Dongeng Binatang Kancil Bersama Kambing Dan Rusa

1697 views

Kisah dongeng binatang kancil bersama kambing dan rusa akan menjadi dongeng pengantar tidur kita di malam hari ini. Dongeng kancil memang selalu menarik untuk diketahui. Kancil yang pandai namun kadang usil memang selalu ditunggu-tunggu. Yuk kita baca cerita kali ini hingga habis.

Kumpulan Dongeng Binatang Kancil :  Kisah Kambing Dan Rusa

Suatu hari, di sebuah hutan sebelah selatan dan utara dipisahkan oleh sebuah sungai yang mengalir diantara dua bukit. Penghubung antara kedua bukit tersebut adalah sebuah jembatan. Namun, jembatan itu sangat kecil dan hanya mampu dilewati oleh satu hewan. Tidak banyak hewan yang berani untuk melewati jembatan tersebut. biasanya, hewan-hewan memilih melewati sungai yang berada tepat dibawah bukit.

Namun, pada hari. Dua hewan yang bersamaan akan menyebrangi jembatan kecil terseut. Hewan tersebut adalah Kambing dan Rusa. Kambing sangat tergesa-gesa untuk mengunjungi kakaknya yang sedang sakit. Sedangkan Rusa, ia pun terburu-buru untuk menghandiri sebuah pesta.

‘’ Rusa, cepatlah menyingkir. Aku akan melewati jembatan ini terlebih dahulu!’’ ujar Kambing.

‘’ Tidak, aku sudah tiba disini tersebih dahulu. Sebaiknya kau saja yang menyingkir.’’ Jawab Rusa.

Keduanya sama sekali tidak ada yang mengalah, keributan tersebut terdengar oleh si Kancil. Kancil pun langsung menghampirinya Kambing dan Rusa yang sedang asik berdebat diujung jembatan.

‘’ Ada apa? Keributan kalian terdengar sampai dibawah bukit ini.’’ Tanya Kancil.

Akhirnya, keduanya menceritakan kejadian tersebut. akhirnya, Kancil pun menengahi keduanya.

‘’ Rusa, mengalahlah sebentar. Biarkan Kambing lewat terlebih dahulu.’’ Ujar Kancil.

Dongeng Binatang Kancil Bersama Kambing Dan Rusa

Dongeng Binatang Kancil Bersama Kambing Dan Rusa

Namun, Rusa sama sekali tidak mendengarkan apa yang dikatakan Kancil. Ia malah melangkahkan kaki pada ujung jembatan. Keduanya melangkah bersamaan. Namun, mereka berjalan secara berdesakkan hingga sampai ditengah jembatan yang kecil tersebut.

‘’ Cepatlah minggir, Rusa! Aku sangat terburu-buru, kakakku sedang sakit dan aku harus menemuinya terlebih dahulu’’ ujar Kambing.

Rusa sama sekali tidak mendengarkan keluhan Kambing. Tiba-tiba, jembatan tersebut bergoyang. Mereka berdua sangat panik dan ketakutan. Akhirnya, mereka pun memutuskan untuk berbalik arah. Namun, sudah terlambat. Jembatan itu jatuh kedalam jurang. Kambing dan Rusa pun ikut terjatuh dan tidak bisa menyelamatkan diri.

Kancil menyaksikkan kejadian tersebut sangat sedih dan merasa menyesal karena tidak dapat menyelamatkan kedua temannya.

Pesan moral dari Dongeng Binatang Kancil Bersama Kambing Dan Rusa adalah jangan menjadi orang yang egois dan mementingkan diri sendiri. Orang yang egois tidak akan memiliki banyak teman, sehingga sulit untuk berhasil mencapai cita-citanya.

Temukan Kumpulan Fabel Cerita Dongeng Kancil di blog cerita rakyat ini dengan membaca artikel berikut Dongeng Cerita Si Kancil Mencuri Timun

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.