Contoh Dongeng Singkat : Menteri yang Bijaksana

Contoh dongeng singkat yang pernah kami posting saat ini sudah berjumlah lebih dari seribu cerita dongeng pendek bergambar. Kalian dapat menemukan ratusan mulai dari kumpulan dongeng pendek binatang sampai dengan cerita dongeng putri seperi dongeng singkat cinderella. Untuk saat ini mari kita ikuti bersama kisah Menteri yang bijaksana.

Contoh Dongeng Singkat : Kisah Menteri yang Bijaksana

Pada zaman dahulu di sebuah negeri nun jauh disana, hiduplah seorang raja. Ia sering kesal terhadap salah satu menterinya. Padahal, menteri itu adalah orang yang bijaksana, jujur, dan pemberi nasihat yang baik.

Olala, rupanya raja kesal karena menteri tersebut selalu berkata, "Ini memang sudah kehendak Tuhan. Apa pun yang Tuhan lakukan, pasti memiliki maksud yang baik?"

Awalnya, raja amat senang mendengar kata-kata bijak tersebut. Namun, lambat laun raja menjadi sangat marah mendengarnya.

Puncak kemarahan raja terjadi saat raja baru pulang dari berperang. Raja berhasil memenangkan peperangan tersebut. Sayangnya saat bertempur, raja kehilangan salah satu jarinya akibat serangan musuh. Tentu saja, raja merasa sangat sedih.

Contoh Dongeng Singkat
Contoh Dongeng Singkat

Melihat keadaan raja yang memilukan, permaisuri dan putri raja ikut bersedih. Mereka berdua menangis tersedu-sedu. Bahkan, semua dayang dan prajurit turut menangis.

Namun, si menteri tidak menangis dan justru berkata, "Ini memang sudah kehendak Tuhan. Apa pun yang Tuhan lakukan, pasti memiliki maksud yang baik."

Raja pun kehilangan kesabaran. Ia lalu mengusir si menteri dari istana. Dengan sedih dan berat hati, menteri akhirnya pergi meninggalkan istana,

Baginya apa pun perintah raja, harus tetap ia lakukan sobaik mungkin.

Beeerapa bulan kemudian, raja pergi berburu seorang diri tanpa didampingi pengawal. Tiba-tiba di tengah perjalanan, raja ditangkap oleh segerombolan penjahat. Para penjahat itu sangat senang karena mendapat korban yang sangat istimewa. Olala, rupanya mereka hendak mempersembahkan raja kepada Dewi Kali.

Sesampainya di hadapan Dewi Kali, tiba-tiba Dewi Kali berkata,"Lelaki ini tidak memiliki tubuh yang sempurna. Aku tidak akan menerimanya."

Ternyata Dewi Kali melihat tangan Raja yang kehilangan satu jari. Sang raja pun sangat senang, karena ia bisa kembali ke istana.

Tiba-tiba, raja teringat dengan perkataan si menteri. Ia pun menyuruh pengawal untuk menjemput si menteri. Ya! Ia ingin si menteri kembali menjadi menteri di istana.

"Maafkan aku, menteri. Perkataanmu memang benar. Nyawaku terselamatkan berkat tanganku yang tidak lagi sempurna. Tuhan memang tahu yang terbaik untukku," kata raja kepada menteri. Menteri pun membalasnya dengan senyuman.

Nasihat yang dapat diambil dari Contoh Dongeng Singkat : Menteri yang Bijaksana adalah hiburlah temanmu yang sedang bersedih. Jadilah pendengar dan teman yang baik untuk temanmu.

Itu dia cerita mengenai raja dengan Menterinya yang bijaksana, sekarang yuk kita baca salah satu dongeng pendek fabel yaitu dongeng pendek kancil. Dan jangan lupa ikuti kami di https://www.facebook.com/dongengceritarakyat/ 

Video anak islami
author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.