Contoh Dongeng Sebelum Tidur dari Jepang Terbaik

1108 views

Contoh dongeng sebelum tidur yang pernah di posting di blog ini selalu mengandung pesan moral yang dapat di petik, sehingga layak diceritakan kepada seluruh anak Indonesia.  cerita dongeng pendek ini sejatinya daimbil dari kumpulan dongeng anak Jepang. Kami bantu sajikan untuk adik-adik semua agar bisa ikut mengetahui cerita rakyat Jepang menarik ini. Selamat membaca.

Contoh Dongeng Sebelum Tidur : Shiro Anjing Baik Hati

Tersebutlah seorang kakek baik hati yang tinggal bersama anjingnya di sebuah gubuk sederhana. Anjing itu bernama Shiro. Si kakek sangat menyayangi Shiro dan merawatnya dengan baik. Shiro menjadi teman yang setia bagi si kakek. Bersama Shiro, kakek melewati masa-masa tuanya dengan bahagia.

Di sebelah rumah kakek, tinggallah seorang tetangga yang angkuh dan tamak. Tetangga itu entah kenapa tidak menyukai Shiro. Ia juga sering melempari Shiro dengan batu tanpa alasan yang jelas. Namun, Shiro tidak balas menyerangnya karena sang kakek selalu mengajarinya untuk tidak menyakiti orang lain.

Pada suatu hari, Shiro menggonggong dengan keras di halaman belakang rumah Kakek. Si Kakek khawatir anjing peliharaannya itu sedang berada  dalam kesulitan. "Ada apa dengan Shiro?" batin si Kakek. Ia pun segera berlari ke halaman belakang untuk melihat Shiro.

Melihat tuannya datang, Shiro lantas mencakar-cakar tanah, seperti hendak menggalinya. Sesekali ia menggonggong sambil menatap tuannya.

"Apakah kau memintaku untuk menggali tanah itu?" tanya Si Kakek, kebingungan.

"Guk... guk... guk...!" jawab Shiro.

Kakek segera masuk ke dalam rumah untuk mengambil peralatan, seperti cangkul dan sekop. Kemudian ia pun mulai menggali tanah yang sudah ditunjuk oleh Shiro. Setelah beberapa cangkulan, tampak sebuah peti di dalam lubang yang digali oleh Si Kakek. Kakek merasa penasaran dan terus menggali. Kagetlah ia tatkala mengetahui bahwa peti itu ternyata berisi emas dan permata yang sangat banyak.

"Wah, ternyata ini adalah peti harta karun!" seru Kakek dengan mata terbelalak. "Terima kasih, Shiro. Kau benar-benar anjing yang pintar!"

"Guk... guk... guk...!"

Contoh Dongeng Sebelum Tidur dari Jepang

Contoh Dongeng Sebelum Tidur dari Jepang

Tetangga si kakek rupanya mengetahui kejadian itu. Ia merasa iri. la juga ingin mendapatkan peti harta karun. "Jangan-jangan sebenarnya di tanahku juga ada harta karunnya?" batin si kakek. "Bukankah tanah si kakek dan tanahku sangat berdekatan? Bisa jadi dulunya tanahku dan tanah si kakek dimiliki satu orang, dan menjadi tempat penguburan harta karun."

Demikianlah yang ada dalam pikiran si tetangga. Keesokan harinya, ia mendatangi rumah si kakek, hendak meminjam Shiro selama beberapa jam. Sungguh tidak tahu malu, mengingat selama ini ia sering melempari Shiro dengan batu.

"Ya, kau boleh meminjam Shiro," kata Kakek yang baik hati itu. "Semoga ia bermanfaat untukmu."

Si tetangga lantas membawa Shiro ke halaman rumahnya. "Ayo cari harta karun di tempat ini! Kalau tidak, aku akan memukulmu!" hardik si tetangga sambil mengacung - ngacungkan tongkat yang ia bawa.

Shiro mengendus-ngendus, mencari-cari lokasi tanah yang hendak ia gali. Setelah beberapa lama, ia berhenti di satu tempat, lalu mulai mencakar-cakar tanah itu. Muka si tetangga langsung sumringah. "Ternyata benar, ada harta karun di tanahku!" pekiknya, senang. "Akhirnya anjing jelek ini berhasil menemukannya."

Si tetangga segera mengambil cangkul di gudang rumahnya, lalu mulai menggali tanah yang ditunjukkan oleh Shiro. Merasa keinginannya sudah terpenuhi, ia lantas mengusir Shiro. Tanpa disuruh dua kali, Shiro pun segera berlari pulang.

"Guk... guk... guk...!"

"Sebentar lagi aku akan kaya raya," si tetangga terkekeh sambil terus menggali. Saat itu ia mulai mencium bau yang tidak sedap. Semakin dalam lubang yang ia gali, bau itu semakin menguat. Dan setelah lubang itu terbuka, bukan peti harta karun yang ada di dalamnya, melainkan sampah yang berbau busuk.

Betapa kecewanya si tetangga. Bayangannya untuk menjadi kaya raya pupus sudah. Itulah balasan yang harus diterimanya karena selama ini suka menyakiti binatang.

Hikmah dari Contoh Dongeng Sebelum Tidur dari Jepang Terbaik adalah

Sama seperti kita, binatang juga merupakan ciptaan Tuhan. Karena itu, kita harus menyayanginya dan tidak boleh menyakitinya. Hikmah lainnya dari kisah ini adalah akan selalu ada balasan atas segala perbuatan kita.

Baca juga Kumpulan Dongeng Sebelum Tidur Dunia Populer dan Contoh Dongeng Sebelum Tidur Anak

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.