Kumpulan Cerita Dongeng Untuk Tidur dengan Pesan Positif

Advertisements

Cerita dongeng untuk tidur kali ini mengandung pesan moral positif untuk diambil pelajaran. Oleh karena itu Ayah dan Bunda jangan bosan-bosan meluangkan waktu untuk bercerita sebelum si kecil tidur. Sebagai referensi dan sumber, di blog ini banyak cerita pengantar tidur yang telah kami posting, dan semuanya memiliki amanat moral didalamnya.

Koleksi Cerita Dongeng Untuk Tidur dengan Amanat Moral Positif

Dongeng Untuk Tidur : Putri Ikan

Seorang pemuda tampak tengah mencari ikan di sungai. Ia merasa sangat gembira saat melihat seekor ikan mas. Ikan mas itu pun ditangkap oleh pemuda itu, dan dibawanya pulang.

"Beruntungnya aku hari ini. Malam ini aku bisa makan enak," ucap si pemuda.

Mengetahui si pemuda akan memasaknya. ikan mas menunjukkan wajah yang sedih. Pemuda menyadari hal itu. Ia pun tak tega untuk memasak ikan mas.

"Ah, lebih baik aku pelihara saja ikan mas ini. Kasihan bila aku memasaknya," ujar si pemuda.

Advertisements

Ikan mas dimasukkan di sebuah kolam. Setiap hari si pemuda memberinya makan. Lambat laun, pemuda itu sangat menyayangi ikan mas.

"Kasihan sekali pemuda itu. Ia membanting tulang seorang diri. Aku harus membantunya," ucap ikan mas.

Tiba-tiba... Cliing!

Olala, ikan mas berubah menjadi putri yang sangat cantik. Tanpa sepengetahuan si pemuda, Putri Ikan menyiapkan makanan untuk si pemuda.

Pemuda yang tak tahu hal tersebut pun merasa heran. Bagaimana tidak? Saat ia pulang, sudah tersedia makanan lezat di rumahnya.

Berhari-hari, Putri Ikan menyiapkan makanan untuk si pemuda. Hal itu membuat si pemuda menjadi semakin penasaran.

Advertisements

"Aku akan melihat, siapa yang memasak untukku," ucap si pemuda.

Pagi hari, si pemuda pergi bekerja. Tapi, ia tak benar-benar pergi bekerja. Ia langsung kernbali ke rumah dan mengintai secara diam-diam.

Betapa terkejutnya si pemuda saat melihat ikan mas berubah menjadi seorang putri. Apalagi, ternyata putri itu yang memasak untuk si pemuda. Pemuda yang takjub pun langsung masuk ke dalam rumah.

Tentu saja Putri Ikan kaget saat si pemuda menegurnya. Ia hendak berubah menjadi ikan kembali, tapi terlambat.

Si pemuda sudah mencegahnya. Rupanya, si pemuda jatuh hati kepada Putri Ikan. Ia pun meminta Putri Ikan untuk menikah dengannya. Alangkah senangnya Putri Ikan.

Ternyata, Putri Ikan adalah putri yang dikutuk. Ia akan kembali menjadi manusia sempurna saat ada orang yang tulus mencintainya. Berkat cinta si pemuda, Putri Ikan kembali menjadi manusia dan tidak berubah menjadi ikan lagi. Ia pun hidup bahagia bersama si pemuda.

Pesan moral dari dongeng untuk tidur ini adalah kekuatan kasih sayang sungguh luar biasa. Ayo, saling mengasihi dan jangan saling membenci.

Cerita sebelum tidur terkait lainnya

Advertisements

Fabel Persahabatan Tupai dan Ikan Gabus

Persahabatan antara Ikan Gabus dan Tupai sangatlah erat. Mereka saling membantu satu sama lain. Bila Tupai kesusahan, Wan Gabus akan membantunya. Begitu pun sebaliknya. Suatu hari, Ikan Gabus jatuh sakit Ia tak mau makan apa pun. Tupai yang sangat dekat dengannya pun menjadi khawatir.

"Kau ingin makan apa, Ikan Gabus? Aku akan mencarikannya untukmu," tanya Tupai.

"Aku ingin memakan hati Ikan Yu, Tupai," jawab Ikan Gabus.

Mendengar jawaban Ikan Gabus, Tupai menjadi bingung. Ikan Yu adalah ikan yang sangat besar, ganas, dan kuat. Ia tinggal di laut. Jangankan meminta hatinya, mendekat saja pasti langsung dilahap.

Berhari-hari Tupai berpikir, bagaimana caranya mengambil hati Ikan Yu. Namun, semakin lama Tupai berpikir, sakit Ikan Gabus juga menjadi semakin parah.

"Aku harus cepat bertindak," ucap Tupai.

Tupai pun pergi ke laut. Ia memanjat pohon, melompat dari satu pohon ke pohon lain. Bukan perjalanan yang mudah untuk sampai ke laut. Tapi, akhirnya ia sampai juga di laut.

Di tepi laut ada banyak pohon kelapa. Tupai duduk termenung di salah satu pelepah daun kelapa, sambil menyaksikan Ikan Yu yang berenang di tengah laut.

"Apa yang harus aku lakukan?" ucap Tupai.

Alla! Tupai mempunyai ide. Ia mengambil satu buah kelapa, melubangi, dan memasukinya. Kelapa itu ia bawa ke tepi pantai, agar terbawa ombak. Ombak besar pun seketika membawa kelapa berisi Tupai itu ke tengah laut, tempat Ikan Yu berenang.

Hap!

Cerita Dongeng Untuk Tidur

Ikan Yu langsung melahap buah kelapa yang di dalarnnya ada Tupai. Begitu kelapa itu masuk ke dalam perut, Tupai keluar dari dalam kelapa. Ia bergegas mengambil hati Ikan Yu. Ikan Yu pun kesakitan. Ia terdampar ke pantai. Saat itulah, Tupai keluar dari perut Ikan Yu.

Tupai pulang dengan riang. Ia langsung memberikan had Ikan Yu kepada ikan Gabus. Ikan Gabus pun ikut senang.

"Terima kasih, Tupai. Kau telah menolongku," ucap Ikan Gabus.

Beberapa hari setelah itu, Ikan Gabus sembuh. Ia dan Tupai pun bisa bermain bersama lagi. Ya! Hidup mereka sangat bahagia, karena mereka saling melengkapi dan membantu satu sama lain.

Pesan moral dari adalah kita harus tolong-menolong dengan teman kita. Dengan begitu, hidup kita akan selalu bahagia.

Posting terkait dengan artikel dongeng tidur

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.