Kumpulan Cerita Si Kancil dan Singa (Fabel Anak)

Fabel anak yang akan kami ceritakan malam hari ini diambil dari kumpulan cerita si kancil. Sudah banyak sekali dongeng kancil yang pernah kami posting, semuanya seru dan mempunyai hikmah moral yang dapat dipetik. Selamat membaca.

Kumpulan Cerita Si Kancil dan Singa (Fabel Anak Terbaru)

Pada zaman dahulu, disebuah hutan bagian Utara yang dipimpim oleh Raja yang kuat dan tangguh, yaitu Raja Singa. Selain Raja yang kuat dan tangguh, ia pun baik hati dan bijaksana. Semua binatang di dalam hutan sangat menghormatinya. Namun, dibalik tubuhnya yang tangguh dan kuat. Ternyata, ia sudah sangat tua. Tetapi, ia belum mempunyai penerus.

Namun, pada akhirnya. Permaisuri  pun mengandung meskipun pada usianya yang sudah sangat tua. Semua rakyat sangat senang dan berharap Singa yang akan lahir, dapat meneruskan tahta kerajaan yang di pimpin ayahnya. Namun, semua rakyat tidak tahu bahwa sang Raja memiliki sifat yang sangat serakah kekuasaan. Ia ingin menjadi Raja hutan selamanya. Ia pun sudah meminum banyak sekali ramuan agar awet muda.

Pada suatu hari, Raja dan para pengawalnya pergi berkunjung ke hutan selatan. Permaisuri pun ia tinggalkan seorang diri. Namun, satu hari setelah keberangkatan sang Raja, Permaisuri melahirkan seorang anak laki-laki yang sangat sehat. Tanpa di sadari sang Raja. Ternyata, Kancil mengetahui bahwa Rajanya memiliki sifat serakah. Ia pun tahu jika anaknya lahir, hal itu akan membuat sang Raja marah besar dan akan mengusir permaisuri.

Kumpulan Cerita Si Kancil dan Singa

Kumpulan Cerita Si Kancil dan Singa

Kancil pun merasa sangat kasihan dan membawa anak sang Raja ke hutan bagian barat. Ketika sang Raja pulang, Kancil pun langsung melaporkan bahwa anaknya yang baru saja dilahirkan meninggal. Raja pun percaya yang dikatakan Kancil dan sangat senang. Kancil pun selalu mengunjungi anak sang Raja dan mendidiknya hingga tumbuh menjadi anak Singa yang kuat, cerdik, tangguh dan sangat baik hati.

Namun, beberapa tahun kemudian. sang Raja tidak sekuat dulu. Meskipun ia sudah meminum banyak sekali ramuan. Tetap saja tidak membuat sang Raja kuat seperti sebelumnya. Akhirnya, Raja pun jatuh sakit, ia pun tidak bisa bangkit lagi dan lama-kelamaan pun ia meninggal. Setelah kematian sang Raja, para rakyat kebingungan karena nasib hutan tanpa seorang pemimpin. Pada saat itulah, kancil datang ditengah kebingungan rakyat bersama anak sang Raja.

‘’ Wahai rakyat, aku akn memberitahukan sesuatu. Sebelum rakyat yang sangat kita cintai meninggal, ia meninggalkan penerus yang mampu memimpin kita semua. Namun, ia tidak tumbuh di hutan ini. Ia pun memiliki sifat yang baik hati dan bijak sana seperti Raja terdahulu.’’

Singa muda pun maju kedepan untuk bertemu dengan rakyat pertama kalinya. Melihat kedatangannya, rakyat bersorak gembira menyambut Raja yang baru. Kepemimpinannya rakyat hutan utara yang baru membuat seluruh penghuni hutan damai, bahagia dan tenteram.

Pesan moral dari Kumpulan Cerita Si Kancil dan Singa (Fabel Anak) adalah sifat serakah hanya akan membawa kebrukan untuk kita dimasa yang akan datang. Selian itu ornag lain akan menjauhi orang yang serakah.

Video anak islami
author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.