Cerita Dongeng Indonesia Pendek : Sital dan Tempat Tidur Ajaib

Dongeng Indonesia pendek yang baik selalu memberikan pelajaran untuk pembacanya. Seperti dongeng pendek fabel yang kami miliki saat ini merupakan salah satu cerita rakyat indonesia yang mengandung pesan moral yang baik.

Cerita Dongeng Indonesia Pendek : Kisah Sital dan Tempat Tidur Ajaib

Di suatu tempat yang jauh, ada sebuah kerajaan yang sangat subur. Tampak padi-padi mulai menguning di setiap sudut kerajaan. Pepohonan pun terawat dengan baik. Salah satu orang yang tinggal di kerajaan makmur itu adalah Sital, si tukang kayu.

Sital sangat cakap dalam membuat kayu-kayu menjadi ukiran yang sangat indah. Sital juga sangat senang melukis, sehingga terkadang ia juga melukis ukirannya.

Sayangnya, Sital memiliki satu kebiasaan buruk yang membuat ibunya selalu memarahinya. Sital sangat pemalas. Ia bekerja sesuai kehendak hatinya. Jadi, jika ia senang tidak ingin bekerja. ia tidak akan bekerja dan hanya menghabiskan waktunya dengan tidur.

"Hei. bangunlah! Sudah siang begini kau masih saja tidur. Kalau begini terus, bagaimana kita bisa bertahan hidup?!" seru ibu Sital, marah.

Namun, Sital tak memedulikan teriakan ibunya. Ia justru tetap tidur. Baginya, bekerja harus menggunakan perasaan. Karena jika tidak, ukirannya tidak akan bagus. Dan sekarang, Sital merasa sangat malas.

Olala. tiba-tiba ibu Sital menangis. Ia teringat ayah Sital yang telah meninggal. Dulu, mereka tidak pernah kekurangan ketika ayah Sital masih hidup. Ayah Sital juga seorang tukang kayu. Namun, ia sangat rajin bekerja. Ia tidak pernah bermalas-malasan, berbeda dengan Sital.

Mendengar tangisan ibunya. Sital bergegas bangun dan menghampiri ibunya.

"Ibu, mengapa kau menangis? Apakah karena sikapku yang malas?" tanya Sital dengan hati-hati. Ia merasa sangat bersalah terhadap ibunya.

Ibunya mengangguk, lalu menasihati Sital untuk tidak malas lagi. Sital harus melanjutkan usaha ayahnya dengan rajin dan giat. Sital pun tergerak hatinya ketika mendengar nasihat ibunya.

"Ibu, maafkan sikapku selama ini. Aku tidak tahu jika Ibu sangat berharap kepadaku. Ibu, aku berjanji tidak akan malas lagi. Aku akan giat bekerja agar kehidupan kita menjadi lebih baik," ujar Sital sambil memeluk ibunya.

Keesokan harinya, pagi-pagi buta, Sital sudah bangun. Ia lalu pergi ke hutan. Ia akan memilih beberapa pohon untuk ia ukir.

Dengan pohon-pohon yang diambilnya di hutan, Sital membuat sebuah ranjang. Setiap sudut ranjang diberi tiang yang tinggi. Masing-masing tiangnya diukir menjadi bentuk prajurit. Setelah ukirannya selesai, Sital pun memolesnya dengan teliti. Kemudian, Sital membawa ranjang tersebut di atas kepalanya, lalu pergi untuk menjualnya.

"Tempat tidur ajaib! Tempat tidur ajaib!" seru Sital.

Cerita Dongeng Indonesia Pendek
Cerita Dongeng Indonesia Pendek

Rupanya teriakan itu terdengar oleh sang raja. Raja pun membeli ranjang tersebut dengan harga yang sangat tinggi. Tak hanya itu, Sital bahkan diangkat menjadi tukang ukir istana. Alangkah gembiranya Sital. Kini ia dan ibunya hidup bahagia di istana.

Pesan moral dari Cerita Dongeng Indonesia Pendek : Sital dan Tempat Tidur Ajaib adalah rajinlah membantu orang tua, agar orangtuamu bangga kepadamu.

Temukan juga cerita rakyat nusantara terbaik kami pada artikelĀ Kumpulan Cerita Dongeng Pendek Indonesia Asli Terbaik

Jangan lupa ikuti kami di https://www.facebook.com/dongengceritarakyat/

Video anak islami
author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.