Kumpulan Dongeng Anak Indonesia Dunia

1340 views

Koleksi kumpulan dongeng anak indonesia yang kakak miliki bukan hanya terdiri dari cerita rakyat Indonesia namun juga Kumpulan Dongeng Luar Negeri Paling Populer. Dua dongeng anak yang kakak ceritakan malam hari ini adalahcerita rakyat luar negeri yang layak kalian baca.

Kumpulan Dongeng Anak Indonesia : Mengapa Ular Derik Menggigit? (Amerika Serikat)

Setelah Tuhan menciptakan manusia dan binatang, semuanya hidup bersama-sama. Begitu juga ular derik. Awalnya, ular derik diberi nama Soft Child (anak yang lembut) karena gerakannya yang lembut.

Kumpulan Dongeng Anak Indonesia Dunia

Orang-orang sangat suka mendengarkan suara deriknya. Bahkan, ketika ular derik sedang tidur, orang-orang akan membangunkannya dan menyuruhnya menderik. Lama-lama, hal itu membuat ular derik menjadi kurang tidur.

Suatu hari, ia menemui kakak tertua (pemimpin suku) untuk meminta tolong. Kakak tertua mencabut bulu dari bibirnya. Lalu, memotongnya tipis-tipis dan mengubahnya menjadi gigi untuk ular derik.

"Jika ada lagi manusia atau binatang yang mengganggumu, gigit saja!" kata kakak tertua.

Setelah itu, ular derik pulang ke rumah. Malam harinya, kelinci datang ke rumah ular derik dan mulai mengganggu tidurnya. Tanpa ampun, ular derik menggigit kelinci. Kelinci mencoba mengganggu lagi ular derik. Untuk kedua kalinya ular derik menggigitnya.

Kelinci akhirnya lari dan berkata kepada manusia dan binatang yang ia temui bahwa ia telah digigit oleh ular derik. Gigitan ular derik membuat kelinci jatuh sakit dan akhirnya mati.

Kelinci adalah binatang pertama yang mati di dunia ini. Para manusia dan binatang tidak tahu apa yang harus dilakukan terhadap mayat kelinci.

"Jika kita menguburnya, anjing hutan pasti akan menggalinya," kata salah seorang hewan.

"Jika kita menyembunyikannya, anjing hutan pasti akan menemukannya," kata yang lainnya.

"Jika kita simpan di atas pohon, anjing hutan pasti akan mengambilnya," kata yang lainnya pula.

Akhirnya mereka memutuskan untuk membakar mayat kelinci. Tapi, waktu itu belum ada api di dunia.

Elang berkata, "Pergilah ke matahari dan mintalah sedikit api darinya."

Setelah api didapatkan, mereka membakar mayat kelinci. Sebelum mayat kelinci terbakar habis, anjing hutan datang melompat dan menggigit mayat kelinci. Namun, api terlalu cepat menjalar sehingga mulut anjing hutan pun ikut terbakar. Akibatnya, sejak saat itu mulut anjing hutan menjadi hitam

Sementara itu, ular derik adalah binatang pertama yang membunuh dengan menggunakan bisa. Sejak kematian kelinci, tidak (ada satu pun yang berani membangunkan ular derik. Hingga sekarang, ular derik adalah salah satu ular yang paling ditakuti di dunia.

Pesan Moral dari Kumpulan Dongeng Anak Indonesia adalah janganlah pernah menggannggu temanmu. Sebab, hal itu akan membuatnya tidak nyaman. Selain itu, hal itu hanya akan menimbulkan permusuhan di antara kamu dan temanmu.

Cerita Dongeng Anak Indonesia : Hanoman Dan Putri Duyung (Kamboja)

Pada ada suatu masa, ada panglima bangsa kera bernama Hanoman. Dia adalah pembantu kepercayaan Pangeran Rama. Saat Sinta, istri Pangeran Rama diculik, Pangeran Rama memerintahkan Hanoman untuk menyelamatkannya.

Hanoman adalah panglima yang tegas. Ia tidak pernah ragu-ragu. Ia memanggil pasukan keranya dan membuat rencana. Pertama-tama, mereka akan membuat jembatan untuk menyeberangi samudera menuju tempat Sinta ditahan.

Satu demi satu, pasukan kera mengangkat batu besar dan menumpuknya di laut. Setelah sampai tengah laut, mereka menyadari ada sesuatu yang aneh. Batu-batu yang mereka telah taruh di laut, satu per satu menghilang. Itu terjadi berulang-ulang,

Hanoman mendapat laporan tentang hal itu. "Jangan khawatir. Aku akan menyelesaikan masalah ini," kata Hanoman tegas.

Hanoman pun menyelam ke dalam laut dan menemukan beberapa putri duyung bergerak di dalam laut memindahkan bebatuan yang ditumpuk pasukan kera.

Hanoman dan anak buahnya mencoba menangkap para putri duyung, tapi gagal. Mereka kalah gesit bergerak dalam air. Lalu, Hanoman bergegas mencari pemimpin putri duyung. Ia pun bertemu dengan Sovann Macha, pemimpin putri duyung.

Hanuman berpikir, jika ia bisa menangkap Sovann Macha, ia bisa menyuruh putri duyung yang lain agar tidak merusak jembatan yang sedang dibangun pasukannya.

Hanoman mengejar Sovann Macha. Ia berusaha menangkapnya dari berbagai sisi, tapi selalu gagal. Pada satu kesempatan, Hanoman berhasil memukul Sovann Macha. Sovann Macha marah terkena pukulan itu. Ia mulai lebih cepat bergerak menghindari Hanoman. Hanoman semakin sulit menangkapnya.

Cerita Dongeng Anak Indonesia Hanoman

Tapi, lama-lama Hanoman justru jatuh cinta kepada Sovann Macha sehingga ia berusaha merayunya. Sementara, Sovann Macha ternyata juga jatuh cinta kepada Hanoman.

Akhirnya, mereka sama-sama menyatakan rasa sukanya dan berdamai. Sovann Macha memerintahkan para putri duyung agar berhenti mengganggu pasukan kera membangun jembatan. Bahkan, Sovann Macha menyuruh anak buahnya membantu pasukan kera.

Akhirnya, Pangeran Rama bisa menyeberangi samudera melalui jembatan yang dibuat pasukan kera dan menyelamatkan Sinta. Hingga kini, pergulatan antara Hanoman dan Sovann Macha dijadikan sebuah tarian khas di Kamboja.

Pesan Moral dari Cerita Dongeng Anak Indonesia adalah jangan cepat menyerah dan putus asa. Lakukan tugasmu dengan baik sampai selesai. Kalau kamu menghadapi masalah saat melaksanakan tugasmu, mintalah bantuan orang yang lebih tahu

Ikuti Legenda dongeng anak indonesia terbaik salah satunya di posting kami berikut ini Dongeng Anak : Kisah Raja Omas dan Putri Bungsu

Video anak islami
author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.