Kumpulan Dongeng Rakyat Jepang Untuk Anak

1357 views

Dongeng rakyat Jepang yang Kakak ketahui sangatlah banyak. Beberapa yang terbaik diantaranya kakak koleksi menjadi Kumpulan Cerita Rakyat Jepang Terkenal. Jika adik-adik sering mengikuti posting yang kakak lakukan di blog ini, adik-adik pasti sudah pernah membaca posting kakak sebelumnya yaitu Cerpen Dongeng Anak Anak Jepang Terbaik. Sekarang kembali kakak posting 2 dongeng Jepang untuk kalian. Semuga kalian suka.

Dongeng Rakyat Jepang : Mengapa Anjing Tidak Bisa Bicara?

Dahulu kala, anjing sebenarnya bisa berbicara. la adalah binatang peliharaan yang sangat pintar.

Namun, kepintaran itu membuat anjing sombong. la suka berbohong agar tidak kelihatan bodoh atau salah di hadapan orang lain.

Suatu hari, anjing dan tuannya pergi berburu ke hutan. Anjing bertugas melindungi tuannya dan menemukan rusa buruan di dalam hutan.

Di sebuah semak belukar, anjing melihat seekor rusa dan mengejarnya dengan cepat. Rusa melarikan diri dan anjing terus mengejarnya sampai tuannya tertinggal jauh.

Seberapa keras pun usaha anjing mengejar rusa, ia tidak juga berhasil. Akhirnya, ia menyerah. la berbalik kembali menuju tuannya. Tapi, betapa kagetnya ia saat melihat tuannya telah tewas dibunuh beruang.

"Wah, bagaimana ini? Aku gagal menangkap rusa dan juga gagal melindungi tuanku. Kalau nanti istrinya dan penduduk desa tahu, bisa malu aku," pikir anjing.

Anjing mencari akal sambil pulang ke rumah tuannya, "Ah, aku bohongi saja istrinya."

Sesampainya di rumah, anjing menceritakan kepada istri tuannya bahwa tuannya telah tewas dibunuh beruang. "Aku sudah berusaha melindungi tuanku, tapi beruang itu besar sekali," kata anjing yang berusaha berbohong.

Dongeng Rakyat Jepang Mengapa Anjing Tidak Bisa Bicara

Sang istri pun menangis tersedu-sedu meratapi nasib malang suaminya. Anjing bukannya kasihan justru keterusan berbohong.

“Sudahlah jangan menangis! Sebelum meninggal, tuan juga berpesan agar engkau menikahiku," kata anjing yang tidak tahu diri.

Sang istri tahu kalau anjing berbohong. Tapi, ia terlalu sibuk menangis dan tidak menanggapi ucapan anjing.

"Ayolah! Kau mau menikah denganku, kan?" paksa anjing.

Sang istri jadi marah. la mengambil bara api dari pembakaran dengan gayung besi dan melemparkannya ke arah anjing. Kebetulan, bara api itu mengenai lidah anjing yang menjulur.

Anjing lari kesakitan terkaing-kaing. Sejak saat itu, anjing tidak bisa berbicara karena Iidahnya Iuka parah.

Pesan Moral dari Dongeng Rakyat Jepang : Mengapa Anjing Tidak Bisa Bicara? adalah jangan berbohong demi menyelamatkan diri sendiri. Orang yang berbohong adalah orang yang penakut.Ia takut apabila terkena marah atau hukuman. Sepandai-pandainya orang berbohong suatu saat akan ketahuan juga.

Cerita Rakyat Jepang : Mengapa Ayam Tidak Bisa Terbang?

Pada jaman dahulu kala, seusai menciptakan bumi, para dewa pulang ke surga untuk beristirahat. Karena kelelahan, para dewa tertidur panjang sampai berminggu-minggu lamanya.

Saat bangun, mereka ingat pada bumi yang baru mereka ciptakan dan ingin mengetahui perkembangannya. Tapi mereka terlalu lelah untuk turun ke bumi. Akhirnya, para dewa memerintahkan ayam agar turun ke bumi untuk melihat perkembangan bumi.

"Kau jangan lama-lama di bumi, Ayam! Kami ingin segera mendengar laporanmu," kata pemimpin para dewa.

"Bak, yang mulia. Aku akan segera kembali," jawab ayam.

Lalu, ayam terbang dan turun ke bumi. la terbang dengan indahnya. Sekali mengepakkan sayap, ia bisa meluncur sampai ratusan meter.

Tidak lama, ayam pun tiba di bumi. Ia terkagum- kagum melihat keindahan bumi. Padang rumput yang hijau, gunung yang menjulang tinggi, sungai yang menyejukkan, dan laut yang luas.

Baru kali itu ayam melihat keindahan yang tiada tara. "Ah, sungguh hebat bumi ciptaan para dewa.” pikir ayam.

Cerita Rakyat Jepang Ayam Tidak Bisa TerbangAyam keasyikan menikmati keindahan bumi. Ia terbang ke sana-ke mari sambil menikmati makanan yang melimpah. Sesekali ia menceburkan diri ke sungai untuk mandi menikmati air sungai yang sangat sejuk.

Karena terlalu asyik, ayam lupa pada janjinya untuk segera pulang. Di surga, para dewa sudah kesal menunggu ayam yang belum kembali.

Akhirnya, pada sore hari, ayam baru pulang ke surga. la dimarahi para dewa karena tidak menepati janji.

Ayam pun dikutuk oleh pemimpin para dewa, "Kau tidak berhak tinggal di surga. Pergilah ke bumi! Mulai saat ini, kau tidak akan bisa Iagi terbang ke surga." Akhirnya, ayam selamanya tinggal di bumi dan tidak bisa terbang lagi.

Pesan Moral dari Dongeng Jepang : Mengapa Ayam Tidak Bisa Terbang? adalah jangan pernah ingkar pada janji yang telah kamu ucapkan. Orang yang ingkar tidak akan disayang Tuhan. Selain itu, Pergunakanlan waktu dengan sebaiknya. Dengan begitu, kamu dapat menyelesaikan semua pekerjaan dengan baik. Apabila ada hal yang tidak mampu kerjakan segera beritahu orang yang kamu beri janji, dan jangan lupa meminta maaf.

Ikuti terus cerita rakyat dari jepang terbaik lainnya pada posting kakak berikut ini Dongeng Cerita Rakyat Jepang Terbaik

Video anak islami
author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.