Dongeng Cerpen Cinderella Singkat Bahasa Indonesia Paling Seru

Advertisements

Dongeng cerpen Cinderella merupakan cerita anak dunia yang amat sangat terkenal. Dongeng Cinderella sudah di terjemahkan ke dalam berbagai bahasa, salah satunya adalah bahasa Indonesia. Kali ini kembali kami sajikan cerita Cinderella pendek untuk adik-adik di seluruh penjuru Nusantara

Cerpen Dongeng Cinderella Bergambar Bahasa Indonesia
Cerpen Dongeng Cinderella Bergambar Bahasa Indonesia

Dongeng Cerpen Cinderella Singkat Terpopuler

Yuk kita baca sampai selesai dongeng dunia yang sangat terkenal ini

Dongeng Cerpen Cinderella Singkat

Cinderella Tinggal Bersama Ibu dan Dua Saudara Tiri

Pada zaman dahulu kala di sebuah negeri yang jauh disana, hidup seorang gadis cantik bernama Cinderella.

Ia tinggal bersama kedua saudara tiri dan seorang ibu tiri. Mereka sama sekali tidak menyukai Cinderella. Cinderella selalu disuruh untuk melakukan banyak hal. Mulai dari memasak, mencuci, mengepel, dan semua pekerjaan rumah lainnya dilakukan oleh Cinderella seorang diri.

Karena terus bekerja, Cinderella hanya bisa berteman dengan tikus-tikus yang bersembunyi di rumahnya. Tikus-tikus itu takut akan diburu oleh kucing peliharaan sang ibu tiri.

Advertisements

Suatu hari, seorang pengawal dari kerajaan datang ke desa. Ia mengumumkan, bahwa akan diadakan pesta untuk mencari calon istri untuk pangeran. Hal itu membuat semua gadis di desa merasa senang, termasuk Cinderella. Namun, kedua saudara tiri dan ibu tirinya tak suka jika Cinderella mengikuti pesta itu.

Ketika malam pesta tiba, ibu tiri memberikan Cinderella banyak sekali pekerjaan. Tentu saja, agar Cinderella tak sempat datang ke pesta itu. Namun, Cinderella sudah bertekad, ia akan tetap datang ke acara itu. Semua pekerjaannya pun diselesaikan dengan cepat.

"Ini adalah acara kerajaan. Apakah kau akan pergi menggunakan baju usangmu?" ejek ibu tiri.

Cinderella menjadi sedih. Apa yang dikatakan ibu tirinya memang benar, Ia tak mungkin datang ke pesta itu dengan bajunya yang usang. Akhirnya, kedua saudara tiri dan ibu tirinya pergi tanpa Cinderella. Cinderella pun hanya bisa menangis sedih di halaman belakang rumah.

Sementara itu, di istana, sedang berlangsung pesta untuk mencari calon istri untuk pangeran. Namun, tampaknya tak ada satu pun gadis yang mampu menarik perhatian pangeran. Begitu pun dengan kedua saudara tiri Cinderella, mereka tak mampu membuat pangeran tertarik.

Pesta Pangeran di Istana

Cinderella masih menangis di belakang rumah.Tiba-tiba...

Advertisements

Clingg! Olala, air matanya berubah menjadi peri.

"Mengapa kau bersedih, Cinderella?" tanya peri.

Cinderella pun menjelaskan semuanya. Mendengar penjelasan Cinderella, peri menjadi kasihan. Ia pun berniat membantu Cinderella.

"Ambillah satu buah labu, dan panggillah teman-teman tikusmu," pinta peri.

Tanpa membuang waktu, Cinderella menuruti perintah peri. Dengan tongkat ajaibnya, peri mengubah labu menjadi kereta kuda yang sangat indah. Sedangkan para tikus, diubah menjadi pengawal. Cinderella sendiri, diubah menjadi seorang putri. Sungguh, Cinderella terlihat sangat cantik. Ia mengenakan gaun yang sangat indah dan sepatu kaca.

