Cerita Rakyat Yang Singkat Dan Menarik Dari Inggris dan Afrika Selatan

Banyak cerita rakyat yang singkat dan menarik yang sudah kami posting. Untuk kali ini kami akan memposting dongeng dunia popular yang berasal dari Inggris dan Afrika Selatan. Ambil hikmah dari masing-masing cerita yah adik-adik. Selamat membaca.

Cerita Rakyat Yang Singkat Dan Menarik : Jack Dan Putra Mahkota (Inggris)

Hari ini Jack pergi ke kota. Setibanya di sana, ia bertemu dengan seorang pangeran. Pangeran itu terkenal sangat baik kepada rakyatnya. Jack kagum dengan sikap baik sang pangeran. Hari itu, pangeran ingin mengunjungi seorang putri di negeri tetangga. Putri itu akan dijemput untuk menjadi istri pangeran. Tetapi, pangeran ingin pergi sendiri kesana.

"Aku bisa menemanimu, Pangeran. Aku tahu jalan pintas menuju kerajaan itu," ucap Jack.

Pangeran terdiam. Sepertinya itu usul yang baik. Lagi pula, ia hanya pergi dengan seorang penunjuk jalan. Pangeran pun menerima tawaran Jack. Hari itu juga mereka menunggang kuda ke arah negeri sang putri.

Di tengah perjalanan, Pangeran melihat seorang pengemis yang berpakaian Iusuh. Ia tak tega. Pangeran lalu menyerahkan semua hartanya untuk pengemis itu.

"Gunakan harta ini dengan sebaik-baiknya," pinta Pangeran.

Alangkah senangnya pengemis itu. Ia tak henti-hentinya berucap syukur dan berterima kasih kepada pangeran. Pangeran dan Jack pun melanjutkan perjalanan. Namun, hari sudah hampir gelap, sedangkan uang pangeran sudah diberikan semua kepada pengemis tadi.

"Di mana kita akan menginap? Aku sudah tak punya uang," ujar Pangeran.

"Kita akan menginap di rumah raksasa berkepala dua," jawab Jack.

"Kau yakin?" tanya Pangeran.

Jack mengangguk. Mereka lalu menuju rumah raksasa berkepala dua. Saat sampai di rumah Raksasa, Jack meminta pangeran untuk menunggu dari jarak yang agak jauh. Ia tak mau Raksasa mengetahui siasatnya.

"Raksasa, bukalah pintu rumahmu. Aku akan memberi tahu hal penting padamu. Pangeran dan prajuritnya sedang menuju ke sini. Kau harus sembunyi agar selamat," seru Jack.

Cerita Rakyat Yang Singkat Dan Menarik Dari Inggris

"Hei, siapa kau berani-beraninya menakutiku. Aku bahkan bisa mengalahkan lima ratus prajurit dalam waktu singkat. Aku tak takut pada prajurit dan pangeran itu," balas raksasa berkepala dua.

"Tapi kali ini pangeran membawa seribu prajurit. Jika kau tak sembunyi, maka kau akan mati," ucap Jack.

Raksasa berkepala dua sungguh takut. Ia lalu meminta Jack untuk menyembunyikannya di ruang bawah tanah. Raksasa itu minta dirinya dikunci di ruang bawah tanah agar tak ada seorang pun yang mengetahuinya. Usai mengunci raksasa itu, Jack pun menjemput Pangeran.

Akhinya mereka bisa tidur di rumah raksasa dengan nyaman. Jika  tak menggunakan siasat itu, Jack yakin raksasa jahat akan memangsa mereka berdua.

Pesan moral dari Cerita Rakyat Yang Singkat Dan Menarik Dari Inggris adalah meskipun dalam keadaan terdesak, jangan sampai kau berbohong.

Cerita Rakyat Pendek : Biri-Biri Yang Cerdik (Afrika Selatan)

Hari sudah sore, MacanTutul pulang ke rumahnya dengan membawa binatang buruannya. Saat sedang berjalan, Macan Tutul bertemu dengan seekor biri-biri. Macan Tutul belum pernah melihat biri-biri sebelumnya. Ia pun penasaran dengan binatang yang baru ditemuinya itu.

Macan Tutul mendekati biri-biri dengan hati-hati. Ia pun bertanya dengan lantang."Hei, bolehkah aku tahu siapa namamu?" tanya Macan Tutu!.

Biri-biri itu menoleh ke arah Macan Tutul. Sebenarnya ia merasa takut. Tapi, jika ia lari, pasti macan tutul akan mengejarnya. Biri-biri mendapat ide cemerlang. Ia menjawab pertanyaan Macan Tutul dengan suara yang dibuat seram.

"Aku adalah induk biri-biri," jawab Biri-biri dengan suara seram.

Macan Tutul ketakutan. Ia segera berlari menuju rumahnya. Melihat hal itu, Biri-biri sangat senang. Rupanya Macan Tutul takut dengan dirinya.

Rumah Macan Tutul tak jauh dan rumah Serigala. Serigala melihat Macan Tutul yang lari ketakutan. Ia pun bertanya kepada Macan Tutul.

"Kenapa kau seperti ketakutan?" tanya Serigala.

"lya, aku baru saja bertemu dengan binatang yang seram. Kepalanya besar dan suaranya sungguh membuatku takut," jawab Macan Tutul

"Binatang apa itu?" tanya Serigala, penasaran. "Namanya Biri-biri," balas Macan Tutul.

Cerita Rakyat Pendek : Biri-Biri Yang Cerdik

Serigala tertawa. Ya, ia tahu bahwa biri-biri itu binatang yang tak menakutkan.

"Kau tahu, Biri-biri itu dagingnya sangat enak. Tak perlu takut dengan binatang itu. Ayo, lebih baik kita temui dia dan kita buru bersama-sama," ajak Serigala.

Sebenarnya Macan Tutul masih takut. Tapi, ia penasaran dengan kebenaran cerita Serigala. Serigala pun mengikat ekor Macan Tutul pada ekornya. Itu dilakukan agar Macan Tutul tak lari ketika melihat Biri-biri.

Sampailah mereka di rumah Biri-biri. Biri-biri segera menyuruh anaknya menangis. Ia akan memberi pelajaran kepada Serigala dan Macan Tutul. Sebelum Serigala mengucapkan apa pun, Biri-biri sudah menyambutnya terlebih dahulu.

"Hei Serigala, kenapa kau baru datang? Kau dengar, anakku sudah menangis kelaparan. Akhirnya kau membawa Macan Tutul untuk santapan kami,"seru Biri-biri.

Macan Tutul yang mendengar ucapan Biri-biri jadi sangat takut. Ia pun lari sekencang-kencangnya. Sementara itu, Serigala tak bisa mencegahnya. Ekornya terikat pada ekor Macan Tutul. Serigala pun terseret oleh Macan Tutul yang berlari kencang.

Melihat hal itu, Biri-biri dan anaknya tertawa terbahak-bahak. Akhirnya induk Biri-biri bisa memberi pelajaran kepada Serigala yang berniat jahat kepada mereka.

Pesan moral dari kumpulan cerita rakyat pendek : Biri-Biri Yang Cerdik (Afrika Selatan) adalah jangan jadi anak yang penakut. Jadilah anak yang pemberani dan memiliki banyak akal.

Baca juga cerita dongeng pendek serta dongeng anak bergambar lainnya pada blog kesayangan kita ini. Selamat membaca.

Ikuti kami di facebook dan youtube berikut ini

https://www.facebook.com/dongengceritarakyat/

https://www.youtube.com/channel/UC_ay1jdDqXucE6Gk7FhVz5Q

Video anak islami
author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.