Cerpen Pendek Anak : Dongeng Gadis Berkerudung Merah

Advertisements

Dongeng gadis berkerudung merah adalah salah satu dongeng Brothers Grimm yang sangat terkenal. Cerita ini sudah dibuat banyak buku dongeng dan bahkan sudah di buat film nya dalam berbagai versi. Kami yakin adik-adik akan suka dengan cerita pendek gadis berkerudung merah ini. Selamat membaca.

Cerpen Pendek Anak Brothers Grimm : Dongeng Gadis Berkerudung Merah

Pada suatu pagi yang cerah, terlihat burung-burung bernyanyi, mengiringi kegembiraan yang terpancar dari paras cantik si gadis kecil. Rupanya, hari ini adalah hari ulang tahun si gadis kecil. Ia tampak begitu ceria dan bersemangat.

"Ibu, hari ini adalah hari yang aku tunggu-tunggu. Apa Ibu lupa?" tanya si gadis dengan penuh harap kepada ibunya.

"Ibu tidak lupa, sayang. Hari ini kamu berulang tahun. lbu sudah menyiapkan kado untukmu," jawab ibu si gadis kecil dengan lembut.

"Benarkah, Bu? Lalu, dimana kado itu Ibu simpan?" tanya si gadis yang sudah tak sabar menerima kadonya.

Advertisements

"Sebentar, sayang. Ibu sedang membuatkan kue untukmu dan untuk nenek yang sedang sakit," kata ibu si gadis kecil sambil tersenyum.

Beberapa menit kemudian, sang ibu mengajak si gadis ke kamar. Ternyata, di sanalah kado si gadis disimpan.

"Ayo, ikut lbu. lbu sudah siapkan kado terindah untukmu di kamar," ajak sang ibu.

Dengan rasa penasaran, si gadis mengikuti ibunya ke kamar. Di sana, ia melihat sebuah bingkisan berwarna merah. Dengan perasaan yang amat senang, si gadis Iangsung membuka kado tersebut.

Ternyata isinya adalah sebuah ke rudung berwarna merah. Ibu sengaja mernilih warna merah karena ia tahu warna kesukaan putrinya adalah merah.

"Terima kasih, lbu. Aku menyukai kerudung merah ini. Akan aku pakai setiap hari," ucap si gadis kecil sambil memeluk ibunya. Sejak saat itu, si gadis kecil dijuluki sebagai gadis berkerudung merah.

Advertisements

Sore harinya, si gadis berkerudung merah disuruh oleh ibunya untuk pergi mengunjungi neneknya yang sedang sakit. Karena gadis berkerudung merah adalah gadis yang penurut, dia segera pergi menemui sang nenek dengan membawa kue yang sudah dibuat ibunya.

"Kamu harus berhati-hati, sayang. Jangan bicara dengan orang yang tidak kamu kenal," pesan sang ibu kepada si gadis. Jalan menuju rumah nenek memang cukup berbahaya, bahkan banyak binatang buas di sana.

"Balk, lbu. Aku akan berhati-hati dan mengingat pesanmu," ucap si gadis berkerudung merah.

Si gadis berkerudung merah begitu menikmati perjalanannya menyusuri hutan. Meskipun sendirian, dia tetap merasa senang. Ia pun melangkah dengan riang sembari menyanyi.

Saat di tengah hutan, tiba-tiba muncul seseorang dari balik pohon.

"Hai gadis berkerudung merah yang manis, hendak ke manakah engkau?" tanya orang tersebut kepada si gadis berkerudung merah.

Cerpen Pendek Anak Dongeng Gadis Berkerudung Merah

"Aku akan menjenguk nenek yang sedang sakit," jawab si gadis berkerudung merah. Ah, si gadis lupa dengan pesan ibunya untuk tidak berbicara dengan orang yang tidak dikenal.

Advertisements

Tak lama kemudian, si gadis sampai di rumah neneknya.

"Engkau di mana, Nek?" seru gadis kecil itu begitu masuk rumah.

"Aku di kamar," balas suara dari kamar sang nenek.

Tapi, bukan sang nenek yang berbicara, melainkan serigala yang menyamar menjadi nenek gadis kecil itu. Ya, serigala itulah yang berbicara dengan si gadis berkerudung merah di hutan.

Gadis berkerudung merah Iangsung ke kamar neneknya. Ia merasa ada yang aneh dengan sosok di ranjang neneknya itu.

"Nenek, kenapa matamu terlihat Iebih besar dari sebelumnya? Apakah itu karena sakitmu?" tanya gadis berkerudung merah.

"Mataku Iebih besar agar aku bisa Iebih jelas melihatmu," jawab serigala.

"Kenapa telingamu juga terlihat lebih besar?" tanya gadis itu kembali.

"Telingaku Iebih besar agar aku bisa Iebih jelas mendengar perkataanmu," kata serigala.

“Kenapa gigimu pun terlihat lebih besar?" tanya gadis itu lagi.

"Gigiku lebih besar agar aku bisa lebih mudah memangsamu!" seru serigala yang hendak menangkap gadis kecil itu.

Gadis kecil itu segera berlari keluar rumah. Serigala pun mengejarnya. Gadis kecil itu berteriak meminta tolong.

Untunglah, ada seorang pemburu yang kebetulan lewat. Ia bergegas menghampiri gadis kecil itu. Gadis kecil itu pun menceritakan semuanya. Pemburu Iangsung mengejar serigala tersebut. Serigala yang melihat kedatangan pemburu, seketika lari dan kabur ketakutan.

Gadis kecil itu kembali masuk ke rumah neneknya. Ia mencari neneknya yang belum ia temui.

"Semoga nenek masih hidup." ucap gadis kecil itu.

Rupanya serigala menyembunyikan nenek gadis itu di lemari. Tak membutuhkan waktu lama, gadis kecil itu berhasil menemukan si nenek.

"Nenek tidak apa-apa?" tanya gadis kecil itu.

"Aku tidak apa-apa. Serigala itu hendak memakanku. Tetapi, ia mengatakan akan memakanmu terlebih dahulu, lalu aku akan dijadikan hidangan penutup baginya." ujar si nenek dengan perasaan lega.

"Serigala itu sudah dikejar pemburu, Nek," kata gadis kecil itu.

Gadis kecil itu memeluk neneknya. Mereka berdua akhirnya selamat dari serigala yang jahat.

Pesan moral dari dongeng gadis berkerudung merah adalah ingatlah selalu nasihat orangtuamu jika tak ingin celaka.

Itulah dia cerita gadis berkerudung merah. Apakah kalian suka dengan cerpen pendek kami kali ini? Jika suka subscrite channel kami dam follow kami di facebook yah teman-teman.

Baca juga cerpen terbaik kami lainnya yaitu

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.