Advertisements

"Ingat, Cinderella. Sihirku hanya bertahan sampai tengah malam. Jadi, sebelum jam dua belas malam kau harus pulang," pesan peri saat melepas kepergian Cinderella.

Cinderella menggangguk mengerti. Ia langsung berangkat ke istana pangeran menggunakan kereta labunya. Sesampainya di istana, pangeran melihat Cinderella.

"Cantik sekali gadis itu," gumam pangeran.

Pangeran berjalan mendekati Cinderella. Olala, ia mengajak Cinderella berdansa. Alangkah senangnya Cinderella. Ia pun berdansa dengan pangeran.

Tak terasa, waktu menunjukkan hampir jam dua belas malam. Saat jam dua belas malam, jam di istana berdentang kencang. Cinderella seketika ingat dengan pesan peri. Ia pun berpamitan kepada pangeran.

Pangeran berusaha mencegah Cinderella. Tapi terlambat, Cinderella sudah berlari kencang ke kereta labunya. Namun, ketika berlari, tanpa sengaja satu sepatu kaca Cinderella terjatuh. Pangeran pun memungut sepatu kaca itu, dan menatap kepergian Cinderella dengan sedih.

Setelah acara pesta dansa itu, pangeran menjadi pemurung. Ia sedih karena tak bisa menemukan gadis yang dicintainya, yang tak lain adalah Cinderella. Mengetahui kesedihan pangeran, raja pun membuat sayembara. Barang siapa yang ukuran kakinya pas dengan sepatu kaca, dialah gadis yang dicari.

Pangeran ditemani para pengawal, datang ke rumah-rumah penduduk yang memiliki anak gadis. Tapi, dari sekian banyak gadis yang mencoba sepatu kaca, tak ada satu pun gadis yang memiliki ukuran kaki pas. Pangeran hampir putus asa.

Pangeran memasuki rumah terakhir, yaitu rumah Cinderella.Tentu saja, ibu tiri dan kedua saudara Cinderella tak mengizinkan Cinderella mencoba sepatu kaca. Mereka memberikan Cinderella banyak pekerjaan di belakang rumah. Dengan begitu, pangeran tak tahu jika di rumah itu ada gadis lain.

Kedua saudara tiri Cinderella pun mencoba sepatu kaca itu.Tapi, tetap saja tidak pas.

"Ke mana lagi harus mencari gadis itu, Pangeran?" tanya pengawal.

"Aku pun tak tahu. Mungkin kita tak akan bisa menemukan gadis itu," jawab pangeran dengan sedih.

Tiba-tiba, terdengar nyanyian yang sangat merdu dari belakang rumah Cinderella. Pangeran pun penasaran. Ia mencari asal suara itu.

Olala, ternyata yang bernyanyi adalah seorang gadis yang menggunakan pakaian usang.Ya! Dia adalah Cinderella.Tapi, Pangeran tak peduli. Ia ingin Cinderella mencoba sepatu kaca.

Sepatu kaca itu ternyata pas di kaki Cinderella. Begitu Cinderella memakainya, tiba-tiba muncul cahaya putih yang menyilaukan. Wah, Cinderella berubah menjadi putri! Ia sama persis dengan putri yang tempo hari berdansa dengan pangeran. Pangeran pun kaget sekaligus bahagia.

"Kaulah gadis yang aku cari selama ini," ucap pangeran.

Cinderella membenarkan perkataan pangeran. Akhirnya, ia menikah dengan pangeran. Cinderella dan pangeran pun hidup bahagia di istana.

Pesan moral dari Dongeng Cerpen Cinderella Singkat adalah

  • Jadilah anak yang rajin dan baik hati, maka Tuhan akan memberikan jalan keluar untuk semua masalah yang kita hadapi.
  • Jangan suka bersedih, kawan. Selalu ada jalan keluar untuk masalah yang kau hadapi.
  • Kawan, jangan mudah putus asa. Pasti kita bisa mendapatkan apa yang kita mau, asal kita tidak berputus asa

Cerita dongeng Cinderella Lainnya

Video Dongeng Cinderella

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.