Cerita Rakyat Finlandia : Sergevan dan Nenek Tua

Cerita rakyat Finlandia yang kakak ceritakan malam hari ini memberikan satu pelajaran berharga untuk kita. Penasaran dengan pesan moral apa yang terkandung dalam cerita ini? Yuk kita baca dongeng ini sampai selesai.

Dongeng Cerita Rakyat Finlandia : Kisah Sergevan dan Nenek Tua

Di sebuah negeri es, ada seorang pemuda bernama Sergevan. Dia suka berkelana dan berburu rusa.

Suatu hari, Sergevan pergi berburu. Sudah tiga hari dia pergi. Namun, dia belum juga berhasil menangkap rusa. Perbekalannya juga sudah habis.

Sergevan pun terus masuk ke dalam hutan. Dia berharap bisa menemukan rusa. Di dalam hutan, Sergevan justru melihat sebuah gubuk. Di gubuk itu, ada seorang nenek yang hidup sendirian.

"Permisi, Nek. Apakah aku boleh beristirahat di sini?" tanya Sergevan.

"Tentu, masuklah. Kau pasti pemburu. Apakah kau sudah dapat hewan buruan?" kata nenek.

"Belum, Nek. Aku sudah berburu tiga hari, tapi masih belum berhasil menangkap rusa."

"Sebenarnya, di sini banyak rusa tapi kau harus tahu cara menangkapnya. Dulu, ada pemburu yang suka memanggil rusa dengan nyanyiannya. Kemudian, dia mengejar rusa saat angin berhembus di belakangnya, lalu..."

Belum selesai nenek bercerita, Sergevan langsung berlari ke hutan. Tidak lama kemudian, dia kembali lagi ke gubuk itu.

Cerita Rakyat Finlandia

Cerita Rakyat Finlandia

"Aku sudah mengikuti cara seperti yang nenek bilang. Tetapi, aku tetap tidak berhasil menangkap rusa," kata Sergevan.

Nenek itu tertawa sambil berkata, "Kau belum selesai mendengarkan nasihatku. Duduklah dengan tenang, dengarkan nasihatku baik-baik sampai selesai."

Sergevan pun menurut. Dia duduk dan mendengarkan nasihat nenek sampai selesai. Keesokan harinya, dia mencoba berburu lagi. Kali ini, dia berhasil menangkap banyak rusa.

Itulah gunanya mendengarkan nasihat dengan sungguh-sungguh sampai selesai.

Kepribadian yang bisa di petik dari Cerita Rakyat Finlandia : Sergevan dan Nenek Tua adalah mendengarkan nasihat Orangtua. Jika orangtua memberi nasihat, maka kita harus mendengarkan dengan sungguh-sungguh. Nasihat orangtua pasti memberikan kebaikan bagi kita.

Temukan juga posting terbaik kami yaitu Koleksi Cerita Rakyat Sedunia dari Finlandia dan Cina serta Cerita Rakyat India Dan Dongeng Inggris

 

Video anak islami
author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.