Cerita Buat Anak Terkenal dari Belanda : Hendrik yang Pemberani

Advertisements

Walaupun dongeng sangat memiliki manfaat, namun memilih cerita buat anak tentu harus melihat banyak hal. Misalnya gaya bahasa, alur cerita, konten cerita, hikmah dari cerita dan lain lain. Kami pastikan cerita untuk anak yang ada di blog ini sudah disesuaikan dengan itu semua. Kali ini kami kembali memposting salah satu dongeng untuk anak yang berasal dari Belanda. Selamat membaca.

Cerita Buat Anak Terpopuler dari Belanda : Hendrik si Pemberani

Ayah Hendrick pernah berpesan kepada Hendrick, "Kakekmu membantu membangun tanggul ini. Kita harus bersama-sama menjaga tanggul yang sesekali bocor karena sering dilewati oleh orang."

Pada suatu sore yang begitu sepi, terlihat Hendrick sedang bermain-main di sekitar tanggul sendirian. Namun, saat dia hendak pulang, tiba-tiba terdengar suara.

"Tes... Tes... Tes..." Olala, ternyata ada lubang yang amat kecil di tanggul. Air pun makin cepat menetes keluar.

"Tolong! Tolong!" teriak Hendrick.

Advertisements

Sayang, tak ada satu pun orang yang mendengar teriakannya. Hendrick kebingungan, bagaimana caranya menutupi lubang itu. Sejenak dia berpikir.

"Aha! Aku punya ide," celetuk Hendrick yang merasa amat senang. Dia segera memasukkan jarinya ke dalam lubang itu. Dilihatnya air tidak keluar lagi.

Cerita Buat Anak Terkenal dari Belanda
Cerita Buat Anak Terkenal dari Belanda

Hari makin gelap. Hendrick tidak kuat lagi untuk menahan kebocoran tanggul tersebut. Dia kembali berteriak meminta perrtolongan, tetapi masih tidak ada orang yang datang menolongnya.

Malam makin larut dan tubuh Hendrick makin lemas. Badannya pun menggigil karena dinginnya angin malam. Ketika mendengar suara lolong anjing hutan dari kejauhan, dia mulai ketakutan. Sementara itu. ombak menyentuh tanggul dengan cepat.

"Tolong! Tolong!". teriak Hendrick dengan sekuat tenaga.

Tiba-tiba. secercah cahaya datang mendekatinya. Tampak seorang pria yang membawa lampu kecil mendekati Hendrick. Dengan menggigil, Hendrick menceritakan apa yang dialaminya.

Advertisements

“Bersabarlah. Nak. Aku akan mencari bantuan. Kau harus bertahan.” kata pria tersebut.

Ayah dan paman Hendrick yang cemas, segera mencari Hendrick yang tidak kunjung pulang. Semua warga ikut mencari Hendrick.

Sang ayah lalu melihat cahaya dari arah tanggul. Ayah Hendrick bergegas turun ke tanggul, dan segera menyelamatkan Hendrik yang sudah tidak berdaya lagi. Ia membawa Hendrik pulang, sementara, paman Hendrick dan warga lainnya memperbaiki tanggul yang rusak.

"Terima kasih Nak. Kau telah menyelamatkan banyak warga disini. Sekarang makanlah, kau tak perlu mernikirkan tanggul yang bocor itu, Paman dan warga lain sedang unemperbaikinya.” ujar sang ayah kepada Hendrick.

Hendrick pun tersenyum bahagia. Meskipun dia masih bcrusia sepuluh lahun, tetapi dia sudah menyelarnatkan orang-orang di sekitarnya dengan cara yang dia bisa.

Pesan moral dari Cerita Buat Anak Terkenal dari Belanda ini adalah jadilah anak yang suka berbuat kebaikan. Apalagi jika kebaikan itu tidak hanya untuk diri sendiri, tetapi juga untuk bersama.

Baca juga cerita rakyat untuk anak lainnya yaitu:

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.