Dongeng Dunia Terpopuler dari Brothers Grimm dengan Pesan Moral

Advertisements

Dongeng dunia terpopuler dari Brothers Grimm sudah banyak sekali kami posting. Beberapa yang paling terkenal adalah cerita Cinderella, dongeng putri tidur, kisah rapunzel serta Dongeng Gadis Berkerudung Merah.

Cerpen anak terbaru kali ini pun berasal dari Grimm Bersaudara, judulnya adalah Sang Nelayan dan Istrinya. Coba adik-adik baca dongeng ini sampai selesai, dan temukan apa hikmah yang bisa kalian petik.

Dongeng Dunia Terpopuler : Sang Nelayan dan Istrinya

Setiap hari, si nelayan memancing ikan di laut. Meski dalam keadaan panas atau dalam keadaan hujan, tanpa mengenal lelah, dia terus memancing. Itu semua ia lakukan agar istrinya bisa makan.

Suatu pagi si nelayan pergi memancing di laut sebelah selatan. Kata nelayan lain, di laut selatan terdapat banyak ikan emas yang besar dan segar. Si nelayan pun dengan semangat membawa semua peralatan memancingnya.

Saat duduk di pinggir lautan, tiba-tiba ada yang tersangkut di pancingannya. Ternyata si nelayan mendapatkan ikan emas yang besar. Tetapi, si nelayan merasa ada yang aneh dengan ikan itu.

Advertisements

Ketika ikan emas itu akan dibawa pulang, tiba-tiba ia bersuara.

"Tolong! Tolong! Jangan bawa aku. Aku ingin tetap berada di laut ini," pinta si ikan emas.

Betapa herannya si nelayan. Mengapa ada ikan yang bisa berbicara? Si nelayan kemudian terdiam sejenak. Karena kasihan, akhirnya si nelayan melepaskan ikan tersebut, dan pulang dengan tidak membawa ikan.

Dongeng Dunia Terpopuler : Sang Nelayan dan Istrinya

Rumah si nelayan sungguh memilukan. Rumahnya begitu sederhana, hanya terbuat dari bambu, dan jika hujan datang, air hujan bisa masuk ke dalam rumah.

"Mana ikan hasil tangkapanmu? Aku ingin segera memasaknya," celetuk sang istri begitu melihat suaminya telah pulang.

"Maafkan aku, istriku. Tadi saat memancing, aku mendapatkan ikan emas yang bisa berbicara. Tetapi karena aku tidak tega, aku lepaskan ikan emas itu," ujar sang suami dengan jujur.

Advertisements

Mendengar hal itu, sang istri menjadi marah.

"Lalu, apa yang akan kita makan hari ini? Kalau begitu, kembalilah ke laut! Bilang kepada ikan itu bahwa kita membutuhkan rumah yang Iebih baik dari yang kita tinggali saat ini," perintah sang istri.

Dengan rasa bersalah, si nelayan pergi ke laut untuk menemui ikan emas ajaib itu. Saat bertemu dengan ikan emas, dia menceritakan keinginan istrinya.

Kemudian, si nelayan pulang ke rumah. Alangkah terkejutnya ia. Istrinya telah menempati rumah yang bagus. Rumah tersebut jauh lebih nyaman, bahkan di sekelilingnya terdapat taman bunga.

Si istri amat senang dengan hal itu. Ia menyuruh suaminya untuk pergi ke laut lagi dan meminta ikan emas ajaib untuk mengabulkan segala keinginannya.

"Kembalilah ke laut. Aku ingin makanan yang enak dan kendaraan yang mewah, agar aku bisa menyusuri dunia yang indah ini," perintah sang istri.

Keesokan harinya, si nelayan pergi ke laut lagi. Ia kembali menceritakan permintaan istrinya kepada ikan emas. Tak lama kemudian, semua yang diinginkan sang istri sudah tersedia di depan rumah.

Advertisements

Sayangnya, sang istri masih belum puas. Untuk kesekian kalinya, ia menyuruh si nelayan pergi ke laut. Ia ingin ikan emas mengubah mereka menjadi orang yang sangat kaya raya.

Kali ini, ikan emas sangat marah. Si istri nelayan benar-benar serakah. Akhirnya, ikan emas mengambil semua yang telah ia berikan kepada si nelayan dan istrinya tersebut. Alhasil, sang nelayan dan istrinya kembali hidup sederhana di rumah yang terbuat dari bambu.

Pesan Moral dari Dongeng Dunia Terpopuler : Sang Nelayan dan Istrinya adalah jadilah orang yang bersyukur.  Orang yang selalu bersyukur tak akan pernah merasa kekurangan.

Baca juga cerita pendek anak lainnya yaitu

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.