Koleksi Cerita Rakyat Sedunia dari Finlandia dan Cina

Koleksi cerita rakyat sedunia yang kami miliki sangatlah lengkap. Hampir semua dongeng rakyat terbaik dari seluruh negara di dunia ada disini. Kali ini kami memposting cerita rakyat dunia yang berasal dari Finlandia dan Cina. Selamat membaca.

Koleksi Cerita Rakyat Sedunia : Pemburu Dan Nenek (Finlandia)

Ada seorang pemburu yang gemar ekali memburu rusa. Ia memang menyukai daging rusa. Suatu hari, ia mengejar rusa sampai ke dalam hutan. Namun, ia tak berhasil menangkapnya. Sementara itu, hari sudah semakin gelap.

"Aku harus mencari rumah di dekat sini,"ujar Pemburu.

Pemburu melihat sebuah rumah tua di dalam hutan. Ia pun menuju ke rumah itu untuk bermalam. Rupanya, rumah itu milik seorang nenek. Nenek itu mengetahui apa yang Pemburu lakukan di hutan.

"Kau pasti sedang memburu rusa. Lebih baik kau bermalam di rumahku. Besok baru kau teruskan berburu," ucap Nenek.

Pemburu sangat berterima kasih kepada Nenek. Ia lalu bercerita kenapa ia sampai masuk ke dalam hutan. Nenek kemudian berkisah tentang seorang pemburu hebat.

"Dulu, ada seorang pemburu hebat yang tersesat juga. Dia menginap di rumahku. Dia pemburu yang sangat andal. Pemburu itu memburu rusa dengan nyanyiannya yang indah, setelah itu pemburu itu...."

Belum sempat Nenek melanjutkan ceritanya, si Pemburu Iangsung pergi untuk berburu dengan cara yang telah diceritakan oleh Nenek. Alhasil, ia kembali dengan tangan kosong.

"Nenek, aku telah melakukan seperti yang Nenek ceritakan. Tapi, tak seekor rusa pun yang aku dapatkan," ucap pemburu itu.

"Kau belum mendengar seluruh ceritaku, sama seperti pemburu yang dulu kutemui," jawab Nenek.

"Sebenarnya di sini ada banyak sekali rusa. Kalau saja kau memiliki cara jitu, kau pasti akan dengan mudah mendapatkannya. Rusa tidak bisa ditangkap dengan suara merdu. Ia justru akan lari ketakutan. Kau hanya perlu membuat sebuah jebakan. Bisa juga dengan memanahnya dari kejauhan. Kau harus berlatih untuk itu," lanjut Nenek.

Koleksi Cerita Rakyat Sedunia dari Finlandia

Si Pemburu diam. Ia merasa malu dengan Nenek. Harusnya tadi ia mendengarkan nasihat Nenek sampai selesai. Pemburu itu lalu hendak pergi berburu lagi. Ia ingin mencoba mempraktikkan cara yang disarankan oleh Nenek.

Namun Nenek melarangnya, sebab hari sudah terlalu gelap.

"Sebaiknya besok pagi saja kau memburu rusa-rusa itu," saran Nenek.

Pemburu itu menyetujui usul Nenek. Akhirnya ia pun beristirahat di rumah Nenek. Keesokan harinya, pemburu itu kembali berburu. Kali ini ia menerapkan cara berburu seperti yang disarankan oleh Nenek.

Olala... pemburu itu berhasil mendapatkan dua ekor rusa dengan mudah. Rupanya nasihat nenek itu sangat berharga. Pemburu lalu mendatangi rumah Nenek dan memberikan satu rusa untuknya. ltu sebagai ucapan terima kasih atas ilmu yang telah ia dapatkan.

Pesan moral dari Koleksi Cerita Rakyat Sedunia : Pemburu Dan Nenek (Finlandia) adalah ketika orangtuamu sedang memberikan nasihat, dengarkanlah dengan baik sampai selesai. Jangan suka tergesa-gesa agar bisa mengambil kesimpulan yang baik.

