Cerita Pendek Anak Beberapa Paragraf Tentang Perjuangan Putri Muafa

Advertisements

Cerita pendek anak beberapa parafraf kami sediakan untuk adik-adik yang mendapatkan tugas sekolah mencari cerita rakyat pendek yang mendidik. Pada cerita pendek legenda ini ada hikmah yang bisa kalian petik. Kami yakin kalian akan suka dengan salah satu contoh cerita anak yang mendidik ini. Selamat membaca.

Cerita Pendek Anak Beberapa Paragraf (Dongeng Pendidikan) : Perjuangan Putri Muafa

Tersebutlah seorang putri yang baik dan sopan bernama Putri Muafa. Ia sering duduk santai di pinggir kolam dan bercerita kepada ikan-ikan kecil tentang apa yang ia alami.

Suatu hari, Putri Muafa sedang bersedih hingga meneteskan air mata.

"Ada masalah apa hingga kamu bersedih seperti ini?" tanya ikan dengan bingung.

"Akhir-akhir ini, banyak rakyatku yang terkena penyakit aneh. Penyakit itu hanya menyerang ketika fajar tiba. Apabila matahari telah muncul, penyakit itu hilang. Hal itu berulang terus setiap harinya," jawab Putri Muafa.

Advertisements

"Sudahlah, Putri Muafa. Jangan terlarut dalam kesedihan. Aku yakin, pasti kau akan menemukan jalan keluarnya. Tersenyumlah, Putri," hibur ikan.

Hari pun beranjak malam. Terlihat Putri Muafa tengah berdiri di tepi jendela kamar. Tak lama kemudian, rasa kantuk menyerang Putri Muafa, membuatnya langsung tertidur pulas. Rupanya ia bermimpi dalam tidurnya.

"Putri yang cantik, pergilah ke desa Lamasyhur. Di sana kau akan mendapatkan jalan keluar untuk masalah negerimu," terdengar suara dalam mimpi sang putri.

"Di manakah desa itu, dan siapakah kau?" tanya Putri kepada suara misterius tersebut.

Namun, suara itu tak menjawabnya. Putri sontak terbangun.Ternyata hari sudah pagi.

Sang putri segera menceritakan mimpinya kepada penasihat istana. Akhirnya, mereka memutuskan untuk pergi ke desa Lamasyhur. Namun, mereka bingung karena mereka belum pernah mendengar nama desa tersebut.

Advertisements

Putri Muafa lalu menemui ikan-ikan kecil di kolam. Ia pun menceritakan mimpinya dan rencananya untuk pergi ke desa Lamasyhur. Namun, karena tak tahu di mana desa itu berada, hingga kini ia belum juga pergi.

Cerita Pendek Anak Beberapa Paragraf Putri Muafa

Betapa bahagianya Putri Muafa ketika ikan-ikan kecil itu ternyata mengetahui letak desa Lamasyhur. Maka, berangkatlah Putri Muafa beserta pengawalnya dan penasihatnya ke desa Lamasyhur.

Setibanya di desa Lamasyhur, putri langsung menceritakan kejadian yang dialami rakyatnya Sesepuh desa tersebut mengatakan bahwa rakyat Putri Muafa terkena penyakit aneh dan hanya bisa disembuhkan oleh ramuan yang dibuat sesepuh desa itu. Dengan cekatan, sesepuh desa pun membuat banyak ramuan.

Tak lama kemudian, Putri Muafa telah kembali ke istana. Semua rakyatnya diundang ke istana. Putri Muafa menjelaskan semuanya sebagaimana yang dijelaskan sesepuh desa Lamasyhur.

Bersama dengan rakyatnya, Putri Muafa meminum ramuan yang diberikan sesepuh desa Lamasyhur. Sungguh ajaib! Penyakit itu langsung lenyap. Kini, seluruh rakyat Putri Muafa telah terbebas dari penyakit aneh.

Advertisements

Putri Muafa pun hidup bahagia bersama rakyatnya.

Pesan moral dari Cerita Pendek Anak Beberapa Paragraf ini adalah jangan pernah berputus asa, sebab selalu ada jalan keluar untuk setiap masalah. Yakin jika kami memiliki niat yang baik serta tekad yang kuat, maka Tuhan akan membantumu dengan memberikan jalan keluar untuk setiap masalah.

Baca juga dongeng terkait kami lainnya yaitu:

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.