Cerita Dongeng Sedunia HC Andersen : Putri dan Kacang Polong

Advertisements

Cerita dongeng sedunia memang banyak sekali yang merupakan karya Brothers Grimm dan HC Andersen. Dari buku dongeng karya mereka lahirah cerita anak anak dunia. Kali ini kami kembali memposting salah satu karya terbaik dari HC Andersen yaitu kisah Putri dan Kacang Polong.

Cerita Dongeng Sedunia Terpopuler Karya HC Andersen : Putri dan Kacang Polong

Sudah bertahun-tahun lamanya seorang pangeran mendambakan putri raja yang sempurna. Akhirnya, dia memutuskan untuk mengelilingi dunia demi menemukan putri raja yang dia inginkan.

Sayang, meski sudah sekian lama ia berkelana, tak kunjung dia temukan putri yang diinginkannya. Pangeran pun menjadi amat sedih. Ke mana lagi dia harus mencari putri raja yang sempurna? Pangeran lalu kembali ke istana dan hanya berdiam diri di sana.

Suatu malam, hujan mengguyur istana dengan disertai petir.

"Tokk... Tokk... Tokk!" terdengar suara ketukan pintu istana.

Advertisements

"Siapa di sana?" tanya sang Raja.

“Tolong bukakan pintu untukku. Yang Mulia. Aku kedinginan, badanku basah kuyup," sahut suara dari balik pintu.

Sang Raja pun berjalan menuju pintu. Dibukalah pintu itu. Olala, muncul seorang putri yang sangat cantik jelita. Karena kasihan dengan putri itu, sang Raja membiarkannya masuk.

Sang Putri bergegas mengganti pakaiannya, kemudian pergi ke kamar yang telah disediakan. Dia tidur di atas tumpukan kasur. Sang Putri tidak tahu bahwa di bawah kasurnya tersebut telah diberi banyak kacang polong oleh Ratu dan Raja. Alhasil, Putri tidak bisa tidur malam itu. Seluruh badannya terasa sakit.

Cerita Dongeng Sedunia HC Andersen Putri dan Kacang Polong

Keesokan harinya, Putri menceritakan tentang apa yang ada di bawah kasurnya, sehingga dia kesulitan untuk memejamkan mata. Raja dan Ratu lalu mengatakan, bahwa sang Putri ternyata adalah putri raja yang sempurna. Sang Putri memiliki kulit yang sangat halus, sehingga saat berbaring di atas kasur itu, badannya terasa pegal.

Pangeran pun langsung jatuh cinta kepada sang Putri. Pangeran ingin menikahi putri yang sempurna itu.

Advertisements

"Maukah engkau menikah denganku, Putri?" tanya Pangeran sembari memegang tangan Putri dan berlutut di hadapannya.

"Benarkah, Pangeran? Dengan senang hati, aku mau menikah denganmu," jawab Putri dengan tersenyum lebar.

Keesokan harinya, Raja dan Ratu menikahkan putra mereka dengan sang Putri. Dengan mengenakan gaun berwarna merah jambu, sang Putri terlihat makin cantik di pesta pernikahannya.

Pesan moral dari Cerita Dongeng Sedunia HC Andersen : Putri dan Kacang Polong adalah jadilah anak yang jujur, karena kejujuran akan membawa kebaikan.

Baca juga cerita dongeng anak terbaik lainnya yaitu

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.