Dongeng Cerita Pendek Anak Tentang Kejujuran

2547 views

Dari cerita rakyat yang telah kami posting, memang tidak banyak dongeng cerita pendek anak tentang kejujuran. Pada posting kali ini kami mencoba menerbitkan dongeng pendek yang mengajarkan arti kejujuran. Selamat membaca.

Cerita Pendek Anak Tentang Kejujuran : Perhiasan Putri yang Hilang

Suatu hari, putri raja mendapat undangan jamuan makan malam dari putri kerajaan tetangga. Ia pun mengenakan gaun terbaiknya.

Tak lupa, ia juga akan mengenakan perhiasan mewah kesayangannya. Ia tak mau kalah dengan putri-putri lain yang hadir di sana.

Namun, alangkah terkejutnya putri raja itu. Ia tidak menemukan kotak perhiasan di tempat biasa ia menyimpannya.

"Ke mana semua perhiasanku? Siapa yang berani mencurinya?" teriak putri raja.

cara bisnis online

Mendengar putrinya kehilangan kotak perhiasan, raja langsung menyuruh patih untuk menyelidiki.

"Kamar putri raja dijaga sangat ketat, dan ada penjaga di pintu kamar. Tak mungkin ada pencuri yang bisa masuk. Kecuali, jika pencurinya adalah orang terdekat tuan putri," gumam patih yang mulai menyelidiki. Ia pun memanggil tiga pengasuh putri raja.

"Apakah kau melihat perhiasan putri raja?" tanya patih kepada pengasuh paling tua.

"Memang setiap hari aku melihatnya. Tapi sungguh, jangankan mengambil, menyentuhnya saja aku tak berani," jawab pengasuh paling tua berambut putih.

Pengasuh itu sudah mengasuh putri raja sejak putri raja masih bayi. Ia sangat menyayangi putri raja. Tak mungkin ia berani mengecewakan putri raja.

Patih beralih ke pengasuh kedua.

"Aku memang melihatnya, karena setiap hari aku membersihkan kamar putri. Tapi, aku tak berani menyentuh kotak perhiasan itu," jawab pengasuh kedua.

Patih lalu beralih ke pengasuh terakhir.

"Setiap hari, aku melihat kotak perhiasan putri. Tapi aku tahu, putri sangat menyayangi perhiasannya. Aku tak berani menyentuh, apalagi mengambilnya," ujar pengasuh ketiga.

Dongeng Cerita Pendek Anak Tentang Kejujuran
Dongeng Cerita Pendek Anak Tentang Kejujuran

Mendengar penjelasan ketiga pengasuh putri raja, patih akhirnya menyimpulkan bahwa putri rajalah yang bersalah. Ia telah teledor menaruh kotak perhiasannya sembarangan. Patih pun memutuskan akan menghukum putri raja.

Mengetahui putri raja akan dihukum, pengasuh tertua mengaku.

"Tolong, jangan hukum tuan putri. Aku yang menyembunyikan kotak perhiasan itu. Aku mendengar kabar, akan ada perampok yang mengadang tuan putri. Jadi, aku sengaja menyembunyikan kotak perhiasan tuan putri, agar tuan putri tak jadi pergi ke kerajaan tetangga. Aku takut, keselamatan tuan putri terancam," jelas pengasuh tertua.

Setelah mendengarkan pengakuan pengasuh tertua, patih memaafkannya. Ia meminta agar kotak perhiasan tuan putri segera dikembalikan. Putri raja juga akan tetap menghadiri jamuan makan malam, tapi dengan pengawalan yang ketat.

Rupanya perkataan pengasuh tertua benar. Di tengah perjalanan, ada sekelompok perampok mengadang putri raja. Tapi, berkat pengawalan putri raja yang ketat, kelompok perampok itu pun bisa ditangkap.

Pesan moral dari Dongeng Cerita Pendek Anak Tentang Kejujuran adalah apa pun alasannya, mencuri adalah hal yang tidak baik. Mencuri tetap berdosa. Lebih baik menjelaskan apa yang terjadi, daripada harus mencuri.

Dapatkan dongeng anak terbaik dan terbaru lainnya dengan mengikuti blog kami di facebook yah https://www.facebook.com/dongengceritarakyat/

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.