Dongeng Putri Sejati dan Kacang Polong

Dongeng putri sejati dan kacang polong adalah cerita rakyat yang berasal dari negara Perancis. Cerita anak ini cukup terkenal bukan hanya di Perancis tetapi juga di negara lain.

Cerita Dongeng Putri Sejati dan Kacang Polong

Suatu ketika, ada seorang pangeran yang sedang mencari seorang istri. Tetapi, ia menginginkan putri sejati sebagai permaisurinya.

Rupanya, untuk mendapatkan putri sejati tidaklah mudah. Ratu sangat bingung dengan putri sejati yang dimaksud putranya itu. Sudah banyak putri dari negeri

Hingga suatu hari saat hujan turun sangat deras, ada yang mengetuk pintu gerbang istana. Saat pintu gerbang dibuka, terlihat seorang perempuan muda yang amat cantik. Olala, perempuan itu mengatakan bahwa dirinya adalah putri sejati.

Advertising
Advertising

Ratu pun segera mempersilakan perempuan cantik itu masuk. ia meminta kepada pelayan untuk menyiapkan pakaian dan kamar tidur untuk perempuan acing itu. Ratu menjamu putri itu dengan sangat balk.

“Apakah dia benar-benar putri sejati?” gumam ratu, penasaran

Ratu lalu memutuskan untuk menguji putri Ku. Ia menyuruh pelayan untuk menyiapkan sebuah tempat tidur yang sangat empuk untuk sang putri.

“Selamat istirahat, semoga tidurmu nyenyak,” ujar ratu kepada putri itu.

Putri itu pun langsung merebahkan diri ke tempat tidurnya. Namun, apa yang terjadl? Olala, putri itu justru merasa sangat tak nyaman dengan tempat tidur yang sangat empuk itu. Ia pun tak bisa tidur semalaman.

Keesokan harinya, ratu menemui putri itu.

“Bagaimana tidurmu semalam?” tanya ratu.

“Aku tak bisa tidur. Sepertinya ada benda yang sangat keras di dalam kasur ini dan membuat tubuhku kesakitan,” jawab putri itu.

Ratu tersenyum. Semalam sebelum sang putri masuk ke kamar, ratu telah menaruh sebiji kacang polong di bawah tempat tidur sang putri. Itulah kenapa putri itu merasa tak nyaman tidur.

“Rupanya kau benar-benar putri sejati. Kamu akan menikah dengan anakku,” kata ratu.

Ratu pun menikahkan putri sejati itu dengan putranya. Sejak saat itu, putri sejati dan pangeran hidup bahagia di istana.

Pesan moral dari Dongeng Putri Sejati dan Kacang Polong adalah kejujuran itu penting. Dengan jujur, kita pasti akan merasa bahagia. Bahkan, dengan kejujuran, kita bisa mendapatkan rezeki yang tak terduga.