Kumpulan Dongeng Indonesia : Delima dan Air Mata Ketulusan

Kumpulan dongeng Indonesia di blog ini kami masukan dalam kategori cerita rakyat nusantara. Disana akan ditemukan banyak sekali dongeng anak sebelum tidur dari berbagai daerah yang ada di Indonesia. Kali ini kembali kami memposting salah satu cerita dongeng anak bergambar dari kumpulan dongeng anak Indonesia. Selamat membaca.

Kumpulan Dongeng Indonesia : Cerita Delima dan Air Mata Ketulusan

Buah delima banyak disukai banyak orang. Tak hanya warnanya yang cantik dan menarik, manfaat buah delima juga sangat banyak. Buah delima sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Namun di sebuah kerajaan yang jauh, buah delima merupakan buah yang sangat langka. Sudah banyak orang yang mencoba menanam buah delima, tapi hasilnya nihil. Tidak ada satupun yang berbuah.

Raja menjadi sangat gelisah. Ia ingin buah delima bisa tumbuh subur di kerajaannya. Ia juga sudah susah payah melakukan berbagai cara agar buah delima bisa tumbuh di kerajaannya.

"Prajurit, tolong siapkan kuda terbaik untukku," ujar raja, tiba-tiba.

"Maaf baginda, kalau boleh saya bertanya, untuk apakah kuda tersebut?" tanya prajurit dengan sopan.

"Aku akan pergi ke tempat yang jauh. Tempat di mana buah delima bisa tumbuh dengan subur. Aku akan tinggal di sana untuk beberapa waktu." jawab raja.

Mendengar jawaban raja, prajurit segera menyiapkan seekor kuda. Kuda tersebut berwarna putih dan surainya sangat indah.

Setelah semua keperluan dirasa cukup, raja pergi meninggalkan istana. Ia sengaja tak memakai baju keistimewaannya dan hanya mengenakan pakaian biasa. Ia tidak ingin dirinya diketahui oleh banyak orang.

Tak terasa, sudah berhari-hari raja melakukan perjalanan. Akan tetapi, ia belum juga sampai di tempat tujuannya. Raja lalu beristirahat di bawah pohon. Karena kelelahan, ia pun tertidur.

Tiba-tiba, raja bermimpi didatangi seorang kakek tua berambut putih dengan jenggotnya yang menjuntai ke bawah.

"Buah delima hanya akan tumbuh jika kau menyiramnya dengan air mata ketulusan," ujar kakek tersebut, lalu menghilang.

Raja pun terbangun. Ia langsung bergegas kembali ke istana. Ia melakukan apa yang dikatakan oleh kakek dalam mimpi itu. Raja menangis tersedu-sedu, teringat akan semua dosa yang pernah ia lakukan kepada rakyatnya dulu.

Kumpulan Dongeng Indonesia : Delima
Kumpulan Dongeng Indonesia Delima

Ajaib! Setelah raja berhenti menangis, tiba-tiba semua pohon delima yang ada di kerajaan tersebut berbuah amat lebat. Raja pun merasa bahagia, karena akhirnya buah delima bisa tumbuh subur di kerajaannya.

Nasihat yang ada dalam posting yang berjudul Kumpulan Dongeng Indonesia : Delima dan Air Mata Ketulusan adalah lakukan sesuatu dengan tulus, maka kita akan mendapat hasil yang memuaskan.

Baca juga dongeng anak sedunia yang ada di blog ini seperti cerita dongeng putri

Jangan lupa untuk selalu ikuti kami di facebook yaitu https://www.facebook.com/dongengceritarakyat/

Video anak islami
author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.