Fabel Dongeng Anak Bergambar Singkat Terkenal dari Aesop

Advertisements

Banyak dongeng anak bergambar singkat yang sudah kami posting, sebagian diantaranya kami ambil dari kumpulan dongeng AESOP. Pada kesempatan kali ini pun kami kembali memposting salah satu dongeng pendek bergambar dari Aesop. Ceritanya cukup menarik dan cocok diceritakan untuk anak TK atau PAUD. Selamat membaca.

Dongeng Anak Bergambar Singkat : Singa dan Keledai yang Sombong

Singa dan Keledai bersahabat sangat baik. Mereka selalu bermain bersama di hutan. Hingga suatu ketika, mereka merasa bosan bermain. Akhirnya, mereka memutuskan untuk pergi berburu ke hutan.

Perjalanan menuju hutan begitu menyenangkan, membuat Singa dan Keledai makin akrab. Tiba-tiba, Singa dan Keledai melihat sekelompok kambing di dalam gua yang sedang berlarian.

"Hai Singa, lihat kambing-kambing itu. lni kesempatan kita untuk menangkap mereka. Sekarang kita atur rencana," cetus Keledai.

Fabel Dongeng Anak Bergambar Singkat
Fabel Dongeng Anak Bergambar Singkat

"Baiklah, apa yang akan kita lakukan.” tanya Singa.

Advertisements

"Aku akan masuk ke dalam gua dan menggiring kambing-kambing itu untuk keluar. Kamu berjaga di pintu gua agar lebih mudah menangkap mereka.” jelas Keledai.

Singa dan Keledai pun melakukan tugasnya masing-masing. Keledai masuk dan berusaha membuat keributan. Ia bersuara dengan begitu berisik dan merusak semua isi gua. Ia bahkan berteriak sekencang-kencangnya.

"Aaaa...! Brakkk... Brakkkr

Suara itu sontak membuat semua kambing di dalam gua ketakutan. Satu per satu mereka keluar dari gua untuk menyelamatkan diri.

"Tolong! Tolong! Tolong!" teriak kambing-kambing itu.

Tetapi, tak ada seorang pun yang menolong kambing itu. Seekor kambing bahkan tersandung dan terinjak-injak kambing Iainnya.

Advertisements

Ketika kambing-kambing berusaha meloloskan diri, di depan pintu sudah ada Singa yang mengadang mereka. Tak ada satu pun yang berhasil melewati Singa. Ya, kambing-kambing itu menjadi santapan Singa.

"Hahahal" tawa Keledai.

"Mengapa kau tertawa seperti itu?" tanya Singa dengan heran.

"Kau lihatkan, bagaimana pintarnya aku. Menggiring kambing-kambing itu untuk keluar dari gua dan membuat mereka ketakutan. Apa kau bisa sepertiku?" tanya Keledai dengan sombong.

"Memang benar, kau amat pintar. Jika saja aku tak mengenalmu, pasti aku akan ketakutan seperti kambing-kambing itu. Aku tak sepintar dirimu," jawab Singa.

"Hahahal Sudah tentu aku lebih pintar darimu," sahut Keledai.

Singa tidak memedulikan ocehan Keledai yang makin sombong. Ia hanya terdiam dan tak berkata apa-apa lagi kepada sahabatnya itu. Singa dan Keledai pun meninggalkan hutan dan melanjutkan perburuan.

Advertisements

Pesan moral dari Dongeng Anak Bergambar Singkat ini adalah orang yang bermulut besar tidak akan bisa membuat kagum ataupun menakut-nakuti orang yang mengenalnya dengan baik.

Baca juga fabel bergambar singkat Aesop lainnya pada posting kami berikut ini

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.