Cerita Pendek Dongeng Rakyat dari AESOP Terpopuler

Advertisements

Sudah banyak sekali cerita pendek dongeng rakyat dari AESOP yang sudah kami posting. Hampir semuanya adalah fabel singkat yang sangat seru dengan pesan moral didalamnya. Kali ini kembali kami terbitkan salah satu karya terbaik AESOP yaitu kisah tiga lembu dan singa. Bagaimana kisah lengkapnya? Yuk kita ikuti bersama.

Cerita Pendek Dongeng Rakyat : Tiga Lembu Jantan dan Singa

Di sebuah padang rumput milik petani, terdapat tiga lembu jantan. Mereka amat akrab dan suka tolong-menolong. Tiga lembu jantan ini sering kali diganggu oleh binatang-binatang lainnya. Tetapi, tak satu binatang pun mampu mengalahkan kekuatan tiga lembu jantan itu.

Tiga lembu jantan itu sangat disayangi Pak Petani, karena mereka berbeda dengan lembu-lembu lainnya. Tiga lembu jantan ini memiliki kulit berwarna putih bersih, dan badan mereka gemuk. Mereka pun pandai menjaga padang rumput milik Pak Petani.

Cerita Pendek Dongeng Rakyat Tiga Lembu Jantan dan Singa
Cerita Pendek Dongeng Rakyat Tiga Lembu Jantan dan Singa

Setiap sore, tiga lembu jantan berlari-larian di tengah padang rumput. Mereka saling bercerita tentang indahnya pemandangan alam di sekitar.

"Indah sekali sore hari ini," kata lembu jantan pertama.

Advertisements

"Iya, benar. Sepertinya sore ini berbeda dengan sore yang kemarin, ya," sahut lembu jantan ketiga.

"Bagaimana jika besok kita bertualang ke hutan? Aku merasa bosan bermain di padang rumput ini." tanya lembu jantan kedua.

Tiga lembu jantan itu pun sepakat untuk bertualang ke hutan. Di hutan, mereka mencari makanan bersama-sama, dan beristirahat di bawah pohon rindang. Ketika sudah puas bertualang di hutan, tiga lembu jantan ini pulang ke padang rumput.

Singa yang sudah lama menglntai tiga lembu jantan itu, memiliki sebuah rencana agar dia dapat memangsa tiga lembu jantan dengan mudah. Ya, Singa hendak menjebak tiga lembu jantan itu. Ia akan memberikan mereka rumput yang banyak, dan menyuruh mereka untuk memakannya secara bersama-sama.

"Barang siapa di antara kalian makan rumput paling banyak, aku akan mencari rumput untuknya setiap hari," tantang Singa kepada tiga lembu jantan.

Di padang rumput, sudah tersedia tumpukan rumput yang menggunung. Tiga lembu jantan itu pun segera menyantap rumput yang disediakan oleh Singa. Olala, mereka berebut dan saling mendorong.

Advertisements

"Ini bagianku!!! Minggir kau!" seru lembu jantan kedua.

"Diam! Ini bagianku, rumputmu di sebelah selatan sana!" jawab lembu jantan pertama.

"Tidak! Semua ini bagianku. Kalian harus mengalah denganku!" sahut lembu jantan ketiga. Dia merasa dirinya yang paling muda, jadi dia harus memakan rumput paling banyak.

Akhirnya, mereka bertiga bertengkar amat hebat. Tiga lembu jantan itu pun berpisah. Karena tak lagi bersatu, Singa dengan mudah memangsa mereka satu per satu.

Pesan moral dari Cerita Pendek Dongeng Rakyat  ini adalah dengan bersatu, kita akan menjadi kuat.

Baca juga fabel pendek aesop terbaik kami lainnya yaitu:

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.