Cerita Anak Singkat Untuk Si Kecil : Kisah Pengganda Uang

Cerita anak singkat yang telah kami posting sebelumnya pasti mengandung hikmah yang dapat dipetik. Sama seperti cerita sebelum tidur anak yang sering kami posting lainnya cerita untuk anak kali ini pun mengandung pesan moral di dalamnya. Yuk kita ceritakan dongeng pendek ini malam nanti.

Cerita Anak Singkat Untuk Si Kecil : Dongeng Pengganda Uang

Cerita Anak Singkat Untuk Si Kecil
Cerita Anak Singkat Untuk Si Kecil

Pasar memang selalu ramai. Tapi, pagi ini pasar terlihat lebih ramai dari biasanya. Banyak pengunjung pasar berkumpul di satu tempat.

"Saya bisa menggandakan uang Anda dalam sekejap!" seru seseorang. Ternyata para pengunjung sedang mengerumuni seseorang yang mampu menggandakan uang.

Semua orang merasa tertarik dengan tawaran orang itu. Lagi pula, siapa yang tak mau menjadi kaya tanpa bekerja?

"Bagaimana caranya agar uangku bisa berlipat ganda?" tanya salah satu pengunjung yang merasa tertarik.

"Sangat mudah, Tuan. Anda tinggal memberikan uang yang ingin digandakan kepadaku. Besok, uang itu akan bertambah menjadi dua kalilipat," ucap si pengganda uang lagi.

Mendengar penjelasan itu, semua pengunjung mengeluarkan uang mereka. Mereka ingin uang mereka digandakan.

Di antara pengunjung itu, ada seorang pemuda yang merasa heran. Mengapa orang ini bekerja menjadi pengganda uang? Padahal, ia bisa menjadi kaya dengan menggandakan uangnya sendiri.

Pemuda itu pun mencari cara untuk menyelidiki pengganda uang itu. Aha! Pemuda itu menemukan sebuah cara.

"Wahai, Tuan. Aku ingin bertanya kepadamu. Bagaimana bentuk rumahmu?" tanya pemuda itu.

Pengganda uang berpikir sejenak. Jika ia mengatakan rumahnya besar dan mewah, pasti semua orang akan menganggap bahwa ia sombong. Tapi, jikaia berkata bahwa ia miskin, pengunjung akan merasa iba dan menyumbangkan uang-uang mereka.

"Rumahku kecil dan tidak bagus. Aku hidup serba pas-pasan," jawab pengganda uang itu.

Si pemuda tersenyum mendengar jawaban pengganda uang. Ia sudah tahu kebenarannya.

"Saudara-saudara, jangan percaya dengan pengganda uang ini! Kalian semua dibohongi!" teriak pemuda itu.

Mendengar ucapan pemuda itu, si pengganda uang pun marah.

"Mengapa kau mengatakan hal itu? Apa buktinya jika aku berbohong?" tantang si pengganda uang.

"Jika memang kau pengganda uang, pasti rumahmu besar. Kau tak perlu repot-repot bekerja menggandakan uang semua orang. Kau bisa menggandakan uang-uangmu, dan menjadi orang terkaya di kerajaan ini!" seru si pemuda.

Si pengganda uang dan pengunjung pun kaget. Semua pengunjung membenarkan ucapan pemuda itu. Dengan kesal, para pengunjung mengambil uang mereka dari si pengganda uang. Pengganda uang itu pun dibawa ke hakim untuk diadili.

Pesan moral dari Cerita Anak Singkat Untuk Si Kecil : Kisah Pengganda Uang adalah berbohong itu tidak baik, karena bisa merugikan diri sendiri dan orang lain. Jadi, jangan suka berbohong, ya. Yang kedua rajinlah belajar dan membaca agar kamu menjadi anak yang cerdas dan tidak mudah ditipu oleh orang lain.

Janga lupa ikuti kami di facebook https://www.facebook.com/dongengceritarakyat/

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.