Cerpen Rakyat Singkat dari Amerika Serikat : Warna Bulu Burung

Advertisements

Cerpen Rakyat Singkat yang akan kami ceritakan di malam hari ini berasal dari Amerika Serikat. Judlnya adalah asal muasal warna terang bulu burung. Penasaran dengan kisah lengkapnya? Yuk kita baca dongeng fabel ini hingga selesai.

Cerpen Rakyat Singkat : Warna Terang Bulu Burung

Semua burung yang hidup di hutan berwarna hitam, putih dan hitam putih. Namun, ada seekor ular di hutan itu yang berwarna hijau. Dia terlihat amat gagah.

Suatu pagi, ular itu melata saat melihat beberapa bunga merah di sekitarnya.

"Kraus... Kraus... Kraus..."

Olala, ular itu memakan bunga-bunga yang berwarna-warni. Sesekali, ia melihat ekornya yang perlahan berubah warna. Dia pun terus memakan bunga-bunga dengan amat lahap.

Advertisements

"Wah... Sekarang tubuhku terlihat lebih indah dengan adanya warna lain di tubuhku," ucap si ular.

Saking gembiranya, si ular menari-nari di sekitar hutan. Dia menjadi makin bersemangat dan ceria, karena tubuhnya telah dihiasi warna-warna yang indah.

Kemudian, si ular memakan bunga-bunga lain. Tubuhnya pun berubah lagi. Ada banyak bercak merah, biru, dan kuning. Ular itu sangat senang.

Si ular lalu berteriak, membuat semua burung keluar dari sangkarnya. Burung-burung saling bertanya, apa gerangan yang membuat ular itu berteriak sangat keras.

"Hahaha! Aku adalah binatang tercantik di dunia ini!" desisnya.

Mengetahui warna bunga-bunga berpindah ke tubuh si ular, burung-burung pun marah kepadanya.

Advertisements

"Lihatlah apa yang kamu lakukan! Gara-gara kau, hutan itu menjadi tidak indah lagi!" seru burung-burung.

Ular itu hanya terdiam. Seketika, muncul perasaan bersalah pada dirinya. Si ular pun pergi merayap menjauh. Di bawah pohon besar, dia mengguncangkan tubuhnya hingga kulitnya robek. Kulit si ular pun kembali berwarna hijau. Dia lalu pergi meninggalkan kulitnya yang berwarna-warni.

Tak lama kemudian. burung-burung menemukan kulit ular itu. Mereka mematuk kulit itu dengan paruh mereka, kemudian meletakkan kulit itu ke tubuh dan sayap mereka.

Cerpen Rakyat Singkat Warna Terang Bulu Burung
Cerpen Rakyat Singkat Warna Terang Bulu Burung

Olala, kini tubuh burung-burung yang berubah. Ada yang berwarna merah, ada yang berwarna biru, dan ada yang berwarna kuning.

Setiap burung mendapatkan warna yang berbeda, termasuk kolibri yang mungil. Dia mendapatkan warna merah di lehernya dan warna kuning di punggungnya.

Pesan moral dari Cerpen Rakyat Singkat ini adalah jagalah hutan agar tetap indah. Hutan sangat penting bagi kehidupan seluruh makhluk hidup.

Baca juga cerpen terbaik kami lainnya yaitu:

Advertisements
author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.