Dongeng Anak Bergambar Gratis Perancis : Kucing Bersepatu Bot

Advertisements

Kucing bersepatu bot adalah salah satu dongeng anak bergambar gratis yang kami bagikan untuk adik-adik semua. Cerita rakyat bergambar ini sangat terkenal dan sudah banyak buku yang menerbitkan kisah lengkapnya.

Dongeng Anak Bergambar Gratis yang Berasal dari Perancis : Kucing Bersepatu Bot

Suatu ketika, hidup seorang saudagar kaya beserta tiga putranya. Saudagar kaya itu sudah sakit-sakitan. Sebelum ajalnya menjemput, dia ingin mewariskan sesuatu kepada anak-anaknya.

Putra pertama mendapatkan penggilingan padi, putra kedua mendapatkan seekor keledai, dan putra ketiga mendapatkan seekor kucing. Tentu putra pertama dan putra kedualah yang akan mendapat banyak uang dari warisan ayah mereka. Putra ketiga pun berkecil hati. Si kucing yang melihat majikannya bersedih, kemudian memberi usul.

"Tuan, beri aku satu buah karung dan sepatu bot. Aku akan menunjukkan kepadamu, bahwa aku adalah binatang yang berguna." ujar si kucing.

"Benarkah? Bukankah itu hanya akan menghabiskan uangku?" gerutu si putra ketiga.

Advertisements

Tetapi, dia penasaran dengan apa yang akan dilakukan si kucing. Akhirnya, dengan terpaksa, ia mencari satu buah karung dan sepatu bot untuk si kucing. Saat semuanya telah didapat, si kucing segera memakai sepatu botnya.

Dongeng Anak Bergambar Gratis Perancis
Dongeng Anak Bergambar Gratis Perancis

Si kucing lalu mengisi karung itu dengan daun-daun segar. Kemudian, ia membawanya ke tanah lapang dan meletakkan karung tersebut dalam keadaan terbuka. Si kucing lantas segera bersembunyi di semak-semak.

Si kucing pun mengamati karung tersebut. Tiba-tiba, seekor kelinci masuk ke dalam karungnya. Si kucing langsung menutup karungnya, dan membawanya di atas pundak untuk diberikan kepada sang Raja.

"Raja. aku bawakan hadiah untukmu. Hadiah ini dari Marquis de Carabas," ujar si kucing dengan hormat.

Sang Raja pun merasa senang. Ketika membuka karung itu. ia mendapati seekor kelinci di dalamnya. Kebetulan sekali. Raja belum makan. Raja lalu menyuruh pelayannya untuk memasak kelinci tersebut. Semenjak itu, setiap hari, si kucing membawakan hadiah untuk Raja.

Suatu pagi, si kucing melihat Raja pergi bersama anak perempuannya dengan menunggangi kereta kuda. Si kucing pun bergegas menghampiri putra ketiga.

Advertisements

"Tuan, ayo cepatlah, ikut denganku ke sebuah danau. Lepaskan pakaianmu dan segera melompat ke dalam air. Jika engkau mendengar kereta kuda lewat, berpura-puralah engkau tidak dapat berenang," perintah si kucing. Dengan penuh keheranan, putra ketiga menurutinya.

Tak lama kemudian, kereta kuda itu pun lewat. Si kucing segera berteriak meminta tolong.

"Tolong! Tuanku Marquis de Carabas tak dapat berenang!" teriak si kucing.

Raja pun berhenti dan menyuruh prajuritnya untuk menyelamatkan pria itu.

"Terima kasih atas bantuanmu, Raja," ucap si putra ketiga.

"Mengapa kamu tak memakai pakaian?" tanya sang Raja.

Putra ketiga yang bernama Marquis de Carabas itu hanya diam. Rupanya ia merasa kedinginan.

Advertisements

"Marilah, ikut denganku ke istana. Aku akan memberikanmu sejumlah pakaian," ajak Raja.

Sementara itu, si kucing berlari ke sebuah ladang jagung. Ia menyuruh semua orang untuk melakukan sesuatu. Jika Raja datang dan bertanya siapa pemilik ladang jagung ini, mereka harus menjawab Tuan Marquis de Carabas-lah pemilik tanah ini.

Sesaat kemudian, Raja sampai di ladang jagung itu. Dia bertanya kepada semua orang siapa pemilik ladang jagung itu, dan jawabannya pun sama. Pemilik ladang itu adalah Marquis de Carabas. Sang Raja menjadi sangat gembira. Ia berpikir bahwa Marquis de Carabas adalah seorang yang kaya raya dan pantas untuk menikah dengan putrinya

Sementara itu, putri sang Raja telah jatuh hati kepada Marquis de Carabas yang tampan. Tak lama kemudian, Marquis de Carabas menikah dengan putri sang Raja. Ia pun hidup bahagia bersama kucing pintar kesayangannya.

Pesan moral yang dapat dipetik dari Dongeng Anak Bergambar Gratis Perancis adalah jadilah anak pintar seperti si kucing bersepatu bot maka kamu akan bisa menyelesaikan berbagai masalah. Cara agar kamu menjadi pintar adalah dengan rajin belajar dan banyak berlatih.

Baca juga cerita anak bergambar gratis lainnya yaitu:

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.