Cerita Dongeng Sebelum Tidur – Fabel Anak Dunia

Ada dua fabel yang sangat cocok dijadikan cerita dongeng sebelum tidur untuk anak. Kedua fable itu akan kakak ceritakan pagi hari ini. Keduanya mengandung pesan moral yang sangat baik untuk di ketahui. Selamat membaca.

Dongeng Sebelum Tidur : Kantung Istimewa Kanguru

Suatu hari, karena terdesak, Ruru Kanguru terpaksa membuat janji akan memberikan seluruh anaknya kepada Caca Macan untuk dijadikan santapan.

Setiap kali teringat dengan janji itu, Ruru Kanguru jadi sangat sedih. Dia tidak mungkin bisa merelakan anaknya menjadi santapan Caca Macan. Hari berlalu begitu cepat, dan waktu untuk anak-anaknya lahir sudah semakin dekat.

"Tidak bisa. Aku tidak mungkin menyerahkan anakku kepada Caca Macan. Bagaimanapun caranya, aku harus menyembunyikan anak-anakku dari Caca Macan. Tapi bagaimana caranya?"

Ruru Kanguru mencari tempat-tempat yang aman. Dia mencoba menitipkan anak-anaknya kepada binatang lain.

"Caca Macan juga pernah mengambil anakku, jadi ini bukanlah tempat yang aman," ucap Bu Rusa.

"Setiap sore hari, Caca Macan selalu datang ke sini. Dia pasti dapat dengan mudah menemukan anakmu di sini," sahut Bu Badak.

Ruru Kanguru putus asa, sebab ia belum mendapatkan tempat yang aman. Padahal, anaknya sudah lahir. Caca Macan dapat datang kapan saja jika ia sudah mendengar kabar bahwa anak Ruru Kanguru sudah lahir.

Benar saja, di sebuah sore yang hampir malam, Caca Macan datang dengan mata berkilat. Tanpa berpikir lagi, Ruru Kanguru Iangsung memasukkan anaknya ke dalam kantung di depan perutnya. Berharap Caca Macan tidak melihatnya.

"Di mana anakmu, Ruru Kanguru? Bukankah sudah saatnya kau memberikannya kepadaku seperti janjimu," ucap Caca Macan.

"Aku minta maaf, Caca Macan. Anakku memang lahir, tapi tidak selamat. Kau tidak mungkin memakan bangkai. Jadi, aku menguburkannya," sahut Ruru Kanguru.

Cerita Dongeng Sebelum Tidur

Cerita Dongeng Sebelum Tidur

Caca Macan awalnya marah karena tidak mendapatkan apa yang ia inginkan.  Tapi, dia kemudian melangkah pergi. Rupanya ia percaya dengan kata-kata Ruru Kanguru. Ya, Ruru Kanguru berhasil mengelabui Caca Macan. Sejak saat itulah anak-anak kanguru selalu tinggal di dalam kantung ibunya sampai dia dapat melindungi diri sendiri. Kantung yang sangat istimewa, bukan?

Pesan moral dari Dongeng Sebelum Tidur : Kantung Istimewa Kanguru adalah jangan mudah mengucapkan janji jika kau tak dapat menepati. Janji adalah utang, apa pun alasannya.

Cerita Fabel Anak : Pak Tupai Dan Kancil Tertipu

Pada suatu hari, ketika Pak Tupai dan Kancil sedang berjalan berdua, seekor musang menghampiri mereka. Pak Tupai dan Kancil bersikeras agar tidak diganggu hari itu.Tapi, Musang tidak mau kalah. Dia terus membujuk Pak Tupai dan Kancil agar mau mendengarkannya.

"Ayolah... aku dengar PakTupai dan Kancil adalah binatang yang paling cerdik,"  puji Musang.

Ahai! PakTupai dan Kancil sangat senang dipuji dan disanjung. Musang berhasil membuat mereka berdua berhenti karena pujian tersebut.

"Jadi apa maumu sebenarnya?" tanya Pak Tupai.

Ternyata musang mengadakan sebuah pesta. Ia mengundang mereka berdua sebagai tamu kehormatan. PakTupai dan Kancil berpikir, tidak ada salahnya datang ke pesta itu.Tanpa berpikir panjang, mereka pun setuju untuk datang ke pesta yang dibuat oleh Musang.

Di pesta tersebut, banyak sekali binatang yang datang. Pak Tupai dan Kancil menjadi pusat acara.

"Untuk membuktikan bahwa PakTupai dan Kancil adalah binatang yang paling cerdik, aku akan menantang kalian,"  kata Musang, tersenyum. PakTupai dan Kancil tentu saja menerima tawaran itu.

"Tantangannya adalah meminum susu ini tanpa menggunakan kedua tangan sendiri. Kalau bisa, akan ada hadiah untuk kalian berdua," cetus Musang.

Cerita Fabel Anak : Pak Tupai Dan Kancil

Cerita Fabel Anak : Pak Tupai Dan Kancil

PakTupai dan Kancil melakukan hal yang diminta oleh Musang. Mereka mencoba meminum susu tersebut tanpa menggunakan tangan. Alhasil, susu itu berceceran dan membuat wajah Pak Tupai serta Kancil menjadi lucu karena susu. Semua tamu tertawa terbahak-bahak melihatnya, termasuk juga Musang. Pak Tupai dan Kancil akhirnya menyadari bahwa ini memang sudah direncanakan oleh Musang dengan tujuan membuat mereka berdua malu di depan banyak binatang.

"Kalian lucu sekali, padahal sangat mudah melakukannya tanpa harus menumpahkan susu sedikit pun.” ucap Musang, tertawa geli.

Ternyata yang dimaksud oleh Musang adalah saling menyuapi susu itu dengan teman. Jadi yang meminum susu sama-sama tidak memegang gelas yang berisi susu yang diminumnya.

"Sial, rupanya musang menjebak kita untuk dipermalukan," ucap Kancil saat melangkah pergi bersama Pak Tupai dari pesta.

Pesan moral dari Cerita Fabel Anak : Pak Tupai Dan Kancil Tertipu adalah bahkan orang yang pandai sekalipun bisa saja tertipu. Jadi, berhati-hatilah

Video anak islami
author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.