Kumpulan Dongeng Dongeng Cerita Rakyat Dunia

1159 views

Mengoleksi kumpulan dongeng dongeng cerita rakyat dunia membuat kakak ingin membagikannya kepada seluruh anak anak yang ada di Indonesia. Salah satu cara kakak membagikan dongeng dongeng terbaik adalah dengan membuat blog dongengceritarakyat.com ini. Kedepannya kakak memiliki impian membuat buku dongeng, video dongeng dan taman bacaan sehingga seluruh anak Indonesia bisa belajar dengan menyenangkan.

Kumpulan Dongeng Dongeng Jepang : Rubah dan Harimau Adu Lari

Dahulu kala, seekor harimau menjadi raja di tanah Jepang. Setiap hari, ia berbuat keonaran dan membunuh banyak binatang di hutan. Tidak ada yang berani menghadapi harimau karena sangat kuat.

Kumpulan Dongeng Dongeng JepangSuatu hari, para binatang berkumpul dan mencari cara untuk mengusir harimau selamanya. Setelah lama berdiskusi, tidak ada satu pun yang berani mengusir harimau. Akhirnya, rubah maju ke depan.

"Aku akan mengusir harimau dari tanah ini untuk selamanya," kata rubah.

Semua binatang menyambut gembira keberanian rubah. Mereka berharap rubah benar-benar mewujudkan kata-katanya.

Hari itu, rubah Iangsung menemui harimau. Saat melihat rubah, harimau hendak menerkamnya. “Tunggu dulu, Tuan Harimau!" kata rubah.

Harimau pun tidak jadi menerkam. "Ada apa kau kemari? Kau ingin kumakan, ya?" kata harimau

"Aku ke sini untuk menantangmu berlomba lari," kata rubah.

"Apa? Lomba Iari? Hahaha, berani sekali kau menantangku," kata harimau dengan sombong.

"Kalau kau memang hebat, kita berlomba lari sampai ke puncak bukit itu. Kalau kau menang, kau boleh memakanku. Tapi, jika kalah, kau harus pergi dari sini dan tidak kembali untuk selamanya," kata rubah.

Panas mendengar tantangan rubah, harimau pun menyetujuinya. Lalu, mereka bersiap dan mulai adu Iari.

Harimau lari dengan sangat kencang sampai sampai ia tidak sadar kalau rubah memegangi ekornya dan terbawa Iari. Harimau yakin rubah masih berada jauh di belakangnya. Saat harimau sampai di puncak bukit, ia membalikkan badannya untuk melihat rubah di belakangnya. Saat itulah, rubah lompat ke arah depan.

"Aku di sini, Harimau. Aku mengalahkanmu, kan?" kata rubah sambil tertawa.

"Kini, kau harus menepati janjimu," lanjut rubah.

Harimau heran bagaimana rubah bisa berada di puncak bukit Iebih dulu. Sejak itulah, harimau pergi dari negeri Jepang.

Pesan Moral dari Kumpulan Dongeng Dongeng Jepang adalah sikap sombong dan mau menang sendiri akan merugikan dirimu sendiri. Karenanya, bersikaplah rendah hati dan mau menerima pendapat orang. Dengan begitu kamu akan mendapatkan banyak teman.

Kumpulan Cerpen Rakyat Singapura : Asal-Usul Nama Singapura

Pada zaman dahulu kala, hiduplah seorang raja bernama Sang Nila Utama. la adaIah seorang pemburu yang hebat. la selalu berhasil memburu binatang apa pun.

Suatu hari, ia mendengar dari seorang pengelana tentang seekor rusa jantan yang sulit diburu. Rusa itu ada di sebuah hutan di Pulau Tanjung Bentam. Karena penasaran, raja memutuskan pergi ke Pulau Tanjung Bentam bersama rombongannya untuk menangkap rusa itu.

Saat tiba di Pulau Tanjung Bentam, ia dan rombongannya langsung melakukan perburuan. Mereka berhasil membunuh dan menangkap berbagai binatang. Tapi, rusa jantan yang dimaksud tidak mereka temukan. Hal itu membuat raja kecewa.

Kumpulan Cerpen Rakyat SingapuraTiba-tiba, seekor rusa jantan yang sangat besar keluar dari semak-belukar dan melompat ke depan raja. Raja yang kaget Iangsung menghunus pedangnya dan mencoba menebas rusa jantan.

Tapi, rusa jantan berhasil lolos dan lari ke atas sebuah bukit. Raja mengejar rusa itu.

Saat tiba di puncak bukit, ia sudah kehilangan jejak rusa jantan. Raja mencari-cari, tapi tetap tidak menemukan rusa jantan.

Lalu, raja naik ke atas batu besar dan disusul oleh seorang pembantunya. Dari atas batu besar, raja melihat sebuah pulau berpantai putih di kejauhan. Raja kagum melihatnya.

"Apa nama pulau itu?" tanyanya kepada salah seorang pembantunya yang menyusul.

Pembantunya melihat ke arah yang sama dan tersenyum. "Itu Pulau Tumasik, Tuanku," jawabnya.

"Kita pergi ke sana," kata raja.

Rombongan Raja Sang Nila Utama berangkat menuju pulau itu. Saat raja menjejakkan kaki di pantai, seekor binatang mengagumkan muncul entah dari mana. Binatang itu seperti kucing besar yang gagah sekali. Lehernya berbulu lebat dan aumannya sangat keras sekali.

"Binatang apa itu?" tanya raja.

Penasihat raja menjawab, "Aku pernah melihat binatang seperti itu di tanah Afrika. Mereka menye- butnya 'singa'. Aku tidak tahu kenapa binatang ini ada di sini," jawab si penasihat.

“Jika pulau ini bisa menjadi tempat tinggal binatang secantik itu, maka tempat ini layak untuk ditinggali. Mulai sekarang, kita tinggal di 'Kota Singa' ini. Aku beri nama pulau ini Singapura atau Kota Singa," titah raja.

Pesan Moral dari contoh dongeng-dongeng rakyat Singapura adalah Jadilah anak yang senang akan hal-hal baru. Temukan hal-hal baru dengan membaca buku.

Banyak sekali koleksi kumpulan dongeng dongeng anak terbaik yang bisa adik-adik temukan di blog dongengceritarakyat.com ini, diantaranya adalah Kumpulan Dongeng Dunia Terbaik – Edisi Dongeng Mancanegara dan Kumpulan Dongeng Luar Negeri Paling Populer

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.