Cerita Rakyat Pendek : Lelaki Yang Ingin Hidup Selamanya (Cina)

Ada seorang lelaki yang ingin hidup selamanya. Ia sangat takut mati. Laki-aki itu lalu mencari cara agar dirinya bisa hidup selamanya. Ia pernah mendengar sebuah cerita bahwa ada naga yang bisa hidup selamanya.

"Aku harus mencari naga itu," ucap lelaki tersebut.

Lelaki itu pergi ke sebuah sungai yang merupakan tempat tinggal naga. Ia ingin mengetahui rahasia yang dimiliki naga, bagaimana naga itu bisa hidup selamanya. Lelaki itu lalu berteriak memanggil naga.

"Hei Naga, keluarlah! Aku ingin menanyakan sesuatu padamu!" seru lelaki itu.

Naga pun keluar dari tempat istirahatnya. Ia menemui laki-laki itu.

"Apa yang ingin kau tanyakan padaku?" tanya Naga.

"Aku dengar kau bisa hidup selamanya. Aku ingin sepertimu. Aku juga ingin hidup selamanya," ujar lelaki itu.

Naga menghela napas. Selama ini memang banyak yang menginginkan hal itu. Tetapi, banyak pula orang yang menyesal setelah keinginannya itu tercapai.

"Akan aku bawa kau ke sebuah tempat. Naiklah ke punggungku," ujar Naga.

Naga lalu membawa lelaki itu ke sebuah desa. Desa itu bernama desa abadi. Manusia di sana tidak bisa mati.

Cerita Rakyat Pendek Cina

Cerita Rakyat Pendek Cina

"Kau lihat. Mereka bisa hidup selamanya. Tetapi, kebanyakan dari mereka malah menginginkan kematian. Banyak dari mereka yang meminum racun agar mati. Tetapi, mereka tak kunjung mati. Mereka bosan hidup terlalu lama," kisah Naga.

Lelaki itu melihat banyak orang yang bersedih di desa itu. Ada yang terlihat sangat kurus karena dirinya ingin mati. Ada yang terlihat menangis, menginginkan kematiannya.

Lelaki itu lalu berpikir. Benar apa yang dikatakan oleh Naga. Ia harus menerima apa yang telah Tuhan anugerahkan. Kematian adalah sebuah takdir yang harus diterima. Jadi, ia tak boleh takut, apalagi berusaha menghindarinya.

"Bagaimana, apa kau masih ingin hidup selamanya? Kau bisa menjadi bagian dari mereka jika kau mau," tanya Naga, memastikan.

Lelaki itu menggeleng dengan cepat. Ia ingin kembali ke desanya. Ia tak mau hidup selamanya seperti impiannya selama ini.

"Aku akan menerima apa pun yang terjadi denganku. Rupanya, hidup selamanya pun tidak enak. Aku ingin menjadi diriku sendiri saja. Menerima keadaan yang Tuhan anugerahkan," ujar lelaki itu.

Naga tersenyum mendengar jawaban lelaki tersebut. Naga pun membawa lelaki itu kembali ke tepi sungai. Lelaki itu berterima kasih kepada Naga karena telah menyadarkannya. Sejak saat itu, di negeri Cina, jika manusia bertemu dengan naga, mereka akan mengatakan bahwa mereka tak mau hidup selamanya.

Pesan moral dari kumpulan cerita dongeng anak anak ini adalah terimalah anugerah yang Tuhan berikan dengan sebaik-baiknya.

Baca kumpulan cerita dongeng anak anak terbaik kami lainnya pada posting kami berikut ini cerita rakyat nusantara.

Jangan lupa untuk follow kami di facebook dan youtube dengan mengklik link dibawah ini yah.

https://www.facebook.com/dongengceritarakyat/

https://www.youtube.com/channel/UC_ay1jdDqXucE6Gk7FhVz5Q

Video anak islami
author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.