Cerita Dongeng yang Menarik untuk Anak dari AESOP

Advertisements

Banyak sekali karya AESOP merupakan dongeng yang menarik jika diceritakan untuk si kecil. Seperti dongeng fabel yang satu ini. Cerita hewan ini pasti disukai oleh si kecil karena mudah di pahami dan mengandung pesan moral di dalamnya. Jangan tunda lagi, yuk kita ceritakan malam nanti.

Cerita Dongeng yang Menarik : Kesombongan Gagak

Suatu hari Gagak bertengger di sebuah pohon. Di paruhnya, ada daging yang baru saja ia dapatkan.

Gagak ingin memakan daging itu, tetapi dia belum menemukan tempat yang nyaman untuk memakannya. Maka, bertenggerlah ia di sebuah dahan pohon untuk mencari tempat yang nyaman.

Olala, rupanya Rubah sedang mengamati Gagak. Rubah juga sedang mencari makan. Sudah seharian ini dia belum mendapatkan makanan. Melihat daging di paruh Gagak, muncullah sifat licik Rubah.

"Hai, gagak yang cantik. Aku dengar kamu adalah burung yang paling cantik 'di hutan ini. Tak ada yang menyaingi keindahan bulumu yang hitam mengilap. Kamu sungguh pantas mendapat julukan ratu burung," seru Rubah.

Advertisements

Mendengar hal itu, Gagak langsung melenggak-lenggok senang. Gagak masih belum melepaskan daging yang berada di paruhnya.

"Gagak yang cantik, aku ingin tahu. Apakah benar yang kudengar selama ini, bahwa kau juga pemilik mata tercantik dan suara yang merdu? Aku ingin mendengar suaramu yang merdu.” rayu Rubah kepada Gagak.

Gagak kembali melenggak-lenggok. Tetapi, ia tetap tak mau membuka mulutnya. Rubah menjadi amat kesal. Ia pun kembali mencari cara untuk membuat gagak itu berbicara.

"Ah, sayang sekali. Rupanya kabar yang kudengar itu salah. Ternyata kau bukan burung yang bersuara merdu. Kau hanya burung bisu yang tak dapat bicara.” dengus Rubah.

Mendengar hal itu. Gagak menjadi marah. Ia langsung berteriak kepada Rubah.

"Kaak... kaaak... kaak! Sungguh, kamu rubah yang menjengkelkan. Aku tak suka denganmu.” seru Gagak.

Advertisements
Dongeng Fabel Gagak Yang Sombong
Dongeng Fabel Gagak Yang Sombong

Seketika, daging di paruh Gagak terjatuh. Rubah pun langsung menangkap daging itu dan membawanya pergi.

Ah! Gagak baru menyadari kesalahannya. Rupanya dirinya sudah diperdaya oleh Rubah.

Rubah hanya ingin mendapatkan daging miliknya. Andai Gagak tak mendengarkan ucapan Rubah, pasti dia tak akan mendapatkan kesialan.

Pesan moral dari Cerita Dongeng yang Menarik ini adalah jadilah anak yang cerdas dengan banyak belajar dan banyak membaca sehingga kamu tidak akan mudah diperdayai oleh orang lain.

Baca juga cerita rakyat yang seru lainnya yaitu:

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.