayaan

Pada malam hari ini kami memposting salah satu dongeng tentang betapa pentingnya menjaga amanah atau kepercayaan yang diberikan orang lain. Yuk kita ceritakan dongeng anak ini sebelum si kecil tidur. Pesan moral yang terkandung di dalam cerita akan lebih mudah di serap jika kita menceritakan dongeng sebelum mereka tidur.

Dongeng tentang Kepercayaan : Gembala dan Kambing yang Tanduknya Patah

Seorang tuan yang tinggal di pedesaan memiliki banyak kambing. Tuan itu mempercayakan kambing-kambingnya kepada si Gembala.

“Tolong, jagalah kambing-kambing ini. Bawa mereka ke padang rumput yang lebat,” perintah sang Tuan kepada si Gembala.

“Dengan senang hati, Tuan. Saya akan menjaga kambing-kambing ini dengan baik,” sahut si Gembala dengan penuh keyakinan.

Advertising
Advertising

Tetapi, apa yang dilakukan si Gembala? Olala, ia malah membawa kambing milik tuannya ke padang rumput yang tidak begitu banyak rumputnya. Tanpa sepengetahuan si Gembala, salah satu kambing memisahkan diri dari kawanannya.

Si Gembala sedang asyik bermain bersama kambing-kambing itu. Saat si Gembala menghitung para kambing, ternyata kambingnya kurang satu. Si Gembala pun menjadi panik. Ia segera mencari ke sana kemari.

“Kambing! Kambing! Engkau di mana?” teriak si Gembala.

Beberapa kali si Gembala memanggil kambing, tetapi kambing itu tak juga terlihat. Si Gembala kemudian pergi menyusuri padang rumput yang lebih hijau. Di sana, si Gembala melihat kambing yang terpisah dari kawanannya.

“Hai, kambing! Sedang apa kamu di situ? Ayo, cepat kemari! Hari sudah sore, sudah saatnya kita pulang ke rumah,” teriak si Gembala.

Tetapi, kambing itu tidak menghiraukan si Gembala. Ia masih asyik menyantap rerumputan yang amat hijau. Ya, di padang rumput yang pertama,  rumputnya kurang lebat dan tidak menyegarkan.

Si Gembala pun berteriak untuk kesekian kalinya. Karena teriakannya tidak di gubris si Gembala menjadi sangat marah, akhirnya ia mengambil batu dan melemparkannya ke kepala si kambing.  Batu itu tepat menghantam salah satu tanduk  kambing, sehingga membuat tanduk kambing itu patah seketika.

“Maafkan aku, kambing,” teriak si Gembala sambil mengelus-clus tanduk kambing yang patah. Dia berlutut dun meminta maaf kepada si kambing yang telah ia lukai.

Dongeng tentang Pentingnya Menjaga Kerpercayaan

“Aku mohon, jangan beri tahu hal ini kepada tuanku,” pinta si Gembala.

“Aku tak perlu bersusah payah memberi tahu Tuan. Tanduk ini yang akan berbicara sendiri nantinya,” jawab kambing.

Dengan hati yang amat ketakutan. si Gembala kembali ke rumah sembari menggiring semua kambing milik tuannya. Di perjalanan, si Gembala merasa tidak tenang. Dia menyesal karena telah berbuat salah dan tidak bisa menjaga kambing-kambing dengan baik.

Pesan moral dari Dongeng tentang Pentingnya Menjaga Kerpercayaan ini adalah jagalah kepercayaan orang lain sebaik baiknya. Kepercayaan yang bisa kamu jaga akan membuat kamu di percaya.

Baca juga cerita rakyat tentang kepercayaan dan lainnya seperti: