Cerita Rakyat India Dan Dongeng Inggris

2934 views

Cerita rakyat India yang Kakak posting saat ini mengajarkan kita untuk menggunakan akal ketika kita dihadapkan dengan masalah. Selain itu ada dongeng Inggris yang menceritakan hal yang sama. Sebagai bonus kakak ceritakan satu cerita rakyat Finlandia tentang pentingnya mendengarkan nasihat orang yang sudah tua.

Cerita Rakyat India : Satu Buah Banyak Manfaat

Cerita Rakyat India Satu Buah Banyak Manfaat

Cerita Rakyat India Satu Buah Banyak Manfaat

Di sebuah desa di India, ada seorang saudagar kaya. Walaupun ia hidup bergelimang harta, tapi ia sangat kecewa pada anaknya yang pemalas dan bodoh.

Suatu hari, istrinya datang menemuinya dan berkata, "Suamiku, anak kita sudah cukup dewasa untuk menikah. la sudah berubah sekarang. la tidak malas lagi. la juga anak yang pintar."

Tapi, saudagar tidak memercayai kata-kata istrinya yang memang selalu membela anaknya. "Kau selalu membela anakmu. Tapi baiklah, untuk memuaskanmu, aku akan menguji anak kita. Berikan padanya uang satu rupee dan suruh ia pergi ke pasar membeli satu barang yang bisa dimakan, satu barang yang bisa diminum, satu barang yang bisa dikunyah, dan satu barang yang bisa ditanam," kata saudagar.

Istri saudagar segera memberikan tugas itu pada anaknya. "Bagaimana aku bisa membeli semua barang itu dengan hanya satu rupee?" pikir anak saudagar.

Saat berjalan di pasar dengan wajah bingung, ia bertemu dengan gadis anak seorang pandai besi. "Apa yang merisaukan hatimu?" tanya si gadis. Anak saudagar pun menceritakan tugas yang diberikan ayahnya.

"Ah, itu mudah. Kau belikan saja semangka," kata si gadis.

"Selain bisa dimakan dan dikunyah, semangka mengandung banyak air dan bijinya bisa ditanam."

Anak saudagar melakukan apa yang dikatakan si gadis dan membawa semangka kepada ayahnya. Saudagar kaget dengan kecerdikan anaknya.

"Sebenarnya anak perempuan pandai besi yang menyuruhku membeli semangka," kata anak saudagar.

Akhirnya, saudagar menikahkan anaknya dengan anak perempuan pandai besi. Sejak saat itu, mereka hidup lebih bahagia. Lalu, anak saudagar mau bekerja dengan keras.

Pesan Moral dari Cerita Rakyat India : Satu Buah Banyak Manfaat adalah jadilah anak yang cerdik dan pintar. Bagaimana cara agar menjadi cerdik dan pintar? Ya, tentu saja dengan rajin dan banyak membaca.

Dongeng Inggris : Beda Bulu dan Sayap

Dongeng Inggris Beda Bulu dan Sayap

Dongeng Inggris Beda Bulu dan Sayap

Induk burung unta dan dua anaknya tinggal di pinggir hutan. Burung unta sangat menyayangi anaknya.

Suatu hari, sepulang dari mencari makanan, burung unta mendapati dua anaknya hilang entah ke mana. la menangis mencari-cari anaknya. Di suatu tempat, ia menemukan jejak kaki singa. "Pasti singa telah mengambil anak-anakku," pikirnya.

la segera mengikuti jejak kaki singa sampai ke sarangnya. la menemukan dua anaknya sedang dijaga oleh singa. "Hei, kembalikan anak-anakku!" kata burung unta.

"Apa maksudmu? Mereka anak-anakku," kata singa.

"Mereka itu burung unta, anakku. Kau kan singa," kata burung unta.

"Oh, begitu," kata singa menggeram menakuti burung unta.

"Cobalah kau cari binatang lain yang setuju denganmu. Jika ada binatang yang berani mengatakan bahwa mereka bukan anakku sambil melihat mataku, aku akan mengembalikan anakmu,” lanjut singa.

Burung unta segera mengundang binatang lain. la menceritakan tantangan singa. Mendengar itu, semua binatang ketakutan dan tidak ada yang berani membantu burung unta.

"Aku akan membantumu," tiba-tiba seekor musang maju ke depan.

“Tapi sebelumnya, maukah kau menggali sebuah lubang menembus bukit itu?" kata musang. Burung unta pun melakukan perintah musang.

Kini, semua binatang sudah berada di hadapan singa. Tapi, tidak ada binatang yang berani mengatakan bahwa anak-anak itu adalah anak burung unta sambil memandang mata singa. Mereka semua takut kepada singa

Kini, tibalah giliran musang. Dengan berani ia menatap mata singa dan berkata, "Anak-anak itu punya sayap, sedangkan kau punya bulu. Maka, anak-anak itu milik burung unta!" Selesai berkata demikian, musang lari dan masuk ke dalam lubang yang dibuat burung unta.

"Beraninya kau," kata singa sambil mengejar musang.

Saat singa mengejar musang, burung unta segera menyelamatkan anak-anaknya. la segera pulang ke rumahnya. Sementara itu, singa tidak bisa masuk dalam lubang untuk menangkap musang. la hanya bisa menunggu di mulut lubang sambil mengaum.

Pesan Moral dari Dongeng Inggris : Beda Bulu dan Sayap adalah Hadapilah lawan yang lebih kuat dengan kepintaranmu. Jangan takut menghadapi permasalahan. Hadapilah dengan tenang dan jangan takut mengatakan kebenaran

Cerita Rakyat dari Finlandia : Sergevan Dan Nenek Tua

Cerita Rakyat dari Finlandia Sergevan Dan Nenek Tua

Cerita Rakyat dari Finlandia Sergevan Dan Nenek Tua

Di sebuah negeri es, ada seorang anak muda yang penuh semangat bernama Sergevan. la suka berkelana dan berburu rusa. Suatu kali, setelah tiga hari berburu dan persediaan makanannya menipis, Sergevan belum mendapatkan seekor rusa pun.

la semakin masuk ke dalam hutan dan menemukan sebuah gubuk. Di dalam gubuk itu hidup seorang nenek tua.

"Kau pasti dari berasal tempat yang jauh sekali. Kau boleh menginap di gubukku malam ini. Apakah kau sudah mendapatkan hewan buruan?" tanya nenek tua.

"Aku tidak menemukan rusa di mana pun," jawab Sergevan.

Lalu nenek tua bercerita, "Sebenarnya di sini ada banyak sekali rusa. Kau hanya perlu tahu bagaimana cara mencarinya. Dulu ada seorang pemburu yang hebat. la suka memancing rusa dengan nyanyiannya. Dan ia mengejar rusa saat angin berembus di belakangnya. ltulah mengapa ia...."

Belum selesai nenek tua berbicara, Sergevan berlari dengan bersemangat menuju hutan. Tidak lama kemudian, ia kembali ke gubuk nenektua. "Ah, nasihatmu tidak bagus. Aku tidak bisa menangkap rusa dengan cara itu," kata Sergevan.

Nenek tua itu pun tertawa dan berkata, "Kau persis seperti pemburu yang aku ceritakan itu. la juga tidak mau mendengarkan nasihatku sampai selesai. Itulah mengapa ia tidak berhasil berburu karena rusa akan lari mendengar nyanyian manusia. Rusa juga bisa mencium bau manusia yang terbawa embusan angin."

"Ohhh, baiklah aku akan berburu lagi," kata Sergevan.

"Jangan sekarang, tunggulah sampai besok," kata nenek tua. Kali ini Sergevan mendengarkan nasihat nenek tua.

Esoknya, ia melaksanakan nasihat nenek tua saat berburu. la pun mendapat hasil buruan yang banyak. Itulah gunanya mendengarkan nasihat dengan penuh perhatian dan sampai selesai

Pesan Moral Cerita Rakyat dari Finlandia : Sergevan Dan Nenek Tua dari adalah mintalah nasihat kepada orang yang ahli. Saat dinasihati orangtua, dengarkanlah dengan seksama sampai selesai agar tidak salah saat melakukannya.

Baca cerita rakyat dari India lainnya pada posting kami sebelumnya yaitu Contoh Cerita Dongeng Rakyat dari India dan Cerita Rakyat Dongeng Untuk Anak Dari India

Video anak islami
author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.